Proyeksi Harga Emas 2011

Monday, April 11, 2011

Beberapa minggu ini saya rajin memantau harga dan persediaan emas batangan di situs logammulia.com yang merupakan salah satu unit bisnis PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM) . Saya pernah membahas cara membeli emas batangan dan di mana membelinya.

Sudah saatnya kita sadar investasi. Sebagai gambaran saja, investasi dalam bentuk deposito memberikan rate sekitar 6% setahun. Jika menyimpan dalam bentuk emas selama lebih dari setahun, keuntungan yang diperoleh bisa lebih tinggi dibanding bunga deposito yang saat ini rata-rata hanya 6% per tahun. Namun jika berani mengambil resiko lebih besar untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, tentu saja bermain saham di pasar modal. Ingat, high risk, high return.

Kembali membahas tentang harga emas. Saat ini (8/4), harga emas di logammulia.com sudah mencapai Rp 420.000 per gram nya. Kurang lebih setahun yang lalu, harga emas masih sekitar Rp 300.000. Saat ini harga emas memang masih fluktuatif. Lalu kapan saat tepat membeli emas?

Dikutip dari Inilah.com, Hari Rabu (6/4) misalnya, emas diperdagangkan pada level US$ 1.461,91 per troy once atau lebih tinggi US$ 11,31 dibandingkan harga Selasa (5/4). Selain didorong kenaikan harga minyak, kenaikan harga logam mulia itu akibat pelemahan dolar sebagai antisipasi kenaikan suku bunga di Benua Eropa. Proyeksi harga emas 2011 masih akan terus naik. Koreksi hanya akan terjadi sesaat namun kecenderungan terus naik.

Lantas apa yang mesti dilakukan investor di saat seperti ini? Untuk saat ini sebaiknya anda yang ingin berinvestasi di emas menginginkan harga pembelian saat harga murah, sementara menahan diri dulu karena kemungkinan harga masih akan terkoreksi. Tapi, kalau tetap ingin melindungi kekayaan dari gerusan inflasi, sebaiknya simpanlah dalam bentuk emas untuk jangka panjang.

Kalau saya pribadi, emas merupakan investasi jangka penjang. Jadi tidak menunggu titik dimana harga emas akan terkoreksi. Beberapa minggu mengamati persediaan emas batangan di logammulia.com , selalu saja habis untuk ukuran 10 gram, 25 gram dst. Hanya tersedia ukuran kecil. Hal ini menunjukkan, bahwa sepertinya investor tidak terlalu peduli dengan harga emas, yang penting mereka mengamankan kekayaan dari inflasi.

Untuk melihat harga emas dunia, per troy onz nya, bisa dilihat di web Kitco.com atau grafik pergerakan harga emas di bawah ini. Grafik pergerakan harga emas ini dapat menjadi referensi proyeksi harga emas. Jadi kita bisa memperkirakan setidaknya kapan saat yang tepat untuk membeli emas.

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]






You Might Also Like

15 comments

  1. harga emas itu nggak pernah turun ya?

    ReplyDelete
  2. mengais recehan dolar demi sebongkah emas wkekeke..:D Invenstasi..investasi

    ReplyDelete
  3. iya emas bisa penyelamat invlasi. jadi bagus lah jadi investasi

    ReplyDelete
  4. lagi menggeluti bisnis emas juga ya mb?

    ReplyDelete
  5. hehehhe bukan bisnis...investasi aja..kalo di tabungan biasa kan tergerus biaya administrasi dan pajak

    ReplyDelete
  6. Investasi emas kayaknya semakin menggiurkan. *Berkhayal punya emas batangan seberat 1 ton, hehehe..

    ReplyDelete
  7. wuih.. mbake saiki dolanane emas.
    mbok kirimi aku sa'kilo to mbak.

    lho lha yg mainan emas namanya gadai emas itu jg ktnya bagus lho.
    dah pernah denger kan?

    ReplyDelete
  8. emas memang sangat menjanjikan nich.

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal Mbaakkk... dari Blogger Pekan baru

    ReplyDelete
  10. bener banget klo mau investasi emas salah satu solusi tepat tuh, harganya naik terus...

    ReplyDelete
  11. tulisanmu kok ora aneh maning? setelah sekian lama tak kesini

    ReplyDelete
  12. haha opo kang wung, no personal diary maneh...berbahaya :D

    ReplyDelete