Perubahan Jam Masuk Sekolah

Wednesday, January 14, 2009

Sejak awal 2009 di Yaharta diterapkan perubahan jam masuk sekolah, dari dulunya jam 06.45 ada juga yang jam 07.00 sekarang jadi jam 06.30. Tentu saja ini biar mengurangi kemacetan yang memang karena kapasitas jalan udah ga bisa lagi menampung jumlah kendaraan dari sono sini yang seabreg. Catet loh yah...cuman mengurangi karena tentu saja amat sangat susah sekali bwanget kalo menghilangkan kemacetan di Yaharta yang ruwet bin mbulet enih. Ini mungkin memang solusi jangka pendek. Lah jangka panjang? Doh pasti ruwet kalau harus nambah jalan. Mo dilebarin kemana lagi kalo kanan kiri rumah dan toko. Lah trus gimana hasil kebijakan tersebut?


Beberapa orang tua pasti ada yang ngomel, musti bangun pagi lah, anak anak nya pada bilang, hadoh ga sempet sarapan, bahkan xixixi kata ehem ehem..menteri gitu deh, masuk pagi menjadikan anak bodoh karena mengurangi jam tidur. Whatz...? Aneh deh sumpah. Heuheueheu. Mengenai bangun pagi, kenapa? Pasti kan alesannnya karena malas. Mengenai sarapan? Bukannya bisa dibungkusin, buat bekal. Mengenai jam tidur berkurang, lah kan tergantung tidurnya mulai jam berapa. Lagian yang namanya belajar pagi ituh lebih gampang diserap, kalo siang pan udah siyat siyut ngantukan (pengalaman pribadi hehehe).

Sebenernya tujuannya emang baik. Tapi lagi lagi terbentur sama yang namanya kebiasaan dan mental males kita hehehe. Lah trus gimana? Udah ngefek belum. Di beberapa titik yang biasanya berjubel para pengantar yang semrawut, di bis yang biasanya sampe kruntelan, sedikit berkurang karena arus massa tidak lagi terkonsentrasi di jam jam itu saja. Seperti yang saya bilang tadi, ini tujuannya mengurangi. Kalau mau nggak macet ya jangan ada kendaraan sama sekali. Ngesot bersama.

Yang namanya perubahan tentunya butuh waktu, tak iye? Dan kali ini lagi lagi mental berperan. Ngomel ngomel macet, tapi diatur nggak mau hehehe...
Kalaupun nanti saya musti berangkat lebih pagi ya monggo, toh buat kebaikan bersama bukan. Monggo kito sareng sareng ndandani mental males kito sedoyo.

You Might Also Like

72 comments

  1. PERTAMAX....

    YANG BIASA SHOLAT SUBUH , GA MASALAH BONG....

    ReplyDelete
  2. yah namanya juga bangsa Indonesia... ikut aja ah...

    ReplyDelete
  3. weeeks... kirain pertama.. tahu-tahunya keduaaax...

    ReplyDelete
  4. biar hat trik namabah satu komeng lagi aaah... ijo royo-royo yo yo yo yo *gubrak.. calan di tempeleng ama yang puyna .. kabooor ah...

    ReplyDelete
  5. @sang penyamun:haahuahauahua setujuuu...kabur dulu ini yaharta udah subuh xixiixix
    @mochal:wkekekekek jam segini belom tidur apa baru bangun...

    ReplyDelete
  6. Ah, saya dulu SMP dan SMA sudah biasa masuk jam ke 0 tuh, jam 06.30.
    Setelah kuliah, saya bebas bangun siang, haha

    ReplyDelete
  7. @mas dony:jah..kekekeke wes mechungul mas nya....ngalah ngalahi ayam

    ReplyDelete
  8. Betul, perubahan itu butuh waktu, sebab waktu terus berjalan,
    yang jelas bagaimana kita mengimbangi perubahan tersebut.

    ReplyDelete
  9. Halah, cuman selisih setengah jam aja kok....... Gitu aja ngedumel2......

    Huehuehuehu........ hm, tumben nulis hal seperti ini mbak ebong........ Huehuheuheu........

    ReplyDelete
  10. Untung ga tinggal di jakarta,...
    wee,..mana makan makannya...

    ReplyDelete
  11. kasihan ya merubah kebiasaan itu sulit lho...

    ReplyDelete
  12. saya kurang setuju. ini kebijakan yg cari solusi singkat aja dan bukan solusi jangka panjang.

    ReplyDelete
  13. roman2nya siy.. jam kerja juga mo di ubah..
    jadi lebi siang..

    katanya biar ga tabrakan ama jam pulang banci taman lawang ..

    Ahiahiahaha

    ReplyDelete
  14. @fuda:hyakakakkak banci nya komen nih
    @edy:trus..kalo ga setuju apa dung solusi jangka panjangnya?
    @det:ndableg hayhayahya
    @indung:weeee podho banjire ahahahah
    @alam:posting iseng kekekeke
    @digital baca:yupp...

    ReplyDelete
  15. untungnya cuma berlaku di Jakarta ya :D

    ReplyDelete
  16. kalo gitu aku harus bangun lbh pagi untuk njemput kamu eh salah untuk blogwalking ketempatmu bong ...

    ( komenku blas ra nyambung karo postingane )

    ReplyDelete
  17. namanya juga usaha. nt kalo sistem transportasi masalnya dah jadi, pasti kemacetan akan berkurang drastis

    ReplyDelete
  18. perasaan masuk jam seitu gak berat berat amat lo bong..
    tapi banyak banget yang ngeluh..
    dulu skul ku aja masuk normal juga jam 06.45, pulang jam normal jam 14.00..
    kalo les pagi masuk jam 05.30 pulang jam 16.00..
    tapi ya nyantai nyantai aja..
    abis subuhan yo ojo turu maneh, beres to..
    kan bukan kita aja yang merasakan itu, toh juga banyak temennya tak iye..
    lagian masuk pagi itu juga demi kebaikan kita bersama (jare demi mengurangi kemacetan tak iye..)
    Wuakakakkkk..

    ReplyDelete
  19. Selalu ada hambatan untuk perubahan

    ReplyDelete
  20. ckckck untung dah gak sekolah maning, untung gak tinggal di jkt, untung semarang gak macet2 amat, untung gak musti punya kewajiban bangun pagiii *hbs subuh merem lagi*, untung kerjaku masuk siyang ngahaha untung bisa nyampe tempat cebong dgn selamat *gak nyambung kali yak* :p

    ReplyDelete
  21. oh jam 6.30 to. DI sekolahku dulu malah jam 06.15 gak ada masalah.

    ReplyDelete
  22. aku disini ga merasa dampaknya bong soal ga diubah disini :D

    ReplyDelete
  23. Bagu itu...jadi bangunnya lebih pagi...bukankah bangun bagi bagus untuk kesehatan

    ReplyDelete
  24. setuju mbak.., memperbaiki keadaan mulai dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  25. @bagus pras:yuppie mas, aku nggandol metromini sejam heueheue
    @baka kelana:hennah maka dari itu
    @tony:wekkekke rasain ntar yah
    @phery:lah iyah tapi banyak yg rewel
    @wendy:wkekekeke untung sampe di empang ini mbakyu..semarang po ra banjir
    @bang erwin:iyah smg bukan kita yg jd hambatannya

    ReplyDelete
  26. Ya.. ya.. ya..
    Dimulai dari diri sendiri aja..

    ReplyDelete
  27. selamet selamet..kuliah gak mesti bangun pagi..lha wong ke kampus juga jalan kaki, mau kena macet dimana?

    ReplyDelete
  28. salah satu cara lain untuk mengurangi macet di jakarta adalah memulangkan cebong ke empang aslinya. jakarta jadi makin padet.mule bong nggarai macet jakarta ae.

    ReplyDelete
  29. assalamu'alaikum , come to spread peace and gain support saving palestine

    ReplyDelete
  30. Cara bicaramu koyo sing nggawe kebijakan wae Bong...
    Nak aq se wis terbiasa tangi Subuh, habis Sholat tidur lagi, bngun jam lapan. Jadi ya gak sempet menikmati kemacetan itu.
    Bojonegoro kapan nyusul yo?

    ReplyDelete
  31. Kebijakan itu adalah kebijakan tambal-sulam, tidak menyentuh akar persoalan kemacetan yang terjadi di Jakarta. Boleh saja, tidak dilarang. Tapi, Jakarta memerlukan kebijakan revolusioner yang dapat memecahkan sumber masalah sebenarnya. Pelebaran jalan, tentu bukan langkah terbaik. Karena, cepat atau lambat, jumlah kendaraan yang ada juga pasti akan bertambah. Nah, salah satu solusinya adalah mengatur dan mengurangi jumlah kendaraan pribadi. Konsekuensinya adalah pemerintah harus menambah fasilitas untuk kendaraan umum atau transportasi publik. Proyek busway, cukup bagus. Sayangnya, pemerintah juga tidak terlalu serius dengannya.

    ReplyDelete
  32. emang kebijakan yang aneh.....
    untung ga cekolah lagi..hihihi...

    harusnya mah pajak kendaraan pribadi dinaikin biar orang males punya kendaraan...tapi juga harus dibarengin sama fasilitas transportasi publik yang mendukung kayak bis ato monorail..
    huuuhh..tapi kapan bakal terwujud yaa???

    ReplyDelete
  33. hehehe namanya juga perjuangan ya bong.

    ReplyDelete
  34. Setuju mbak ceb, aturan justru dibuat untuk memudahkan kita ... dilaksanakan dengan baik, pasti Jakarta akan lebih nyaman.

    ReplyDelete
  35. @deden:iyoh mas, misalkan mengurangi satu orang saja yg ngeluh dijalanan...hehehe lama lama lhak enak ya...bah macet tapi saling ndrenges xixixi
    @ipanks:iyoh panks...
    @retrira:heueheuhe...jadi benang kusut mbak ... liaten ntar lhak pada prutes
    @ullyanov:dan masih akan berlanjut lagi, pembatasan kendaraan satu orang satu, tapi beranak pinak, :c:, kalo soal tramportasi umum tak dukung banget. Hanya saja, seperti halnya spread sentra pemerintahan dan industri mungkin saja pengaturan jam kerja sedikit membantu dalam jangka pendek.
    @rio:nek aku sing nggawe mesti aku nggawe alibi sing masuk akal juga hyahayahayhay ketimbang alibi menjadi bodoh :f:
    @mel:waalaikum salam
    @eros:beegh aku loh liwat got, ra urusan mbek jalan raya
    @lookj:kekekeke yoh ntar kalo uda kerja
    @wendra:ya ya ya emg butuh dukungan banyak pihak g cuman saling menyalahkan

    ReplyDelete
  36. pancen masalah itu nggak pernah akan selesai ketika orang yang rumahnya bogor kerja di tanjung priok, rumahnya tanjung priok kerjanya di pasar minggu.... meskipun anak sekolah masuk jam 4 pagi tetep aja nggak nyelesain masalah, dasar yang mikirin ini... nggak bisa konsentrasi dan cuma seneng piknik... halah

    ReplyDelete
  37. hehe...jam segitu, disini belum juga adzan subuh....
    ya sebenernya sih bagus sih, tapi penyiksaan gak seh? apa iya lantas kondisi jkt jadi less macet? kyknya...macet udah jadi bagian kehidupan kita2 org jkt deh...kl berkurang ga seru donk...! :h:

    ReplyDelete
  38. @suryaden:kekekekke yg bilang masalah bisa selese siapa tho mas? mengurangi....seenggaknya deket rumahku kekekekekekke :f:
    @sils frebian:less jg kok...pastinya nggak bisa total..efek lain, ponakanku jadi lebih rajin g lelet lagi :f:

    ReplyDelete
  39. wah, saya jamnya males terus bonggggg :c:

    jamnya 12 malem mulu :f:

    ReplyDelete
  40. bong opone ki sing culun, prasaan blog'e ndak culun. yang punya blog yang culun xixixixi

    ReplyDelete
  41. @culun:hyahayahayhay mosok se...
    @om nara:kekekek ituh mah dijamin anti maced om

    ReplyDelete
  42. He..he..he..
    Ngak kebayang kalau ngesot bersama, iya kalau montok. Kalau tepos gimana?

    ReplyDelete
  43. untung gua udah tamat sekolah, jadi gak perlu bangun jam 4 (hehehe gua shalat subuhnya jam setengah 6 sih) :d:

    ReplyDelete
  44. @cipu:ixixixix lucu id nya ter cipu cipu malu :k:
    @sofwan:heyheyheyehey ganti spare part dums

    ReplyDelete
  45. bagus tuh..
    untung ajja dah kuliah jadi gag harus bangun pagi2 deh..eh tetep harus bangun pagi dinx..kan sholat subuh..hehe

    ReplyDelete
  46. wah - wah udah punya domain sekarang si cebong nehhhhh...cebongipiet[dot]com opo cebongaddicter[dot]nyemplung....:f:

    ratunya templit moso dibuatin templit...wekekek

    saya ndak bisa bong, wong cuma nambel2in juga :c:

    ReplyDelete
  47. kenapa anak sekolah yang menjadi pelampiasan dalam mengatasi kemacetan!!!

    saya kurang setuju dengan program ini

    ReplyDelete
  48. @budi:hayahyahay jadi inget pendapatnya kak seto, xixiixix , tenang pak, ntar semua jg kebagian diatur jam kerjanya, kenapa anak sekolah lebih pagi, lah iyah, masak orang tuanya yg lebih pagi, yg ngurusin anaknya ntar siapa
    @om nara:beloooon, masih ngumpulin recehan hikz

    ReplyDelete
  49. he..he.. istriku juga sekarang berangkat ke sekolahnya pagi2 bener he..he.. tapi emang mendingan sih, jalanan jadi g terlalu macet.

    ReplyDelete
  50. wah jam masuknya sudah berubah yah, sama dong aku juga nih setelah ikutan blogger jadi masuk kantor jam 8 yang harusnya jam 7..hehehehe

    ReplyDelete
  51. untuk kebaikan yah siip lah,khan buat kepentingan bersama...

    ReplyDelete
  52. @grubik:pancen sek urip :e:
    @sandy:hoOh
    @harry:hayah malah telad
    @mas seno:iyah mas saya juga

    ReplyDelete
  53. kirain pertamax....nggak taunya nomer 46...hiks....

    ReplyDelete
  54. Yaharta mah jaman sayah duluh di sanah ya sudah macet gituh. Klo yangka panjangnya nambah jalan yah gak mungkin lah. Yaharta tuh musti dipanjangin akalnya. Yah toh.. :c:

    ReplyDelete
  55. baru merhatiin..
    ni posting harih inih yah?
    so 57 komeng harih inih jugah?
    Hohalahh... ebong..ebong..
    blogmu kok yo rame banget to yo? :d:

    ReplyDelete
  56. @abbie:hayahayhayahay dikira pasar apah rame..jualan kecebong seplastik serebu biar rame
    @gus:hayah...anggep saja petromaxx mas, bonus

    ReplyDelete
  57. kalau mau tertib, yah harus mau diatur. tapi klo mau ngatur sendiri-sendiri, kapan bisa tertibnya ???

    tanya kenapa :c:

    ReplyDelete
  58. untung di semarang, jam kerjanya ndak diajuin., he, he.

    ReplyDelete
  59. wong cumak dikurangi molas menit sampek setengah jam wae lho kok akeh sing ngomel ya bong, aku setuju sama pemerintah kok bong.. pemerintah khan ulul amri minkum to.. *sok ngustadz moud on*

    sing aneh kui yo dokter sing ngomong ngurangi jam tidur marahi bodo kuwi, hohoho.... nek pancene kurang turu, yo turu jam songo bengi to yoo yoo...

    ReplyDelete
  60. Nantinya akan ada evaluasi dari pemerintah setelah 6 bulan..

    Oh iya, perasaan sejak SMP masukku uda jam segitu..

    ReplyDelete
  61. Ayo bareng-bareng mbak ndandani mental males kita... ayo... Coz males adalah musuh bebuyutan dan paling utama kita...

    ReplyDelete
  62. NO Problem deh.. kncinya, JANAGAN MALAS... iya ngga..??

    ReplyDelete
  63. Iya betul itu. Biasakan disiplin sejak dini.

    *Lirik cebong yg gag pernah disiplin*

    Semangadh...semangadh...

    nodai saya di http://arqu3fiq.blogspot.com/

    ReplyDelete
  64. Masi ngantukk...:a: btw lam kenal iiah mas,, ditunggu kedatangan'na di blog fandy,,:c:

    ReplyDelete
  65. harusnya masuknya jam 6 pagi
    biar lebih mengurangi macetnya

    ReplyDelete
  66. hum... kebanyakan komen iki bong.. hehehehe

    sek sek tah.. yaharta iku indonesah tah?? kok baru denger aku yoo..

    trus.. trus.. mending yo gak usah disekolahne.. hahahhaha

    ben gak macet.. tapi generasi peneruse dadi bodoh..

    pilh mana?? hidup adalah pilihan yang berkonsekuensi kan?? <-- (doh) gayamu crut bahasa e.. hehehehhe

    ReplyDelete
  67. kebijakan adalah sebuah pilihan..
    tuk saat ini mnrt dq salah kebijakan yg cukup baik..

    ReplyDelete