Ruang Kota

Sunday, January 18, 2009

Dari jembatan beton Semanggi kutatap ibu kota
Lalulintas masakini mengalir di bawah seperti sungai raksasa
tanpa udik tanpa muara

Sitor Situmorang, "Jabotabek", 1977


Itu taon 1977 loh, kira kira kalau tahun 2077, jadi kayak apa yah puisinya?

You Might Also Like

105 comments

  1. Ini maksudnya apa yak??? Puisi kah???

    ReplyDelete
  2. posting opo ki Bong? :b: aneh dweh

    ReplyDelete
  3. @hangga:sepertinya ada yg ndak beres dg utakku :f:

    ReplyDelete
  4. apaan ni tante,bingung : mode on...

    ReplyDelete
  5. hmmmmm,
    kalau Sitor Situmorang ngeliatnya tahun 2009..mungkin semakin buinun kali ya..., trus kira2 puisinya gimana mbak Ipit???

    ReplyDelete
  6. @tukang nggunem:wacem :e:
    @sandy:nemu ning bungkus pindang

    ReplyDelete
  7. @bagus:wekekkekekeke mungkin udah terjun dari jembatan semanggi :f:

    ReplyDelete
  8. bagus banget puisinya yah, oy jadi terharu... sangat menyentuh di kalbu :b:

    ReplyDelete
  9. walah, kok iso telat to aku..
    taun 2077, malah udah gak ada motor ma mobil bong..
    mau ada penelitian pintu kemana saja, koyok gono doraemon kae lo bong..
    wuakakakakkk..

    ReplyDelete
  10. 2077 udah ga ada cebong lagi... hahahaha....

    ReplyDelete
  11. yang banjir daerah mana??
    grogol dan sekitarnya macet ga??:c:

    ReplyDelete
  12. Maju terus pantang mundur Mbak...
    nek ono siji loro yang ndak paham postingan kita itu lumrah...
    Kemarin2 memang suka kepikiran, tapi lama2 saya sadar bahwa style orang emang ndak seragam. Sama seperti kalau ada postingan puisi yg puitis, atau prosa yg bertatabahasa, saya malah sering ndak paham juga. Tapi dengan gaya seperti yg disini, saya nyaman bukan kepalang. Begitu juga sebaliknya, mereka2 yang lugu, pakem & ngugemi tata bahasa, pasti kagok lihat gaya bahasa kita yg beginian.
    Sukses buat Cebong, kapan buka Cabang?
    Dari Cebong sampai Merauke....

    ReplyDelete
  13. Barusan beberapa menit direlease kok saya dah nomer las2an ya...

    ReplyDelete
  14. Dari mobil terbang kutatap ibu kota
    Lalu lintas abad 21 mengalir di bawah seperti sungai raksasa tanpa udik tanpa muara

    mungkin seperti itu he..he..^^

    ReplyDelete
  15. dari atas monas yang memutih emasnya
    kulihat tugu pancoran menunjuk ke barat daya
    tak ada bocah tak ada sapu lidi di tugu tani

    Sang Penyamun, "Blog Cebong", 2009


    *amit-amit ya.... hahhahaha...

    emas monasnya jadi emas putih tuh..

    ReplyDelete
  16. @pak marsud:ngakak aku Paaaaaaak, :f: kekekkeke dari Cebong sampai Merauke, :f: iyah Pak, manusia itu makhluk yg kompleks (kali ini saya mengaku sbg manusia) multi personality, gaya bahasa bisa beragam, seragam bisa berarti konsisten bisa berarti stagnan, dan saya memilih menjadi dinamis
    @junjungpurba:heheheheh merata deh pokokna
    @sang penyamun:f: adanya DORAEBONG dg kantung ajaibnya
    @rampadan:kekekekeke dudulz lah ini cikal bakal doraebong :f:

    ReplyDelete
  17. :c: cebong kena banjir yah.......kalo pulangnya, kacian dech....

    ReplyDelete
  18. @pak mar lagi:kekekkekeke lah barusan mencet enter balesan komeng kok diriku sudah nomer 19 :f:
    @hryh77:hehehhehe sepertinya iyah , entah semakin semrawut
    @sang Penyamun: duh duh duh cepet banget Bang bisa bikin puisi sambungannya, mustinya bukan Sang Penyamun tapi Sang Penyair

    ReplyDelete
  19. tanya mama loreng bong.. :f:

    ReplyDelete
  20. @harry:kan cebong berenang renang :f:

    ReplyDelete
  21. @ujan:wkakakaka mama loreng udah jadi mama koreng

    ReplyDelete
  22. dari sini kulihat..
    depo plumpang meledak...
    anget banget..

    ReplyDelete
  23. Pasti pada pindah ke mars...:f:

    ReplyDelete
  24. ini puisi singkat bener :c:

    ReplyDelete
  25. weeeks... kaya pernah lihat nigh puisi di mana yak

    ReplyDelete
  26. taun 2077
    dari atas jembatan semanggi kutatap ibukota
    sebagian dah air semuaaaaa, (nih pasti doanya ebong) :C:

    ReplyDelete
  27. wakakaka, ada istilah baru buat mb cebong (dari cebong sampe meroke) saya juga ngakak. udah ah tak pipis dulu, tyus cebong...
    hihi...kidding mb, jgn marah ya

    ReplyDelete
  28. bisa kutebak ini postingnya dari hape....., hehe salah yaw?

    ReplyDelete
  29. Wow, puisinya bagus banget mba bong... :c:

    ReplyDelete
  30. weleh aku lom ke semanggi jadi ga bisa ngebayangin....salammmm

    ReplyDelete
  31. Pas banget deh puisinya...
    Kalau pertanyaannya cuma seperti apa kira-kira puisinya sekarang, ya...

    "Lalulintas masakini mengalir di bawah seperti Gelombang tsunami
    tanpa pamit tanpa permisi.."

    Salam akrab, bro...dan makasih telah kommen di blogku..

    ReplyDelete
  32. Dari jembatan baja berkarat Semanggi kutatap ibu kota
    Lalulintas masakini mengerumun di bawah seperti semut
    tanpa arah tanpa sisa
    :f:

    ReplyDelete
  33. di potlot aman dan terkendali.... :c: :c:

    ReplyDelete
  34. Jangan pesemis mungkin tahun segitu sudah tidak ada lagi kemacetan akibat Perang Dunia. Semoga tidak ada,.........:c:

    ReplyDelete
  35. apa ceritanya lagi melamun ya? :D

    ReplyDelete
  36. jadi di tahun 2077 nanti...

    apa yang akan terjadi.....

    ReplyDelete
  37. ya ini kalau mbak cebong lg kehilangan kesadaran saat nulis postingan hahaha :e:

    ReplyDelete
  38. menuju ke arah puitisasi yah mbak Hidayatul Badi. Bener gak?

    ReplyDelete
  39. Saya juga lagi siaga 1 banjir nih, makanya jarang2 BW he..h.e.. soalnya dimana2 banjir takut g bisa pulang hi..hi..

    ReplyDelete
  40. singkat sekali postingnya bong, tentang jakarta ? atau tentang macetnya jakarta ?

    ReplyDelete
  41. dq g pernah ngarep tuk tinggal di Jakarta..

    ReplyDelete
  42. posting opo to yo..?

    rodo ra mudeng, hehe..

    maaph, maaph..


    ALL ABOUT TRANSPORTATION IN JAKARTA

    ReplyDelete
  43. Yang dibawah itu fotoku waktu main film "The Flash" he..he...

    ReplyDelete
  44. ga ngerti mode-on... ckckck...

    ReplyDelete
  45. yang kulihat mba ebong berendam dalam empang ...
    huaaa...ga ngerti ga ngerti..:k:

    ReplyDelete
  46. yangku lihat si ebong berenang di jalanan karena Jakarta kebanjiran http://:f:

    ReplyDelete
  47. bong tulisan saya salah tahun 2077 saya dah mati bong he3.... jadi gak bisa natap ibukota.
    ya udah yang diatas anggap aja mimpi.

    ReplyDelete
  48. comment-nya kalaao diupload jadi 24 posting;
    aku bingun lah gak ngeri puisi; sing jelas di Yaharta ngisor-nduwur "KALI"

    ReplyDelete
  49. posisi di semanggi di mana nya yah...

    ReplyDelete
  50. Maksudnya banjir ya...Bong...:c:

    ReplyDelete
  51. Jembatan yang dulu berdiri sekarang hanya tinggal angan, hanya keegoisan yang terpampang didepan, kulihat manusia yang semakin lama,semakin terlupa!


    wis... wis ngawur aku!!!!

    ReplyDelete
  52. wahhhh itu tahun 1977 sudah segede itu apa lagi sekarang yah hauhahahhaha dah jadi samudra kali. macet gara2 si komo lepat

    ReplyDelete
  53. hihihihihi kesimpulannya banjir bukan wakakakka :e:

    ReplyDelete
  54. buyar kabeh!!!

    awake dewe wis gak nemoni maneh bong palingo, lawong jaman sak mono, awake dewe umure wis 90 an, wohohohoh...

    ayoh, sopo sing jik kuwat urip???

    *akuuu!!!!!*

    ReplyDelete
  55. lah..tak klik.. tak kira masih ada kelanjutannya...bong bong..soal kali ibukota ternyata

    ReplyDelete
  56. @kurochan:hyaampyuuun basa indunesa dapet berapa :f:
    @bang boyin:hehehehe maklum dari hapeh bang dikit aja uda males ngetik xixixi
    @unting:nyapo? mumet?
    @ndop:kekekekke g ngerti kapan ujunge ndunyo
    @omiyan:heheheh ituh tentang lalu lintas yg sudah ruwet manganak sungai
    @gelandangan:exactly
    @hamka:salam kenal juga yah, makasi kunjungannya
    @masciput:weitz..pinter ber pusi pusi
    @tuyi:oraaaaa...maksude lalu lintas
    @nono:semanggi nya di sawah...*itu sih daun semanggi
    @kang nawar:kekekekek gimana kalo posting komen aja...
    @dnahdiar:heheheheh komen kok direvisi
    @casual cutie:saya jarang mandi :f:
    @icha:cucian mode de
    @dafhy:jakarta tenggelam
    @rezki:primbon
    @kang seno:sama kang :a:
    @acist:yess you;re right
    @nyante:ini bukan pilihan hikz
    @hawee:benerrr
    @phery:kekekek sekali kali..multi post and personality


    kyaaaaaaaaa...bentar bentar capek ngetik xixixiix :a:

    ReplyDelete
  57. tahun 2077 kotane dadi rawa meneh, entek keleban banjir,wakakakakaa

    ReplyDelete
  58. bong terima kasih atas saranya! bong bolehkah tanya sesuatu?aku jadi malu nih! maksud bong follower dumz itu apa ya? maklumlah bong aku ini orang gaptek!

    ReplyDelete
  59. weh ngomongin jembatan semanggi...
    kirain endingnya mo bunuh diri gitu...
    eh engga....ah kecewa ah....

    hhhehehe

    ReplyDelete
  60. bong dirimu juga udah di follow!

    ReplyDelete
  61. taon 2077 jakarta sepi bong, do pindah neng mbulan

    ReplyDelete
  62. dari jempatan krapyak aku menunggumu, adoh tenan...

    ReplyDelete
  63. dari kejauhan sini kudengar dan kulihat..
    depo plumpang meledak...
    gelap jadi terang tap anget banget..

    ReplyDelete
  64. Ngomongin kendaraan kan? yang sering bikin macet jalan kota, ya neng :c: salam kenal yaa!!

    ReplyDelete
  65. wah saya ndak bisa buat puisi bong..maap :a:

    ReplyDelete
  66. singkat jelas dan rada membingungkan, gak kenal ma yang buat puisi..

    ReplyDelete
  67. taon 2077 jadi banjir kecoa kayaknya bong..
    blog nya saya link ya..

    ReplyDelete
  68. 2077 - 1997 = 100

    100 tahun lagi ya?

    bentar aku sms dolo mo reg ke mama lauren ... xixixi

    ReplyDelete
  69. tulisan apaan bong ?? singkat bener..hahaaha

    ReplyDelete
  70. wah tulisanna apa ...heheeee
    blaze5.com

    ReplyDelete
  71. Puisi tahun 2077 harus lebih canggih lagi.
    Hehehe...

    ReplyDelete
  72. berarti tahun 77 juga udah banyak macet gitu kali ya bong maxudna :k: atawa banjir ?
    au ah gelap...

    ReplyDelete
  73. Klo Tahun 2077 puisinya berbunyi

    "Dari jembatan beton Semanggi kutatap ibu kota
    banjir..banjir
    Oh..dimana-mana banjir"

    :c:

    ReplyDelete
  74. Sippp...Long live cebongipiet!!!

    Cheers, frizzy2008.

    ReplyDelete
  75. wes bong.. gak usah dikenang masa2 kamu tinggal di bawah jembatan.
    piz sist

    ReplyDelete
  76. Sebelumnya 2077 cebong dah punah, jadi ga bakal ada puisi buat taun 2077.

    Konotasine komen iki cek eleke seh.......

    ReplyDelete
  77. jangan jangan gak ada lagi jembatannya bong

    ReplyDelete
  78. taun 2077 kira-kira isi puisinya begini:

    ==
    100 tahun yang lalu kakekku menulis,
    Dari jembatan beton Semanggi kutatap ibu kota
    Lalulintas masakini mengalir di bawah seperti sungai raksasa
    tanpa udik tanpa muara

    Sitor Situmorang III, "Jabotabek", 2077
    ==

    ReplyDelete
  79. @mas bob:wkekekekkeke cerdas mas ini :f: ngakak aku
    @thevemo:heuehueeu sudah ambrug
    @alam:gpp, pokoke manusia juga ikut punah ben impas :f:
    @else:hayah..mbak yu ah mbukak aib :e:

    ReplyDelete
  80. :c: sama sungai raksasa yah, sama kapuas masih kalah gedhe yah ehm pantes aja jakarta sering kebanjiran, wong ada sungai raksasa dbawah jembatan semnaggi ckckck

    ReplyDelete
  81. aku ga ngerti arti dari postnya brooo

    apakah itu suara hati atau pengalaman yahhh????

    :)

    http://geryhutabarat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  82. wah banayak banget nih yg komen di sini..
    jadi sirik nih..
    hehe

    ReplyDelete
  83. bakal jadi sangat aneh ..
    mba ebong bikin puisi downg downg downg , gantiin sitor situmorang . buat yaharta tercintaaah ..
    :c:

    ReplyDelete
  84. halah pendek banget nih postingannya

    ReplyDelete
  85. Terimakasih artikelnya sangat membantu bagi semua pembaca, semoga bermanfaat
    Salam Action

    Stop Dreaming Start Action
    Stop Dreaming Start Action

    ReplyDelete
  86. wah, puisi ya...
    salam kenal dari Blogger Cilacap

    ReplyDelete
  87. The fashion ed hardy shoes for girls skinny leg denim jeans is massive! There are sever ed hardy shoes al reasons for this following. Firstly, these ed hardy shoes figure squeezing jeans are well-liked by teen superstars and girls often like to emulate their most loved star. They are also very easy to wear – jeans complement everything in your wardrobe and can be dressed up or dressed down
    based on the situation. Additionally, young women and teen girls prefer ed hardy clothing to have on something their own mothers can’t, and skinny ed hardy outlet leg jeans fit this description.

    ReplyDelete
  88. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    ReplyDelete