Wisata Ke Pulau Umang Pandeglang Banten

Saturday, October 11, 2014

Selain Kepulauan Seribu, wisata pulau yang lokasi nya relatif tidak terlalu jauh dari Jakarta salah satunya adalah Pulau Umang. Pulau Umang terletak di Pandeglang, Banten. Saya berlibur ke Pulau Umang Desember 2013 baru sempat posting sekarang :D



Lokasi
Pulau Umang berlokasi di Pandeglang, Banten sekitar 183km dari Jakarta. Menuju Pulau Umang memang sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi mengingat lokasi masih jauh dari jalan utama yang dilalui kendaraan umum. Jalurnya sebenarnya tidak terlalu sulit karena saya hanya mengandalkan GPS, bisa sampai di lokasi tanpa nyasar. Membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.


Untuk mencapai lokasi Pulau Umang, bisa lewat Anyer atau Pandeglang. Saya lewat Pandeglang. Jangan khawatir, jalannya cukup baik meskipun ada beberapa lokasi yang masih diperbaiki, tapi mungkin saat ini sudah lancar semua ya.


Fasilitas Pulau
Pulau Umang memiliki pantai yang relatif bersih dengan pasir putih. Bisa berenang bebas tanpa banyak sampah yang mengganggu seperti pantai di Jakarta. Saya tidak ingat dengan pasti ada berapa villa, tapi saya sarankan pilih villa yang menghadap timur karena pantai nya lebih tenang dan aman untuk berenang. Pantai sebelah barat ombaknya relatif kencang.
Villa Pulau Umang terdiri dari 2 lantai berbahan utama kayu dan menghadap pantai. Karena saya hanya berdua saja, jadi memilih tidur di lantai bawah. Lantai atas langit langit terbuka dan pinggiran kaca, jadi ga tenang tidurnya haha....
Kamar mandi bernuansa tradisional dari batu alam.  Fasilitas yang disediakan di kamar antara lain TV, kulkas, AC, dan kasur tambahan.

Paket Wisata
Hiburan atau wisata air yang ditawarkan di Pulau Umang antara lain banana boat, speed boat, snorkling, atau mengunjungi pulau pulau kecil di sekitar Pulau Umang. Ada biaya tambahan ya, ngga include paket menginap nya.
Sayangnya terumbu karang nya banyak yang rusak, kalau ikan nya sih masih ada :D

Biaya
Untuk pemesanan saya via agen Pulau Umang, jadi tinggal pesen, dikirim invoice via email, transfer bayar, konfirmasi. Nah cukup bawa bukti reservasi, langsung deh ke Pulau Umang. Di sana, ada parkiran untuk mobil dan sopir jika tidak ikut menyeberang. Jika ikut, maka akan dikenai biaya tambahan.

Pesan dan Kesan


Cukup puas wisata ke Pulau Umang. Pantainya masih bersih dan dapat villa yang menghadap pantai dengan ombak tenang jadi bisa berenang kapan saja. Masih banyak biawak di sana, jadi hati hati ya. Karena Pulau nya memang sepi, jadi sebaiknya ke sana rame rame atau pas musim liburan.
Soal makanan, ya cukup lah untuk ukuran wisata pulau.

You Might Also Like

10 comments