Transportasi Indonesia

Wednesday, April 01, 2009

Diriku dari kecil suka yang namanya kereta api tut tut tut gujez gujez itu. Penyakit orang susah no 24, mabok perjalanan kalau naik mobil. Jadi diriku dulu nggak kuat lama lama naik bis. Jangankan naik, ngebayangin bau bis aja udah bisa muntah muntah. Seiring waktu karena tuntutan kuliah di luar kota mau nggak mau harus naik bis juga. Dulu milih tempat kuliah itu pertimbangan pertama liat peta. Trus tak ukur kota mana yang plaing deket. Antara Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Malang. Terpilihlah Surabaya, karena paling deket, jadi paling nggak, mabok nya nggak lama lama gitu. (Pertimbangan yang aneh deh pantesan pas lulus jadinya tetep jadi keCebong yang aneh). Tapi tetep transportasi paporit adalah kereta api.

Melihat kondisi kereta ekonomi yang sungguh memprihatinkan itu, diriku pun pernah merasakan betapa kenyamanan dan keamanan tidak lagi menjadi prioritas utama. Pokoknya nyampe tujuan dengan biaya minimal. Harga tiket Kereta Api Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi - Gambir , pas jaman saya muda dulu sekitar Rp 47.000 . Ukuran yang sesuai dengan kantong kami rakyat jelata. Biarpun bau wc nya memenuhi ruangan anggep lah itu Bayfresh, panas dan gerahnya hawa kereta anggeplah sedang sauna.

Diriku dulu sering pulang pergi Surabaya-Jakarta sendiri ya naek kereta ini. Mulai dari tidur ndlosor di lantai nya yang gludag gludug sampe tas saya di silet para penjahat laknat. Doh mahasiswa kere kok ya mau di copet jugag. Alhamdulillah cuman kena baju saya, soalnya dompetku itu tak selip selipin diantara baju baju (daleman).

Begitulah wajah transportasi kita. Optimis, semoga kedepannya jadi lumayan tidak terlalu buruk. Kalau saya jadi Menteri Transportasi, tak tambahin gerbong kereta api ekonominya, tak bangun rel lagi (mikir mikir rel nya lewat mana lagi ya? udah penuh perumahan) jadi jadwal kereta bisa diperbanyak. Trus tak bandem sendal semua penumpang yang suka naek di atas kereta (nekad yo nekad cuman masih pake akal sehat). Fyuh belom jadi Menteri aja udah bingung mau pake solusi apa. Kalau gitu jangan pilih saya ya.

Mari kawan, naek kereta api tut tut tuuuut....

You Might Also Like

52 comments

  1. fiuhhh..... aakhirnya setelah berbulan-bulan ternyata bisa pertamax lagi di blognya orang ndak jelas. ndak jelaS orang apa ampibi yang ngeblog ki *sek sek tak baca sek*

    ReplyDelete
  2. la jangankan jadi menteri jadi ketuwa rt-pun ndak pantes dirimu bong
    weleh-weleh iki piye kok kuliah bawa daleman segala
    buat dipamerin ke temen-temen kuliah ta bong

    ReplyDelete
  3. @eros:suatu kehormatan bagi saya , dikomentari sama orang seperti dirimu...(alhamdulillah ora dikomentari poro lelembut wkekkwkekw) wooo woo pengen ngerti kan kan kan

    ReplyDelete
  4. Lah tapi kan jadi menteri transportasi bukan cuma kereta api mbak cebong ... :h:

    ReplyDelete
  5. maren metromini, skr kereta api, besok kapal pesiar yabong, keren tuh.... kali aja ada yg gratisan keliling dunia ma kapal pesiar....

    wkwkwkwk.......*gubrexxx

    ReplyDelete
  6. rindu naik kereta... sekarang harus montong mangbrur

    ReplyDelete
  7. @fenty:kereta api aja udah bingung apalagi tambha bis, pesawat, becak, bemo hehehe percayalah ndka ada yg mudah kawan
    @penyamun:besok perahu layar

    ReplyDelete
  8. Kalo mentrinya Cebong, bisa rusak susu sebelanga, hahaha...
    Lha yok opo, ntar pasti semua rakyat di ajak ngirit, naik KA bau WC, ihh... enggak banget deh buat aku.
    Dan parahnya lagi, pasti ntar Rakyatnya di ajak ngeblog semua.

    ReplyDelete
  9. dulu sering naik KA bdg-jkt, lumayan enak kok..cmn ya itu, suka telat nyampe bikin bete

    ReplyDelete
  10. :k: :k: sek tak ngakak dulu bong,(spt biasanya klo aku baca tulisanmu)
    aku minta suaka klo dirimu jadi menteri bong !!!!
    sumpahhhhhhhhhhhhh, golek negara lain yang menterine "genep"
    wakakak

    ReplyDelete
  11. @mbak else yg cantik : wkakakakakakakaaa ki contoh rakyat sing ga genep kan :f:
    @mbak linda:hohoho bayangkan jakarta surabaya mbak
    @rio:wekekekke ya ndak begetto berikan mereka kenyamanan juga gitu, lah mosok bonus bau pesing

    ReplyDelete
  12. jadi menteri blogger aja deh...
    saya pilih..

    ReplyDelete
  13. hmm...kuliah di surabaya toh, kul dimana bong???

    ReplyDelete
  14. sepur ekonomi iku pancen mbois looop, murah meriah mambune yo sumringah...

    ReplyDelete
  15. Mbk eb0ng jadi mentri, blogger gratis internetan, wekekekek

    ReplyDelete
  16. jalur kereta yang dulu sudah dirusak, padahal udah bagus loh... sampe kecamatan-kecamatan....

    ReplyDelete
  17. @ochi:dirimu di dirjen perkomenan
    @etha:dl di ITS
    @hari lazuardi:mangteb pwol dah kumplit..

    ReplyDelete
  18. @suryaden:wes dinggo umah sisan jalur e mas
    @bibit:woooooooooooo kok enak :f:

    ReplyDelete
  19. Rasane naik kereta api tut tut tut piye to bong?
    Aku kok ra tau numpak kreto aku..

    ReplyDelete
  20. :a: gara gara harga transportasi makin mahal..aku ampek berangkat sekolah jalan kaki......huwaaaaaaa :b:

    ReplyDelete
  21. waduh,kemarin aku baru ajah naek kereta api yang pertama,hehehhe.seneng mbag,

    ReplyDelete
  22. "pas jaman saya muda dulu sekitar Rp 47.000 . "
    saiki wes nenek-nenek emange ya bong..hehehhe
    lah bandem sandale piye wong situnya masih mabok-mabok gitu ..

    ReplyDelete
  23. kayanya kalo di Indo, kalo mo murah ya kudu gitu... kudu rela kecopetan, kudu rela ga nyaman dsb..

    ReplyDelete
  24. Hambatannya buakn cuman copet: Orang-orang bau badan, orang-orang yang suka colak colek, orang-orang yang suka belaga tidur walaupun di depannya ada ibu-ibu bunting, pengamen yang asik aja nyanyi padahal buat berdiri aja susah...

    PR menteri transportasi masih panjang kayaknya :p

    ReplyDelete
  25. mbak..lha aku transportasinya becak yo opo?
    :h:

    ReplyDelete
  26. wah di Denpasar gak ada kereta api:l:

    ReplyDelete
  27. Jadi inget waktu kuliah bong,ke malang pasti naik KA.Lewat terowongan juga.. Tapi baunya emang :a:

    ReplyDelete
  28. saya dukung cebong jadi menteri... bukan menteri sunat yah

    ReplyDelete
  29. judulnya transportasi indonesia, tapi isinya cuman bahas kereta sama bus doang...yang laennya mana... :b:

    mangkanya, di bogor aja bong! mule dari KRL eko-sama-nomi ampe ekpres tersedia... :k:

    ReplyDelete
  30. wew.. mangnya penyakit orang susah no 1 apa mbak he..he..

    ReplyDelete
  31. memang barang yang paling berharga harus disimpan didalam baju daleman bong

    ReplyDelete
  32. Kodok juga posting tentang kereta Ekonomi kemaren mbak..
    Blum pernah sih nyobain sampe surabaya.. pernah waktu itu kena copet naik kereta ekonomi Bogor-Jakarta..

    ReplyDelete
  33. kalo aku kendaraan fav adalah mikrolet....jauh dekat guma 2000 hehhhehe(maklum karena segala penyakit tentang org miskin aku punya smua) nasib nasibbbb

    ReplyDelete
  34. semoga ebong ntar jadi menteri transportasi aja deh hehehhee

    ReplyDelete
  35. di sulawesi ngga ada kereta bong.. jadi transportnya ngga ada bua WC atau apalah.. heheheheheh

    ReplyDelete
  36. kok ndak nyaleg bonggg, pasti tak pilih deh, tak belain ke boyznegoro milih ebong, ntar sekampung tak suruh nyontreng ebong rame - rame...pake areng...wkwkwkwkwk

    kaborrrrrrrr :f:

    ReplyDelete
  37. kereta dengan segala 'romantika' itu bisa jadi memory yang indah kan bong :D

    ReplyDelete
  38. Huft.......
    lom pernah nek kereta....... :a: :g: :f:

    ReplyDelete
  39. kalau pilih untuk jadi istri gimana bong.......

    ReplyDelete
  40. doh...udah lupa nih rasanya naek kereta api ke jawa... seringnya naek kereta Jabotabek yg banyak copet dan jambret ituh :c: :n:

    ReplyDelete
  41. seumur2 baru 2x naik kereta api pas ke jakarta

    ReplyDelete
  42. @mas tony: wiw....diriku bolak balik mas
    @mbk milla: iyah di stasiun jatinegara mbak e
    @rusa: wuickz... perlu istikharah sebulan tuh
    @deta: wew masa?
    @sibaho:wlwkwkwkkw romantika nya di kasi tanda petik
    @om nara: wkakakkkaa ciyalaaaan....entar pemilu taon kodok baru dah nyaleg
    @bang ifoell:kekekek oh iya ding lupa

    ReplyDelete
  43. @rozy:ehehhehe ogah deh
    @mel:sama ..toss dolo
    @anang:numpak kowe
    @pendekar kodok: cobain semaleman syukur syukur dpt tmpt duduk..biasanya mah ndlosor di bawah
    @pencerah:contone opo mas
    @hryhh7:wkkwwkwk *mikir*
    @priandani:itu sudah lumayan loh diriku ngetik agak panjang
    @hawee:waw mau deh kl yg itu
    @ajeng:pwesing deh
    @balisugar: xixixix cukup naek motor mah
    @itik bali:loh tak pikir perahu getek
    @neng keke: hehehehhe amanat dan jabatan bukan hal yg mudah dan asal ngomong
    @quinie: tidaaaaaaaaaaaaaaak jangan dumz...
    @mama hilda; wkwkwkkwkw sekarang sudah ndak mabukan kok mam
    @sino:wehehehe manna potonyah
    @mamad:biar sehat euy
    @rampadan:doh mesak ke

    ReplyDelete
  44. haha..emang mau jadi menteri transportasi :D

    ReplyDelete
  45. Saya baru empat kali naik kereta Mba, seringnya naik bis kalo mudik he..he.. soale kalo naik kereta ekomoni brisik tenan, n diinjak2 ma pedagang. gepeng.

    ReplyDelete
  46. @mas seno:; apalagi diriku
    @dbrian:engga jadi ekkekee

    ReplyDelete
  47. untuk menaiki kereta yang nyaman mahalnya minta ampun bu mentri

    ReplyDelete
  48. tak bandem sendal kalau tak pilih nggak mau!! hahaha...

    pilih ebong for pepsodent...!!!! eh...

    ReplyDelete
  49. nice share boss...
    oya kalo mau donlot lagu kunjungi
    www.musicgaul.co.cc
    tukeran link juga bisa koq boss......

    ReplyDelete