Wisata Pantai Di Pulau Bangka

Saturday, October 15, 2016

Selama ini yang saya tahu cuma wisata di Belitung, meskipun saya pun belum pernah ke sana heuehuehue...  (〃 ̄ω ̄〃ゞ. Ternyata saya berkesempatan main ke Pulau Bangka dulu. Aksesnya mudah, pesawat ke Pangkalpinang cukup banyak, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Lion Air, Batik, dan lainnya. Range waktunya pun cukup fleksibel jika menyesuaikan dengan waktu check-in hotel. Harga tiket yang paling mahal Garuda Indonesia, itu saja masih di bawah Rp600.000. Perjalanan udara memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, tersedia taksi lokal dan Bluebird juga.

Hotel yang terdekat dari bandara ada Novotel dan Shantika, sekitar 5 menit saja dari bandara. Hotel lain yang lebih murah pun banyak. Pangkalpinang ngga macet kok, jadi misalpun menginap di hotel di pusat kota, masih cukup waktu untuk wisata ke pantai yang memang lokasinya cukup jauh.

Lokasi pantai yang bagus terletak di Kecamatan Sungai Liat, sekitar 47km dari bandara. Wah jauh dong. Iya memang tapi karena jalanan ngga banyak yang rusak dan ngga macet, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Sama dengan waktu yang ditempuh untuk 14 km di Jakarta (╥_╥)

Saya mengunjungi 5 pantai. Nah, untungnya lokasi pantainya berurutan searah. Patokannya, cari "Pantai Parai Sungai Liat". Begitu ketemu Pantai Parai, akan ada 4 pantai berurutan setelahnya, tinggal ikuti jalan saja.


Pantai Parai Tenggiri
Hanya di Pantai Parai ini yang ada hotelnya, Parai Beach Hotel and Resort. Kalau naik Garuda Indonesia, tunjukin boarding pass nya dan bisa dapat diskon menginap di sini. Pilihan lain selain menginap di pusat kota, bisa juga di Parai Beach Hotel and Resort ini jadi bisa lebih lama dan puas main di sepanjang pantai.

Pantainya bersih, namun ada beberapa lokasi yang ombaknya cukup besar. Bagian ini untuk dilihat saja. Kalau ingin berenang atau sekedar main pasir, ada bagian yang landai dan aman dari ombak. Meskipun pantainya masuk di wilayah hotel, tapi kalaupun nggak menginap di sini, tetep boleh lho main. Kalau laper? Tenang, ada restonya dengan menu yang lumayan lengkap dan harga wajar.
Dari 5 pantai yang saya kunjungi, memang baru Pantai Parai Tenggiri yang ada fasilitasnya, yang lain hanya pantai yang bebas aja dikunjungi dan belum ada fasilitasnya.

Pantai Turun Aban
Pantai ini 800 meter ke utara dari Pantai Parai. Deket banget, naik kendaraan pun cuma 2 menit. Terpampang papan biaya parkir cuma Rp5000, tapi pas saya ke sana lagi ga ada yang jaga. Tidak ada fasilitas apapun di sini, jadi main main bebas aja.


Batu batu besar di pinggir pantai yang pasirnya putih. Ombaknya cukup kencang jadi ngga main air di sini, hanya melihat laut dari atas batu granit besar. Sangat cocok bagi yang suka selfa selfi.


Ini videonya ya



Pantai Teluk Limau
Pantai ini sebenarnya masih lanjutan Pantai Turun Aban, cuman terpisah batu batu granit besar saja. Belum ada fasilitasnya juga, tapi bersih bagian pantainya. Sayangnya, sama seperti Pantai Turun Aban, masih ada aja sampah plastik. Plis dong ya, bawa kantong sampah sendiri. Duh manusia manusia tak bersyukur dikasih pantai indah gratisan gini.

Pantai Tanjung Kelayang
Saya paling suka pantai ini. Zona aman ombaknya lebar dan panjaaaang. Pasirnya halus, putih, bersih. Banyak batu granit besar dengan pemandangan laut biru dan pohon kelapa. Keindahan kayak gini gratis. Belum ada fasilitas di pantai ini, bisa berenang di pantai sepuasnya. Jadinya, hanya pantai ini saja yang saya banyak fotoin (ಥ﹏ಥ)





Ini videonya ya


Pantai Matras
Jujur saya agak lupa dengan yang ini .. maafkan (T▽T) karena hanya mampir sejenak nggak banyak foto pula. Tapi ini masih searah dengan pantai pantai tadi. Sebenarnya masih banyak pantai sepanjang Sungai Liat ini, hanya memang belum dibikin aksesnya saja. Mungkin tahun depan, makin banyak fasilitas wisata.

You Might Also Like

11 comments

  1. Kui video pertama posisine portrait ya. Tapi rapopo, video kedua wis bener ngrekam landscape.

    Koyoke iso dadi perdana numpak pesawatku ki liburan ning Pulau Bangka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ayok bareng ben onok koncoe, tiket e sek murah

      Delete
  2. bang Andi (andimujahidin.com*alm) kangen ngeblok sama cebong ...
    Belitung sama indahnya dengan P. Bangka bong, hanya belitung itu lebih memiliki peluang untuk dikembangkan. Sejak adanya film Laskar Pelangi, belitung menjadi terkenal dan kunjungan wisatawan meningkat pesat ...

    Senang bisa berkunjung kembali kerumah cebong, wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, domain baru ya Bang? Belom ada isinya, baru panggilan adzan. Iya udah jarang banget ini posting. Malah belom sempet ke Belitung
      Waalaikum salam

      Delete
  3. kalau jalan-jalan ke sana lagi mbok saya diajak

    ReplyDelete
  4. The information is very useful and useful, awaited your next article

    Domino 99
    Bandarq Online
    Agen poker online
    Agen poker terbaik

    ReplyDelete
  5. The information is very useful and useful, awaited your next article

    Domino 99
    Bandarq Online
    Agen poker online
    Agen poker terbaik

    ReplyDelete
  6. Awesome for this Articel, usually Other articles are hard to understand. but your article is very awesome and completable

    Agen Poker Online
    Dewa Poker Online
    Domino 99
    Bandarq Online

    ReplyDelete
  7. The information is very useful and useful, awaited your next article

    Domino 99
    Bandarq Online
    Agen poker online
    Agen poker terbaik

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


    Dewa Poker
    agen poker
    Domino99
    Bandarq

    ReplyDelete