Earth Hour 2011

Friday, March 25, 2011

Timeline Twitter dan feeds Facebook dipenuhi istilah "Earth Hour". Dikutip dari Wikipedia, Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.



Diharapkan dengan adanya Earth Hour ini, akan menghemat pemakaian listrik. Apakah benar? Bisa dibaca lengkap di http://id.wikipedia.org/wiki/Earth_Hour . Meskipun Earth Hour ini dimaksudkan untuk tujuan baik penghematan listrik, namun ada beberapa kritik juga lho mengenai pelaksanaan Earth Hour ini. Jeremy Clarkson, pembawa acara program Top Gear di BBC, mengaku bahwa ia menyalakan semua peralatan listrik di rumahnya sebagai protes terhadap dampak semu Earth Hour dengan mengklaim bahwa kegiatan ini tidak memberi dampak apapun terhadap perubahan iklim. Hehe lucu ya. Kalo saya bilang itu apatis...ya biarpun tidak mengurangi dampak tapi setidaknya tidak menambah dampak kan?

Kalau saya pribadi sih, ini sebagai reminder aja, untuk menghemat pemakaian listrik dengan mematikan yang tidak perlu. :D Tapi ya...ga perlu dimatiin udah mati sendiri ya listriknya *curhat korban pemadaman*

You Might Also Like

16 comments

  1. iya bagus tuh kalo hemat energi. heheh ada korbam pemadanam lisrik bergilir yah. kalo d indo emang di paksa hemat. hehe

    ReplyDelete
  2. aku angel e mbak, tanpa listrik brarti mandeg siaran duongg.... tapi pada intinya saia mendukung kok
    go paank go!

    ReplyDelete
  3. Kalo saya ya udah ikutan mbak.
    Secara gak langsung sih :D
    Tadi PLN matiin lampu 7 jam cuy, wkwkwkk...
    Eh..ini blog saya juga ikutan sih :P

    ReplyDelete
  4. A Assalam, tolong bantu blog Adik ya? Bagaimana bisa belajar menjadi seperti punya Kakak ini, isinya menyentuh, desainnya indah. Saling follow juga ya, saya suka hampir keseluruhan posting Kakak. Saya tunggu follow ya! www.siteislami.co.cc


    Assalam, please help my blog? How could learn to be like a you is, it wonderful, the design is beautiful. Follow each other so well, I like almost all the posts brother. I wait for your follow! www.siteislami.co.cc

    ReplyDelete
  5. Nduwurku kie komen opo toh...???? Ra mudeng karep'e aku....

    Earth Hours..? hanya satu jawaban...WEGIYAH..!

    ReplyDelete
  6. wakakaka kata - kata terakhir nya kayak kata-kata MAUT, agak sedikit nyindir yang tidak pernah tersindir tuh kayaknyah....

    ReplyDelete
  7. dilanjutkan setiap hari donk earthhour nya :)

    ReplyDelete
  8. Rusa juga ikut meramaikan Earth Hour ini :)

    cebonggg
    blogmu makin lucu aja yaaa

    ReplyDelete
  9. earth hour lampune tok mbak, buat kulkas dan kipas enggak hahahha....saya pribadi belum bisa total ikut2an earth hour..menyiksaaa

    ReplyDelete
  10. Belum telat berkomentar sebab hemat energi listrik tidak hanya saat Earth Hour 2011 saja, tapi di setiap keseharian kita. mari terus kita kampanyekan Save Our World! Makasih postingnya :-)

    ReplyDelete
  11. waduh telat nih, tak apa deh , makasih gan buat infonya salam kenal aja gan

    ReplyDelete