Tips Mudik 2009

Sunday, September 06, 2009

Menghitung hari, 10 hari lagi mudik lebaran ...

Mungkin ada yang bilang, kenapa sih orang Indonesia ini sampe musti repot repot mudik lebaran, heboh bianget padahal negara lain loh ga ada tradisi kaya gini?

Weleh ya biarin aja negara lain, diriku sih melihatnya setidaknya ikatan kekeluargaan masih ada. Masih nyempetin mudik, dan teknologi telepon plus video calling nya, ndak bisa menggantikan rasa nyamannya berada di rumah.

Setiap kali mudik lebaran masih di denger aja yang namanya kejadian kejahatan dan kecelakaan. Yang niatnya bisa kumpul di rumah malah menjadi musibah. Musibah emang ndak tau kapan, tapi setidaknya kita berusaha dulu, berdoa dan tawakkal.

Beberapa tips mudik lebaran 2009 ini, walaah padahal juga sama kayak tahun tahun kemaren.

  1. Buat yang make kendaraan pribadi, pastikan cek kelayakan mobil ya. Dan inget jangan mengendarai kalo ngantuk, mending istirahat.
  2. Buat yang naek bis nih. Masih sering banget kita denger kasus pembiusan di angkutan umum entah melalui minuman dan makanan. Mbok ya belajar dari pengalaman. Jangan pernah menerima makanan atau minuman dari orang asing. Lebih baik kita bawa satu botol minuman dan roti, cukup kan sebagai alasan 'Maaf Pak/Bu, saya sudah bawa makanan sendiri kok. Makasih" Lah ketimbang teler di terminal.
  3. Buat yang naek motor, waduh diriku ga tega deh liat pemudik jarak jauh naik motor. Jauh lebih capek ketimbang nyetir mobil sehingga sangat rawan kecelakaan. Kalau alesannya motornya buat lebaran di kampung mbok ya dikirim lewat kereta api. Lagian PT KA juga udah nyiapin kereta yang buat motor sekaligus penumpangnya lho. Atau kaya diriku ini, kalau lebaran di rumah ya pake sepeda onthel.
  4. Buat yang naek kereta, kaya diriku ini, jangan mepet mepet ya datengnya ke stasiun. Kereta ndak bisa ngerem mendadak seandainya dirimu teriak teriak ketinggalan. Juga siapkan Aqua dan tissu. Buat apaan Bong? Kamu ndak puasa ye? Weee.. ya puasa, ya buat jaga jaga aja, toilet di KA kan rada mengenaskan gitu :P
  5. Buat yang make pesawat? Banyak berdoa yah. (Tips mu kok malah nakut nakuti tho Bong?)
Countdown to Sept 17... saatnya mudik lebaran 2009 ^_^v

You Might Also Like

48 comments

  1. Liyane opo do karipan kok aku biso pertama ning kene...

    ReplyDelete
  2. 12. Buat yang mudiknya mencolot2, jangan lupa pakai sabuk pengaman.

    13. Buat yang mudiknya jalan kaki, lebih nyaman pakai sandal japit, semriwing

    14. Buat yang mudiknya mbrangkang, ojo lali tangane dinggoni kaos kakik ben gak kapalen.

    15. Sing balike numpak jaran, pilihen jaran sing seger, ojo jaran pensiunan dokar...

    Met mudik

    ReplyDelete
  3. Fenomena mudik sudah menjadi tradisi,
    emang benner bong,..... sehebat apapun yang namanya teknologi, belum bisa menggantikan rasa nyaman kumpul dengan sanak keluarga.

    ReplyDelete
  4. hmm.. sampeyan gak usah bingung mudik, lha biasane kan renang nglewati laut jawa... ahaha..

    ReplyDelete
  5. he he, tips mudik yang naek pesawat itu loh *banyak berdoa* keren. . . .

    ReplyDelete
  6. Selamat :g: mudik aja deh b0nk. . .

    ReplyDelete
  7. kalo aku mudik pake motor. nggak kok mbak, nggak se-capek itu.
    (lha wong aku ae iso mudik saben ndino, soale mung nempuh sktr 3 kilo thok wkwkwkwkwk)

    ReplyDelete
  8. jangan lupa pake pengaman ya bonk :D

    ReplyDelete
  9. ga terasa bentar lgi udh mau mudik,tapi blum bisa merasakan mudik itu bagi korban kemaren msh mrudung sdih rsnya mngingatnya :a:

    ReplyDelete
  10. tips bagi yang gak mudik ada bong?

    ReplyDelete
  11. gue doain mbak bonk biar selamat sampe tujuan,. awas dengan binatang besar kayak ikan dan buaya
    lha dirimu kan cebong jadi mudiknya renang menyusuri 2 samudra wuekekekekekekekeee :f: :f: :f:

    ReplyDelete
  12. @pencerah: sekali kali nyoba mudik ke kampung teman :h:
    @ridwanox:iyah.. duka bagi yg kena gempa kemaren ga bisa kumpul sama keluarga
    @oom:wkekekke naek kereta om, pengamannya apaan
    @paank:plethak: iku ora mudik, mung ngider ngider
    @ady:tengkiyu
    @blogger:wehhehe lah harus itu
    @ongki:weladalah, mung nganggo ban renang ae cukup ya
    @pak setiawan:iyah Pak, jenuh juga dengan rutinitas kerja
    @pak marsud:weeee hebaad nomer siji pak, ki mesti wes nginjen ket mambengi yho..mudiko Pak. nang jakarta.mumpung sepi

    ReplyDelete
  13. @haqie:sudah minum jamu tolak hiu, balik tak klethak ngko hiu ne

    ReplyDelete
  14. tahun ini keknya mudik pertama bareng sang istri, heheheyy... :c:

    ReplyDelete
  15. @aprie: nyapo prie? ndak entuk tiket ye
    @aries: ciyeeeh smg selamat sampe tujuan

    ReplyDelete
  16. kalo naik pesawat terus naik bis terus sambung ojek?

    ReplyDelete
  17. kalau naik kapal laut. jangan lupa bawa selimut yang tebel. soalnya selalu penuh. buat jaga jaga aja kalau dapet tempat di luar. haduh haduh.

    ReplyDelete
  18. kalao dikasih tu ya gak etis tho bong kalao ditolak, kek gimana gitu. diterima saja tapi gak dimakan bong.

    ReplyDelete
  19. yang bikin saya heran tuh, kok tiap tahun jumlah pemudik pasti meningkat yah?
    ini nih yang membuat saya yakin bahwa indonesia adalah negara makmur, dan kaya raya penduduknya, hehe :)

    ReplyDelete
  20. Aku ora mudik Mbak, soale aku orang Indonesia :D

    Enggak ding, sebenarnya karena Bangkit masih kecil.

    ReplyDelete
  21. mosok pake sebotol aqua cukup mbak??? kalo aku kayaknya perlu bawa galon dehh... :f:

    saiki di posisi piro mbak??? :d:

    ReplyDelete
  22. :a: tiket dah mahal... diriku nyambung nyambung aja ahhh..

    ReplyDelete
  23. tips mudik? ini dia nich yg gw cari2.. mumpung belum mudik jg. heheee.. tengkyu veri mach bong..

    ReplyDelete
  24. wkwkwk tipsnya malah medeni ngunu bong?

    hag hag hag...

    ealah pak marsud yo ono2 ae :f:

    ReplyDelete
  25. Lha mbak e mudik naek apa..??
    Kereta apa..???
    Atw loncat2 kayak kodok..??
    Wkekekkekekeke..... :f:

    ReplyDelete
  26. Setujuuu, dukung safety driving! :h:

    ReplyDelete
  27. SUKSES SELALU BUAT YANG TAHUN INI MUDIK EAHHHHH..........SEBELUMNYA MINAL ADZIN WAL FAIDZIN

    ReplyDelete
  28. Bong, koq gak ada yang tips naik kapal sih
    aku kan mudik ke Bawean pakek kapal dari pelabuhan Gresik...

    ReplyDelete
  29. walah...sing numpak gethek utowo prau ra entuk tips seko mbak cebong. Mentang-mentang deweke jago renang. :a:

    ReplyDelete
  30. diriku gak usah mudik dehh.. eh anangkupromosi peta ya? haha

    ReplyDelete
  31. Ane nggak mudik bong. Sekarat kantongnye :D biar ayang aja deh yang mudik :d: moga sampe tujuan selamat. ebong juga ya :c:

    ReplyDelete
  32. @mbak bre: :e:
    @bie : lebaran di sana aja ya :h:
    @yuda: hoOh iku

    ReplyDelete
  33. AT&T to Launch MMS for iPhone September 25 - AT&T has announced that on September 25, it will roll out a software update that finally adds support for MMS messages for iPhone 3G and iPhone 3GS customers.

    ReplyDelete
  34. Sebentar lagi lebaran tiba, sebuah tradisi khas di negeri ini akan kembali berlangsung. Mudik. Sebuah kata yang sangat dinanti berjuta orang muslim di Indonesia. Sebuah tradisi yang sangat positif dalam menjalin silaturrahim bersama sanak famili.
    Namun, yang masih mengganjal ketika musim mudik tiba adalah kesemrawutan yang terjadi di jalan-jalan. Mungkin alangkah bijaknya apabila pemerintah lebih sigap mengantisipasinya. Sehingga pemudik akan merasa aman dan nyaman di perjalanan.
    Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    ReplyDelete