Menulis dan Bertanggung Jawab

Friday, July 03, 2009

Hari ini, 03 Juli 2009, ada iklan tepatnya pengumuman yang menarik perhatian diriku. Yang langganan Kompas, silahkan buka halaman 28 ya. Diriku minjem korannya temen lah wong diriku kalo di kantor nebeng baca koran hehe. Kembali ke pengumuman tersebut, iklan permintaan maaf seseorang karena telah menyebarkan berita bohong. Berikut screenshotnya di jepret dengan HaPe Suni Eriksun ku.


Ingatkanku kembali ke berita milist yang bergentayangan beberapa bulan lalu. Berita itu menyebutkan bahwa Teh Botol Sosro mengandung racun yang disebut Hidroxylic Acid atau Dihidrogen Monoxide. Bagi orang awam, sekilas istilah di bidang kimia itu bisa saja dikira senyawa atau zat kimia beracun yang bisa merusak kesehatan. Serem gitu istilahnya. Padahal kalau diartikan Dihidrogen = dua hidrogen = H2 , Monoxide = Monooksida = satu oksigen = O , jadi Dihidrogen Monoxide adalah H2O = air .

Berita seperti ini bisa saja mempengaruhi konsumen dan beranggapan Teh Botol Sosro membahayakan. Dan saya rasa wajar jika Pihak Sosro merasa dirugikan. Untunglah kasus ini bisa diselesaikan dengan konfirmasi dan klarifikasi. Kasus ini tentu sangat berbeda dengan apa yang dialami Ibu Prita. Surat ibu Prita adalah keluhan dan itu suatu kenyataan. Sedang kasus ini adalah sebuah kebohongan. Dan pelajaran bagi kita semua, untuk lebih memaknai demokrasi sebagai kebebasan berpendapat yang bertanggungjawab. Bukan kebebasan sampai kebablasan.

You Might Also Like

100 comments

  1. Besok dan hari Minggu diriku absen heheheh maaf yg belum sempet dikunjungi balik ya. Ada acara di Taman Safari (mau menemui nenek moyang)

    ReplyDelete
  2. kirain ke taman safari buat jadi penghuni mbak bong :c:

    ReplyDelete
  3. :f: baru tau kalo mbak bong ini bisa ngantur juga hihihi....

    baca lagi...

    ReplyDelete
  4. cebong telah kasih taunya.... :a:

    gak jadi pertamax... wkwkwk

    owh, ya ya.. setuju bong.. :c: oiya, aku posting soal repiew yaharta tuh... ^^ tengokin yak

    ReplyDelete
  5. hihi... ternyata :d: untung aja nggak pake kayak kasusnya ibu prita hihi...

    tapi kasusnya ibu prita itu emang keterlaluan sihh.. RS dududz...

    maap... tolong jangan penjarakan akuu... :b:

    ReplyDelete
  6. @ciwir: ngelindur :b:
    @joe: iya deh joe, nurut aja deh , kali ini pasrah xixiix
    @neil:makanya follow dumz

    ReplyDelete
  7. iya nih mbak..
    parah banget, mentang2 orang indo lemah dalam istilah kimia he..he..

    ReplyDelete
  8. waduw baru taw mbak bong pinter juga kimIA..... :)

    ReplyDelete
  9. SEtuju. Intinya pada TANGGUNG JAWAB. Bukan sekedar bebas nulis, tapi gak bisa dipertanggungjawabkan. Dan menulis postingan untuk blog pun tidak bisa semau gue tanpa dipikirkan mateng-mateng :c

    ReplyDelete
  10. hehe.. mang sapa yg nyebarin?

    ReplyDelete
  11. sabtu minggu ngantor di taman sapari, bong?!

    ReplyDelete
  12. Iya ati2 lho mbak..ntar lama2 ada issu kalo blog ini mengandung formalin dan alkhohol...:f:

    ReplyDelete
  13. weh ini nih yang baguzzzzz.... setelah menyadari kesalahan yang diperbuat, mereka langsung meminta maaf... untung pihak sosro gak langsung naek pitam yah kepada redaksi kompas... bisa-bisa wartaberita yang terkait bisa senasib sama mbak Prita.... jangan sampeeeeeee

    ReplyDelete
  14. 2 hari cukup kok untuk menyamakan status penghuni asli safari.

    kon pas?

    ReplyDelete
  15. ye... aku mah udah follow bong, makanya begitu tau, langsung cabut ke sini... wkwkkwkwk malah tak pasang neng blogku duwekmu iku... :c:

    oiyo, sing wingi soal ketulusan cinta iku, tibak'e wis tau tak posting.. iki link-e
    http://neilhoja.blogspot.com/2009/04/ketulusan-cinta.html

    woconen bong.. :d:

    ReplyDelete
  16. mm ya, kebebasan seseorang itu dibatasi oleh kebebasan orang lain... ^^
    bukan kebebasan yang sebebas-bebasnya. ngono to bong? :c:

    ReplyDelete
  17. @pak marsud:
    Apalane kok swikee dowang

    ReplyDelete
  18. sembarangan aja sebarin berita neh orang -__-"


    eh, bole minta di ajarin, biar di bagian post a comment, bisa ada emoticon nya ?!

    thx b4...

    ReplyDelete
  19. Tumben nanggapine cepet. Biasane suwi...
    Anoman Ebong...

    ReplyDelete
  20. Wah, udah ketemu toh penyebar berita bohong itu? Memang kudu hati2 kalo nulis, hal iseng bisa membawa penjara hiks...hiks,..

    ReplyDelete
  21. itu buat orang kan ya, kalo cebong kan nggak usah minta maaf :f:

    ReplyDelete
  22. Ow begitu ya bonk,
    Wah bguna jgag y bajar kimia slama ini, hehehe

    ReplyDelete
  23. kita nulis curhat2 aja deh
    biar jangan salah2 ya piet :j:

    ReplyDelete
  24. Makanya jangan suka bikin hoax Bong! :c:

    ReplyDelete
  25. haarus extra hati-hati posting nih...

    ReplyDelete
  26. waahaha.. orang bikin gosipnya ada2 wae

    ReplyDelete
  27. ...untuk lebih memaknai demokrasi sebagai kebebasan berpendapat yang bertanggungjawab.

    mantaff... xixixi

    ReplyDelete
  28. Woah... ini mbak ebong beneran.....

    Percaya klo ini mbak ebong. Emang asline kudu ngene.... heuheuheu..... Mantaf juga pesannya di alinea-alinea akhirnya.....

    ReplyDelete
  29. gila juga boong di koran..ga takut dituntut tuh

    ReplyDelete
  30. aku baru tau... :g:
    jd ketauan deh ga suka baca koran tp sukanya baca buku pelajaran... (gyahaha... boong-boong) :c:

    ReplyDelete
  31. Postingan sesok iso hasil kunjungan nemoni nenek moyang. Tak tunggu mbak..

    qiqiiqiqiqiqiqi..........

    ReplyDelete
  32. hanya orang2 yang berjiwa besar yang bisa menagatakan aku salah dan meminta maaf...ok salamkenal sobat

    ReplyDelete
  33. wohohoho... betul banget anjuran darimu bong!

    ReplyDelete
  34. Kebebasan memang idaman, tapi tanggungjawab adalah kewajiban...

    Indahnya kebebasan yang bertanggungjawab.....

    ReplyDelete
  35. wealah... gak kebagian petromax maneeeeeeeh..... :b:

    kok aku dadi kelingan om suni iyaaah...??? hihihihih

    ReplyDelete
  36. Heeh, bener piet, segala sesuatu harus pake tanggung jawab. termasuk juga nulis ya?

    ReplyDelete
  37. pantesan gak tau mecungul jek nang taman safari tooo :f: :f: :f:

    ReplyDelete
  38. mugo2 gak iso bali men neng taman safari ae :f: :f: :f:

    ReplyDelete
  39. tenang bong...akhirnya kebenaran akan mengalahkan kejahatan.

    happy weekend bong, mau ipit2 di kolam mana weekennya?

    ReplyDelete
  40. yang penting sih bertanggung jawab disertai fakta klo mo nulis2..

    ReplyDelete
  41. wah, banyak kasus kayak gitu ternyata ya..

    ReplyDelete
  42. Wah saya baru tahu kalo ternyata si penulis itu menulis permintaan maaf di koran. Kemarin sih dia sempat posting semacam ralat di blognya, bahwa itu bukan ditujukan ke Teh Sosro, tapi ulah orang2 yg main copas yang bikin seakan2 dia menuduh TS.
    Ah tapi gak tahu juga deh kebenarannya.
    Emg sekarang musti hati2 nih klo bicara, nanti bisa2 sel penuh dgn blogger. :)

    ReplyDelete
  43. setuju. berani berbuat harus berani bertanggungjawab

    ReplyDelete
  44. Hahahaha:f:....ada--ada saja masak cuma air saja diartikan segitu seremnya (Dihidrogen Monoxide)..pantesan saja para konsumen pada kabur

    ReplyDelete
  45. disamping berisi air, yang jelas teh botol sosro juga mengandung Bdt (botol dan tutupnya). saya bertanggungjawab atas komentar ini.

    ReplyDelete
  46. apapn makanannya yang penting sosro deh! Eh bong blog http://ebongcellular.blogspot.com/ punyamu bukan? hehe aku jawab komentar tak pikir kamu. Bener gak?

    ReplyDelete
  47. tapi bagusnya masih ada sikap kerjasama dari pihak Sosro-nya jadi masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan...

    nek ngono kan enak to..manteb to..
    whuahahahah..

    ReplyDelete
  48. waduh,, udah ngomongin senyawa aja nih kk ebong,,

    mau ke taman safari mau ketemu nenek moyang? bukannya lebaran baru 2 bulan lagi?? :c:

    ReplyDelete
  49. aku baru tau klo teh sosro ada kandungan spt itu...

    hah ke taman safari??mo liat nenek moyangnya zujoe ya huhuhuhu

    ReplyDelete
  50. yap akhirnya aku mampir setelah sekian lama neh mbak bong.. btw banner-nya lucu bgt wekekek...

    mau niru banner itu ahh tp yg lebih macho gtu loh.. sori OOT

    ReplyDelete
  51. Ass. Mbak Cebong, mohon maap kalo baru sempat berkunjung.
    Mbak, saya sedang nyari templet yg ada kotak iklannya itu lho, di mana ya Mbak saya bisa mendapatkan, Mbak Cebong punya apa ndak? Cara memasangnya gimana Mbak? Gambar herdernya bisa di ganti punyaku apa ndak Mbak, yg Penguasa Malam itu lho.. add saya dong Mbak, su64nk, YM.

    ReplyDelete
  52. Hidup mbak Ebong, kyakakakakak...
    Mbak e kapan nih mw ikutan tampil di koran..?? Kyakakakaka... :f:

    ReplyDelete
  53. bebaskan ibu prita...adili OMNI :e:

    ReplyDelete
  54. curhat adalah hak asasi manusia..!! klo tidak curhat bisa gila :n:
    klo jelek pelayanan RS, boleh donk curhat :d: dari pada dipendam nanti jadi bisul

    ReplyDelete
  55. pemerintah jangan bisanya siksa rakyat sendiri, tuw negara ttngga pinter rakyat orang lain disiksa huuuuuuu...kesel kesel kesel :n: :n:

    ReplyDelete
  56. kalu kebablasan ya mundur aja, brarti lupa nginjek rem, makanya priksa rem selalu agar tidak blong...

    ReplyDelete
  57. Kayaknya Masyarakat Indonesia kudu belajar kimia smua nih (ga'cuma anak sekolah) :c: terlebih lagi tentang penamaan senyawa
    Dimana-mana yg namanya H2O tuh ga ada yg beracun. :f:

    ReplyDelete
  58. nice bong.. kupas terus....

    ReplyDelete
  59. Iya..jangan gampang percaya isu-isu seperti itu, di cek dulu..
    Tapi gak ngefek sih, aku kan jarang minum teh botol..hehehe

    ReplyDelete
  60. lha nek blogmu iki mengandung senyawa kimiya beracun opo bong? racun kodok bencok!

    ReplyDelete
  61. Kasian juga ya pihak Sosro, untung Mba Ipiet menjelaskan disini, jadi aku juga akhirnya ngerti... Makasiy ya Mba :)

    ReplyDelete
  62. Untung saya ndak suka minuman-minuman berwarna, maklum ilat ndeso.

    ReplyDelete
  63. Hehehehe..
    ada ada aja orang jaman kayak gini...
    kan negara ini negara demokrasi...
    jadi ada kebebasan menyatakan pendapat termasuk kritikn..
    hehehe

    ReplyDelete
  64. Sebenarnya semua yang instan itu mengandung zat kimia yang tidak alami atau hasil ekstrak ... dan akan menimbulkan efek samping pada kurun waktu yang lama dan pada konsumsi yang terus menerus ... mungkin kita perlu was pada ... juga ... loh

    ReplyDelete
  65. kebabasan kita untuk berekpresi di batasi

    ReplyDelete
  66. kita lihat saja, itu kan bagian dari proses untuk baik. Kalau Orang lain mah untuk baik teh butuh waktu beberapa saat saja...di kita mah butuh waktu bertahun-tahun, pantesan orang laen mah sudah kemana gituh..., kita mah angteng saja di tempat...., kayaknya semuanya harus dibikin heboh dulu kali..., sukses untuk mbak ipiet....

    ReplyDelete
  67. Alhamdulillah,,, di jaman yang serba palsu dan sulit ini, ternyata masih ada orang yang mau dan mampu berbuat baik, berbudaya ketimuran, hal yang seperti ini, mah, musti di LANJUTKAN!!!!!!

    ReplyDelete
  68. inilah hal yg menjadi tantangan bagi para blogger.. klo menulis salah alias hoax bisa kayak gini.. so beware men !!.... hehehehe ..sox massterr diirriku

    ReplyDelete
  69. Tp baguslah mbak setidaknya org itu bertanggung jawab.. sebaik2 orang yg bersalah adalah orang yg mo mengakui dan belajar dari kesalahannya.. (kok aku jd ceramah :g:)

    ReplyDelete
  70. kurang seru bong...

    hehehe....


    kangen ma cebong gw nih...

    ReplyDelete
  71. byuuuh dowone komenge... :g:

    ojok lali oleh olehe lho ya mbak bong..... :e:

    ReplyDelete
  72. pelajaran yang bisa diambil harus lebih hati2 dalam menerima dan memforward email :m:

    ReplyDelete
  73. Sama seperti rangga jadi ingat om suni...

    ReplyDelete
  74. wahh..komengku is urutan ke sekian dari sekian pengomeng,, ga popo wiss,, mengawali kombek ku ke empang ebong,,

    bdw wis tak vote dirimu di bubuaward bong !!! pkoke aku di samping mu slalu,,*kmanapun kau pergi aku di sampingmu wiss,,

    ReplyDelete
  75. kunjungan pertama bertepatan dengan hari ulang tahun gue hehehe
    apapun yang kita tulis, tentunya akan sangat berpengaruh terutama bagi pembaca

    berani menulis, berani bertanggung jawab :)
    I love this blog

    ReplyDelete
  76. bong.. kok dirimu gak ngajak2 klo mo ke Taman Safari? :a:

    ya udah dech ti2 di jln yach.. :)

    ReplyDelete
  77. Loalah kayak gitu toh.... tp aq gak tau ntu berita ntu mbak.... gak pernah baca koran, yg kubaca komik coale.... :f:

    ReplyDelete
  78. itu semua karena cinta..
    i love this blog
    i love u full..
    :d:

    ReplyDelete
  79. berpendapatlah secara bijak

    haiah

    wakakakaka

    ReplyDelete
  80. mbak karo nenek moyange sing akur yoh

    wakakkakakaa

    ReplyDelete
  81. bisa kimia juga ya mbak??

    :h:

    ReplyDelete
  82. untung berita tentang "senyawa teh botol" itu ga nyampe dibaca aku mbak...

    yang pasti aku langsung menyingkirkan teh tsb dari daftar minum paporit....laaah....wong aku paling "bodo" di kimia.... *huuu ngaku-ngaku kamu sil...bukan kimia duang...semua itung-itungan kalee...* :k:

    ReplyDelete
  83. hehehe ...

    Apapun makanannya, botol teh sosro minumannya!

    (yo mati! botol teh kok diminum, hihihi... ^^)

    ReplyDelete
  84. Untung gak kaya prita, UU ITE jadi terkesan gimana gitu deh...

    ReplyDelete
  85. akhirnya kebenaran terungkap

    ReplyDelete
  86. wah,, tp tuh orang bertanggung jawab juga yah.. salut..

    ReplyDelete
  87. Apa yang dilakukan Oleh Teh Botol Sosro menyelesaikan dengan baik baik patut di contoh..jangan main kurung aja

    ReplyDelete
  88. Nah sekarang mari kita lestarikan budaya bertanggung jawab....wokokoo

    ReplyDelete
  89. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    ReplyDelete