Gimana sih Rasanya Korupsi?

Thursday, November 05, 2009

Saat ini memang lagi panas panasnya perseteruan antara KPK dan Kepolisian.Entah ini permasalahan individu atau memang institusi, diriku hanya menyimak saja. Dan bangkai yang menyengat tentu saja kasus korupsi si AW. Gimana sih rasanya korupsi itu?Kenapa kebanyakan (ingat saya bilang kebanyakan bukan berarti menggeneralisir semua) pejabat dan pengusaha demen banget korupsi? Atau kita kita sendiri nih yang korupsi bandwidth internet kantor hehehehe

Korupsi itu tidak enak, tidak nyaman, bikin hidup ga tenang, ngerasa bersalah. Loh berarti dirimu pernah korupsi Bong? Iya saya pernah. Waktu itu saya masih SD, kelas 2 SD tepatnya dan saya menjadi ketua pramuka. Seperti biasa ada iuran mingguan setiap pertemuan pramuka dan saya yang memegangnya. Iuran saat itu Rp 200 per anak per minggu. Dengan sepuluh anggota setiap minggu terkumpul Rp 2000. Nilai yang sangat banyak untuk anak sekecil saya mengingat saat itu harga makanan masih sekitar Rp 50.

Lalu muncul niat "pinjem" ah ambil ah seratus rupiah buat beli jajan. Nanti saya ganti. Begitu pikir saya saat itu. Seratus demi seratus akhirnya hutang saya mencapai Rp 7.000. Itu nilai yang sangat besar. Karena uang jajan saya hanya Rp 200 per hari nya.

Ketika pembina pramuka mengingatkan untuk menyetorkan uang saya bingung. Saya sampai ga tenang, ga doyan makan, keringat dingin, deg degan, ngerasa bersalah, ga bisa tidur. Duh inget banget saat itu gimana takutnya saya. Malu sama teman kalau sampai tahu uangnya saya pakai. Malu sama Tuhan kok saya ga bisa menjaga amanat kaya gini aja.

Akhirnya saya bilang ke Ibu saya, alhamdulillah Ibu mau nalangin hehehe (maaf ya Bu' kan sekarang anakmu udah ga ngerepotin minta duit lagi hehehehe). Sejak saat itu, saya bener bener kapok. Bener bener ga tenang makan duit haram.

Alhamdulillah sejak saat itu, bener bener dah ga pernah ngutik ngutik duit orang. Kalo inget kejadian itu jadi amat sangat malu. Lha wong uda bisa nyari duit sendiri lagi halal ngapain musti nyari nyari yang haram. Tinggal update blog, akhir bulan "gajian" biarpun ga seberapa tapi hidup tenang ga dikejar rasa bersalah. Manusia emang tempatnya salah, tapi kalau ini dijadikan alibi dengan salah berkali kali, kebiangeten.

Seperti halnya kita menonton rekaman kejahatan seseorang kemarin di televisi, sangat memalukan bukan. Jadi mikir, kalau nanti rekaman keburukan saya di buka sama Tuhan gimana ya? Ketauan deh kalau diriku tukang ngiler, tukang ngupil, tukang mbangkong wehehehehe. Serius kok. Di akhirat nanti kita pun akan "ditelanjangi".

Trus kenapa masih banyak orang yang korupsi ya Bong? Entahlah, mungkin sudah mati rasa.

You Might Also Like

50 comments

  1. Enak kali yeh... kalau korupsi, meskipun hukumannya berat, masih banyak juga yang nyoba.
    Tapi mudah-mudahan aku nggak nyoba deh...

    ReplyDelete
  2. @p.setiawan: ga enak pak, hukuman di dunia bisa lepas lepas aja, tapi di akhirat hehehe g ada yg bisa lepas

    ReplyDelete
  3. kok kyknya pengalamannya sama ya pas SD korupsi gitu..


    hehehe..

    ReplyDelete
  4. hehehehe iyah...untungnya masi ada rasa takut sama Tuhan...biar g lanjut keblingernya

    ReplyDelete
  5. lebih baik kita menelanjangi diri kita sedari sekarang daripada nti ditelanjangi di akhirat sana(LHO?)

    sumpah ga maksud *ngeres* bong, huehuehue...

    ReplyDelete
  6. hmm.. kenapa korupsi?! karna enak kaliiii yeee... kita aja sering korupsi waktu kan,, xixixixi...

    ReplyDelete
  7. @aries: wkwkkwkw dirimu itu lgi apa lho pas komen ini..upst...
    @yolizz:hehehe kebahagiaan semu..lebih banyak ga enaknya

    ReplyDelete
  8. waaaahhhh, kamu ada bakat tuh bong.... moga2 kamu gak kerja di pemerintahan :)) bahaya....

    ReplyDelete
  9. dukung cebong jadi ketua KPK!!
    berantas abis korupsi..
    hidup cebong...

    ReplyDelete
  10. hiks,,, terharu baru kali ini liat postingan cebong panjang :a:

    ReplyDelete
  11. moso sih ditelanjangi bong? ga ada yang bawa kamera kan?
    :c:

    ReplyDelete
  12. he'eh tenane hawane ki lagek panas panas puaaanaaasss byangettt wis, mbok tukone AC to bong aku :j:

    ReplyDelete
  13. agagagaga itu jaman taun berapa mba?
    pas masi umbelen dan belekan nih mungkin hahaha

    alhamdulilah slam gak sering sering korupsi, paling pas disuru beli Kabel atau hardware aku naikin aja harganya, buat biaya transport ma akomodasi diperjalan heheheheehe jadi namanya bukan korupsi tapi naiikin harga hee

    ReplyDelete
  14. @sibaho way: hayah...ya enggak lah...toh uda bisa nyari duit sendiri kekekeke nyari duit di internet lebih gampang dan banyak peluang dan ga nyusahin orang
    @om budi: emooooooh :e: aku tidak mau digoda dan kehidupanku tersita ihik ihik
    @erikson:wkwkwkkw huu mentang mentang diriku kalo posting sekenanya hikz
    @mbk wendy:tak nggo dewe AC gelem ye Air Cendol
    @aprie: loh iku tugasmu
    @slam:kekekek iyoh slam...tapi sumpah emoh maneh aku je.halah podo ae iku...nek saiki mending aku sing kurang duit kembalian e ketimbang ngembat

    ReplyDelete
  15. pingin komen nih, mmm kenapa masih banyak koruptor ya,....mungkin jawabannya karena yg ketangkep baru dikit he2....salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  16. weleh xixiix komen aja... disini mah suka suka...mereka lupa sama Tuhan mungkin ya.. :g:

    ReplyDelete
  17. Wah benar, korupsi itu memang bikin gak tenang kayaknya aku juga belum nyobain, tapi kayaknya hidupnya pasti dipenuhi rasa ketakutan, karena takut kalo ketahuan.
    bener tuh, seperti lagunya slank seperti para koruptor, lebih baik hidup sederhana!
    dari pada gak tenang!
    Cara Membuat Blog

    ReplyDelete
  18. semudah kita melakukannya disaat jam kerja sambil pesbuk-an

    ReplyDelete
  19. Mungkin mereka ( para pejabat ) itu ga pernah netek ibu nya,...Bagaimana kalo ASI ibu di korupsi jg,..bakalan kurus kering tuch ibu nya,..Maka dari itu, untuk anak indonesia saya himbau agar untuk menetek ASI, jangan banyak minum SUSU kaleng,..insya allah korupsi akan berkurang,....
    Nyambung ga sech,...??? :f:

    ReplyDelete
  20. hehehe... ener banget Mbak Bong.... biar gaji gak seberapa yg penting halal dan hasil dari keringat sendiri, bukan hasil dari korupsi

    ReplyDelete
  21. nah kalo yg ini sekedar nitip link aja sapa tau ada yg sudi mencekliknya, heheheh....

    ReplyDelete
  22. @gajah:jenis kerjaan orang beda beda Pak, ada yg banyak kerjaan ada yang kurang kerjaan.
    @kerja keras: hayah :f: faktor keimanan Pak
    @kang sugeng: inggih mas, mugi mugi rejekine lancar

    ReplyDelete
  23. wedyaann postingane seriuuss...

    komenku serius ya.. bar ditalangi ibukmu, jajanmu dipotong piro sedino?

    ReplyDelete
  24. @mbak bre: wkwkkwkwk tetep 200 ben dino, entuk es lilin karo gorengan thok
    @mbak ajeng: iyah mbak..hikz jadi malu

    ReplyDelete
  25. saya sangat terkejut sekali dengan postingan anda sodari cebong..

    sangat serius sekali, mengalahkan detikcom saya rasa.

    buahahahaha...ojo serius2 kek bong.

    ReplyDelete
  26. beh2,tuerang2an mbak. . .
    ditunggu kunjungan baliknya mbak, . :D

    ReplyDelete
  27. Bingung aku sama Koruptor pada hebat2 yah... kira-kira ada Ebook tentang "Bagaimana Jadi Koruptor Yang Baik dan Bijaksana" ga yah?
    :b:

    ReplyDelete
  28. kalo korupsi waktu sech rasanya biasa aja

    ReplyDelete
  29. @pencerah: kalo korupsi waktu kan efeknya lebih banyak ke kita sendiri pak, yg rugi diri kita sendiri, kalo korup duit, korup pasal, dampaknya itu yg luar binasa
    @blog:ya sudah jangan dipikirin
    @techno: hehehe pengakuan
    @nguks: pisan pisan nguks

    ReplyDelete
  30. hmmm... betul..betul..betul..

    :b:

    ReplyDelete
  31. wahhh...nice, thanks 4 sharing..

    ReplyDelete
  32. sangking nggak adanya waktu buat korupsi, saya baru bisa komen di sini *muka polos-nan-imut-jauh-dari-njelehi*

    ReplyDelete
  33. rasanya seperti ini:
    http://i657.photobucket.com/albums/uu291/aka_photogallery/suparmin.jpg

    ReplyDelete
  34. @anonym:wkwkwkkwkw dapet dari mana itu

    ReplyDelete
  35. korupsi di indonesia nggak bisa habis
    kecuali dihabisin satu generasi :p

    ReplyDelete
  36. gak ada yang mau dikorup;
    jadi gak korup;
    rasanya mungkin uenak bin nendang...
    (ditendang sama kaki di gambar sebelah kiri bawah)

    ReplyDelete
  37. emang nggak enak, di kejar2 . hidup nggak tenang

    ReplyDelete
  38. isih cilik kok wis korupsi.. ora apik

    ReplyDelete
  39. Comment pungkasan...
    Wingi tak inguk2 gak posting, bareng posting malah aku ketinggalan.
    xixixixi...

    ReplyDelete
  40. rasanya enak banget bong....
    kalo ngga enak pasti ngga ada orang yang mau korupsi..xixixixixix..
    iya ngga..?

    ReplyDelete
  41. pernah ga aq korupsi...
    ingat-ingat dulu ah .

    ReplyDelete
  42. hmm... kalo saya mah lebih penasaran gimana rasanya melihat Tuhan, Mbak.. itu 'kan kenikmatan ultimat buat yang namanya makhluk, melebihi nikmatnya surga...konon.. :d:

    moga2 ada yang sudi ngebahas bareng sayah...
    http://muxlimo.blogspot.com/2010/04/aku-bisa-melihat-tuhan-sekarang-juga.html
    :c:

    ReplyDelete
  43. h...mm... budi daya korupsi memang menguntungkan bagi si empu`nya.... haha

    ReplyDelete
  44. mao makan hasil korupsi.....???
    yang udah2 juga perutna bunting....

    ReplyDelete