Sejenak Berkunjung ke Pantai Pandawa Bali

Tuesday, January 03, 2017

Menyambung cerita menginap di Ulu Segara Luxury Villas & Suites, sebenarnya ada pantai pantai di sekitarnya tapi yang saya inget cuma Pantai Geger dan pantai tak bernama yang belum dibukakan jalan yang layak. Tapi saya ngga main ke pantai itu karena baca baca di situs pariwisata ada pantai baru yaitu Pantai Pandawa di Kutuh, Badung, Bali Selatan.

PANORAMA
Sepanjang jalan menuju Pantai Pandawa adalah tebing. Banyak pembangunan hotel baru dan gerbang masuk. Sebelum masuk pantai, ada patung patung besar di dalam tebing kapur. Nampak crane, tanda pembangunan sedang berlangsung.


Pantai Pandawa berpasir putih, tapi sayang karena sudah ramai, banyak sampah di parkiran maupun di pasirnya. Bagian sebelah kiri memang sudah ramai. Ada warung, kursi pantai, kapal, dll. Akhirnya saya menuju ke ujung kanan yang masih sepi. Silakan menikmati view no edit no filter saja ya.





Judulnya saja sejenak, karena memang saya cuma mampir doang. Saya ngga terlalu suka keramaian.

LOKASI
Pantai Pandawa terletak di Ds Kutuh, Badung, Bali bagian selatan. Wilayah ini belum ramai, kanan kiri hanya pepohonan dan rumah penduduk yang jaraknya berjauhan. Bepergian mengitari Bali sebenernya cukup berbekal google maps, tapiiii...ternyata google maps ngga ngasih tahu itu jalannya bagus apa enggak. Kalau dilihat dari google maps sih, Pantai Pandawa hanya berjarak 5 km dari Ulu Segara.

Wah deket dong ya, pikir saya. Ternyata sodara-sodara, ada sekitar 500 meter atau 1km gitu, yang belum diaspal, becek, bebatuan. Lah apa salah jalan ya, kok cuma truk yang lewat. Berhenti sejenak penuh keraguan, tiba tiba ada motor lain lewat, penduduk setempat, dan bule yang mau selancar. Ya sudahlah lanjut saja. Bagi yang bawa motor masih memungkinkan kok. Kalau mobil, sebaiknya memutar melewati Jl Dharmawangsa atau Jimbaran saja. Tapi siapa tau nanti beberapa bulan ke depan jalanan sudah bagus ya.


Sebenernya jalan berikutnya sudah bagus, beraspal, lancar jaya. Banyak anjing sepanjang jalan, sampai ambil jalur berlawanan saking jalanan dipakai nongki nongki sama si dogi.

TRANSPORTASI
Karena Pantai ini terbilang baru, dan wilayah sekitarnya bukan kota yang ramai, transportasi umum agak sulit. Sebaiknya menggunakan transportasi pribadi, atau charter kendaraan. Jika dari kuta/Denpasar anda ambil jalan menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) setelah itu 1 km dari GWK belok kiri menuju Nusa Dua/Bali Cliff ikuti saja jalannya hingga ada pertigaan dengan rambu jalan/petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Pandawa belok kiri ikuti jalan tersebut hingga perempatan kemudian belok kanan sampai tiba di Pantai Pandawa. Karena saya dari Nusa Dua, cukup menyusuri Jl Nusa Dua Selatan.

KEGIATAN
Ngapain ya di Pantai Pandawa? Bisa bersantai, berenang, maupun sekedar berjemur di Pantai, selain itu buat yang suka olahraga air bisa menyewa kano. Atau kegiatan gratis tapi wajib bagi wisatawan lokal, SELFIE. Pantainya cukup ramai. Jangan khawatir soal makan, karena banyak warung makan di sana. Tempat parkirnya juga luas, termasuk untuk mobil dan bus. Tapi tau sendiri kalo pantai ramai apalagi ada bus pariwisata, ya.... kotor banyak sampah ewh! Jangan gitu dong gaes.

You Might Also Like

2 comments