Galeri Batik Bojonegoro - Belanja Batik Online

Wednesday, April 28, 2010

Sekilas sejarah batik Indonesia ( ssstt nyomot dari Okejon.com )

BATIK merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Batik berasal dari bahasa Jawa 'amba' yang berarti menulis dan 'titik'. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan 'malam' (wax) yang diaplikasikan ke atas kain. Memang titik merupakan desain dominan pada batik.

Canting merupakan salah satu alat untuk menulis pada kain batik dengan menggunakan lilin. Hingga ditemukannya 'batik cap' yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Sebenarnya batik di Indonesia telah dikanal semenjak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya.

Pada awal perkembangannya,kira-kira sekitar abad ke-XVIII atau awal abad ke-XX masih berupa batik tulis, sedangkan batik cap sendiri baru diperkenalkan setelah perang dunia pertama atau tahun 1920. Awalnya,batik dikerjakan hanya terbatas dalam keraton dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya.

Lama kelamaan kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Batik yang tadinya hanya pakaian keluarga keraton kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari baik pria maupun wanita.

Batik biasa kita temui di Solo, Jogjakarta, Pekalongan, Cirebon, Madura, dan wilayah Kalimantan pun memiliki corak khas. Ternyata, di Bojonegoro sendiri (daerah kelahiranku :terharu:) juga mempunyai corak khas. Sayangnya kemampuan mem-batik tidak dimiliki semua orang. Batik yang saya maksud adalah batik yang benar benar handmade alias batik tulis. Karena langkanya pembatik inilah, yang ada hanya batik printing alias cap. Hikz...



Bojonegoro akhirnya melaunching 9 motif batik Jonegoroan. Sejak lama Bojonegoro sangat kaya dengan motif batik. Beberapa motif di antaranya siap dipatenkan. Motif batik asli Bojonegoro, mengambil tema dari budaya lokal yang cukup arif dan potensi Bojonegoro yang cukup terkenal. Di antaranya motif Mliwis Putih, Sapi, Jagung, Kahyangan Api, Tembakau, Minyak, Wayang Tengul, Padi dan motif batik Jati.

Anda dapat dengan mudah berbelanja secara online di Galeri Batik Bojonegoro ini dan dapatkan motif khas Batik Jonegoroan. Saat ini tersedia batik khas Bojonegoro namun nantinya kami berencana akan menawarkan batik khas dari seluruh daerah di Indonesia.

Mau belanja online Batik Khas Bojonegoro? Kunjungi blognya ya di Galeri Batik Bojonegoro

You Might Also Like

30 comments

  1. wew.. lumayan nih buat referensi.. btw cek tkp dolo mbak :c:

    ReplyDelete
  2. siiip.... muantab ini... i love Batik ...
    ke TKp mbak..... :e:

    ReplyDelete
  3. Bong ora bagi2 kupon go diskon? cuman promosi tok kie

    ReplyDelete
  4. wedyaannn cebong alih propesiii dadi bakul batik...

    :f:

    laris manis lah, dodolan neng kene, po meneh nek iso mbayare Ping 10, ngantri aku...

    ReplyDelete
  5. tumben ki postingane nggenah ngunu..
    :f:

    ReplyDelete
  6. lama ndak sowan kesini..pas sowan kok ada batik...ntar ah tak...tumbas.....

    ReplyDelete
  7. Aku pesen Batik Polos ono opo hora?

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalo di Bojonegoro ada batik juga

    ReplyDelete
  9. ono diskone opo ora ki mbokdhe ?

    ReplyDelete
  10. Thank's ya infonya.... Penting banget buat skripsi...

    ReplyDelete
  11. Tiba'e ada batik jonegoroan yahhh...
    mengangkat citra batik melalui internet,
    good, good, good,

    ReplyDelete
  12. Sudah pernah make batik madura belum? Pesan sama saya bisa ya :-D

    ReplyDelete
  13. Motif CEBONG kok gak ono? khas banget loh.....

    ReplyDelete
  14. i luv batik, salam kenal mbak :b:

    ReplyDelete
  15. salam kenal mbak cebong
    jangan lupa berkunjung balik ya (konangan gak ya?)

    ReplyDelete
  16. sue gak dolan kene bong
    piye bisnise lancar?
    ngonaku meh bukaan... mau nyoba?

    ReplyDelete
  17. keren2 mbak, hha sebenernya motif batik kalo dipake ke benda2 laen kayak sepatu, wallpaper dll mungkin keren ya.

    ReplyDelete
  18. tengku infone....

    bisa buat referensi nich..salam kenal

    ReplyDelete
  19. nganjuk yo enek batike lo bong... suk nek wis gedhe bloge, tak njajal melu ngisi batik nganjuk ya...

    ReplyDelete
  20. The fashion ed hardy shoes for girls skinny leg denim jeans is massive! There are sever ed hardy shoes al reasons for this following. Firstly, these ed hardy shoes figure squeezing jeans are well-liked by teen superstars and girls often like to emulate their most loved star. They are also very easy to wear – jeans complement everything in your wardrobe and can be dressed up or dressed down
    based on the situation. Additionally, young women and teen girls prefer ed hardy clothing to have on something their own mothers can’t, and skinny ed hardy outlet leg jeans fit this description.

    ReplyDelete
  21. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    ReplyDelete
  22. sukses ya dengan bisnis batik onlinenya.
    contoh-contoh batik bojonegoro yang lain mana ?

    ReplyDelete
  23. thanks infox....
    makis sukses aja

    ReplyDelete