Persiapan Jalan Jalan Ke Singapura

Friday, December 08, 2017

Kalau mau ngerasain suasana luar negeri yang teratur dan rapi, yang deket aja Singapura, begitu petuah kawanku duluuu kala. Eh ternyata belum sempat ke Singapura sudah pergi ke Kanada duluan. Seringkali kalau kita ngobrolin pengen ke luar negeri, ada aja yang nyelathu, ngapain ke luar negeri, Indonesia ngga kalah indahnya. Jadi begini ya, pernyataan "Indonesia indah" itu sudah tidak diragukan lagi. Tapi pernyataan "ngapain ke luar negeri" tolong simpan sendiri, masing-masing orang kan pengen punya pengalaman sendiri-sendiri. Liburan kali ini hanya 4 hari 3 malam, jadi baru sempet mengunjungi tempat yang iconic di Singapura. Kali ini kita bahas persiapannya dulu aja ya.

Apa saja yang harus disiapkan sebelum pergi ke Singapura? Yang utama adalah paspor, tiket pesawat, booking hotel, sim card, MRT card, tiket wisata, uang dollar Singapura.

Paspor
Singapura termasuk negara bebas visa untuk Indonesia, jadi asal punya paspor aja, udah bisa masuk. Yang belum punya paspor, silakan dibaca cara membuat paspor.
 
Itinerary
Sebelum memesan tiket dan hotel, sebaiknya udah punya itinerary atau gambaran mau berapa lama di sana, mau kemana aja. Untuk menyusun itinerary Singapura, bisa dengan panduan situs wisata Singapore. Search aja visit Singapore atau AirAsiaGo. Benar-benar Singapura ini strategi tourism nya terintegrasi dan tersedia lengkap informasinya di website.
Dalam menyusun itinerary, pertimbangkan lokasi yang searah untuk efisiensi waktu. Berikut ini contoh itinerary 4D/3N yang saya sesuaikan dengan lokasi yang berdekatan ya

Hari 1 : Check in hotel - Mural Haji Lane - Bugis Street - Shopping Centre - Beli oleh oleh
Hari 2 : Singapore River - Merlion Park - Marina Bay Skypark - Garden Bay The Bay
Hari 3 : Universal Studi Singapore - Madame Tussauds Museum - Wings of Time - Sentosa Merlion
Hari 4 : Check out hotel

Tiket Pesawat dan Booking Hotel
Karena ngga mau repot, saya mencari tiket pesawat sekaligus booking hotel di AirAsiaGo.  Sebelum booking, saya sudah membandingkan di beberapa situs lain, ternyata lebih murah booking tiket sekalian hotel. Kalau urusan tiket pesawat sih rajin rajin aja cari promo kalau mau murah ya.
Untuk hotel saya pilih Hotel Lavender. Kenapa? Pertama, lokasinya strategis akses langsung ke Stasiun MRT Lavender, keluar hotel, lalu ke tangga bawah itu sudah Stasiun Lavender, jadi ga repot jalan jauh. Dari Bandara Changi, naik Skytrain kemudian lanjut MRT dan turun Stasiun Lavender. Mau nyeret travelbag segede kingkong pun ga masalah, akses gampang. Kedua, sekelilingnya itu tempat makan. Banyak tempat makan yang sesuai selera lidah kita, ada masakan melayu, nasi campur, masakan padang, chinese food, junkfood pun ada, intinya sih yang halal masih mudah ditemui. Minimarket kayak 7Eleven dan Guardian pun ada. Ketiga, harga masih terjangkau. Ternyata di Hotel Lavender dapat fasilitas handphone yang bisa gratis telepon ke Indonesia lho.

Sim Card / Wifi
Ngebolang ke luar negeri, koneksi data adalah wajib ain, biar mudah nyari informasi peta MRT, rute jalan, tempat makan, dan informasi lain. Oiya, sekalian biar memenuhi hasrat live instagram kali ya. Kalo saya sih ngga pernah heuehue.
Waktu ke Kanada dulu, saya sewa modem wifi di Wi2Fly karena memang untuk koneksi ke beberapa orang sekalian sih. Agak repot karena harus selalu bareng-bareng hehe. Menurut saya, pakai simcard lebih praktis ga harus bawa bawa router wifi. Nah ternyata kita bisa beli simcard operator seluler Singapura di Traveloka lho. Cari menu International Data Plan, nanti akan ada pilihan negara tujuan Singapura, operator Singtel harga 15 dollar Singapore paket 4GB. Setelah bayar, nanti kita akan ada voucher di email dan bisa ditukarkan di Bandara Changi dengan menunjukkan paspor.

Tiket Wisata dan MRT Card
Sebenarnya kita bisa on the spot beli tiket di Singapura langsung, cuman lagi lagi saya males antri jadi saya sudah beli tiket wisata Singapura langsung di sini. Wah ada yang jual? Ada dong. Tiket fisik langsung bukan voucher yang harus ditukerin lagi. Saya belinya di Sunburst Adventure, bisa dikirim via Gojek juga untuk area Jakarta ya. Karena lokasi dekat dengan kantor, jadi saya ambil sendiri sekalian memastikan ini beneran atau nggak hahaha. Ternyata, no tipu tipu kok. Di Sunburst Adventure, saya sekalian beli MRT Card.

Dollar Singapore
Bawa uang cash secukupnya, tukar di money changer. Jangan khawatir, kalo kehabisan cash, bisa kok tarik tunai di ATM sana. Bank apa aja asal ada logo Visa atau Mastercard sih pasti bisa. Aman asal rekening ada isinya aja haha.

Printilan
  • Bawa botol minum ya biar bisa diisi di kran air minum. Bisa sih beli air mineral, per botol sekitar Rp20.000. Karena di Singapura memang lebih enak jalan kaki menyusuri jalan, naik MRT, dan udara sama kayak di Indonesia jadi bisa dipastikan hauuuusss.
  • Pakai sepatu olahraga yang nyaman ya, biar kaki ga lecet.
  • Powerbank lah!


You Might Also Like

0 comments