Menerobos Lampu Merah

Tuesday, December 02, 2008

Sudah menjadi pemandangan yang biasa kalau di Jakarta kendaraan sering menerobos lampu merah. Mungkin otak sudah terprogram "Ndak Nerobos Ndak Nge-Joss". Beberapa hari lalu saya membaca *maap lupa* entah di media elektronik mana kalau nantinya akan ditertibkan semua kendaraan di lampu merah. Secara halusnya tidak boleh melewati garis batas putih. Lah wong yang naek kendaraan aja paling udah lupa kalau ada garis batas. Secara kasarnya, pokoke dilarang nerobos.


Sepertinya dulu jaman saya SD itu yang namanya lampu nyala merah artinya HARUS berhenti, kuning hati hati, dan hijau jalan. Kenapa HARUS? Semua pasti sudah bisa mikir sendiri sendiri, kemungkinan apa saja yang bakal terjadi kalo nerobos lampu merah. Ditilang ya Bong? Halah itu mah cuman menyangkut duit, apa tidak terpikir peluang terjadi kecelakaan adalah 90% dibanding yang tidak nerobos (angka dari mana itu Bong?). Tapi sepertinya memang para pengendara sudah buta warna. Berasa hijau terus.

Melihat keadaan ini mungkin semua udah pesimis. Komentar komentar bernada sumbang, fals, tidak ada pitch control nya bersahutan.
"Halah biasa ituh mah. Namanya juga Indonesia"
"Lah mo gimana , buru buru di kejar waktu takut telat"
"Mo gimana lagi lah yang laen nerobos, kalo nggak gitu bisa bisa di damprat"

See...lingkaran setan yang tak berujung (berarti .... hehehehe)

Tapi tunggu...

Saya menemukan pemandangan lain. Saat saya pulang dari Surabaya menuju Bojonegoro, kali ini saya mengendarai motor (baca: mbonceng) dan melewati kota Gresik. Di dalam kota lalu lintas terbilang sepi tidak ramai. Dan ketika di perempatan, lampu merah, para pengendara motor ini dengan kesadarannya berhenti. Toh tidak ada polisi yang jaga, alasan yang umum dilontarkan oleh para penerobos. Tapi ini, benar benar menunggu sampai lampu hijau. Ck ck ck salut dah buat wong Gresik (contone?). Waaaa kalo aja saat itu udah nge-blog pasti tak jepret.

Seandainya di sini betebaran orang orang seperti itu...

You Might Also Like

74 comments

  1. PERTAMAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX

    ReplyDelete
  2. wekekekkeke.... jakarta oh jakarta. kota yg penuh dgn kesibukan dan selalu dikejar waktu. jgnkan nerobos lampu merah. naek motor pelan aja diklaksonin.wakakkakaka

    ReplyDelete
  3. Pusat pemerintahan di Jakarta, pusat industri pindah di Ujung Kulon, pusat perkantoran pindah ke Nusa Kambangan...bagi bagi sumpeknya

    ReplyDelete
  4. wah kirain petromax ternyata premium

    ReplyDelete
  5. di jakarta gitu ya mbak?
    polisi sudah angkat tangan kalee...
    wong satu di tilang yang lain nerobos maning...

    di jakarta sudah terlalu padat,
    jadi sudah susah ngurus nya.
    mau nya sih sadar lalu lintas...
    tapi keburu kejebak macet so buru2...
    maaf ya pak polisi... *aq nerobos dulu... brumm...*

    jadi gimana dunk...
    satu cara, naikkan pajak kendaraan pribadi, so jumlah kendaraan di jakarta bisa berkurang drastis. :h:

    ReplyDelete
  6. @seno:minyak tanah
    @aiwy:gmn kalo digembosi aja ban nya xixixiixixix :k:

    ReplyDelete
  7. emang carut marut lalu lintas jakarta. saya sih g pernah nrobos lampu merah kalo lagi ada polisi (lho...) enggak dink saya mah orangnya tertib dan taat sama peraturan, gitu aja pernah ditilang (baca: dimintain d**t) gara2 STNK ketinggalan dirumah.

    ReplyDelete
  8. @seno:diriku juga ndak pernah nerobos pak...diklaksonin sok budeg aja hahaha bodo amir sape die

    ReplyDelete
  9. wakakak abis nerobos lampu merah asik sih, apalagi kalo denger disemprit2 gitu.ya ga bong?

    ReplyDelete
  10. aku ndak penah nerobos mbak, kalo pas di lampu merah jalur rame tapi kalo lampu merahnya jalur sepi dan gak ada pak polici pati deh nggak keliayatan yang namanya lampu merah, hehehehehee

    ReplyDelete
  11. emang mbak cebong ini tinggal d mana sih? Di Sidoarjo banyak kok masihan orang seperti itu......

    Meski banyak juga yang suka nerobos..... huehuehue......

    ReplyDelete
  12. masalah terobos menerobos kayaknya koe nomer siji pit cebong sipit!

    ReplyDelete
  13. Aq selalu mlhatmu bwarna ijo sayangku.

    ReplyDelete
  14. untung aku nang ndeso bong, dadi ra kenal lampu bangjo

    ReplyDelete
  15. makin lama kok jadi cinta juga ama jakarta?

    ReplyDelete
  16. ora tau numpak montor... hueheuheueueh...

    ReplyDelete
  17. daerahku belum ada nih lampu merah jadi bebas ngacir :D

    ReplyDelete
  18. gimana ya....orang indonesia itu kan kalu kecelakaan juga nyalahin orang lain tapi gak ngeliat diri sendiri sih..jadi gak peduli mau merah, mau kuning mau ijo..semua keliatan ijo bong....:jj:

    ReplyDelete
  19. Itu menunjuukan masyarakatnya lebih disiplin dan taat peraturan Mbak. Perilaku d jalan sebenarnya bisa menggambarkan sedikit kepribadian orang tersebut. Ada yg sabar, ada yg suka ngedumel dll

    ReplyDelete
  20. weh Solo yo ngono lho... gak cuman Gresik... :cc:

    ReplyDelete
  21. kalo semua nya tertib kan qt2 juga yang aman

    ReplyDelete
  22. Wah mbak masalah kayak ginian memang repot mbak.... Hanya tergantung kesadaran pribadi masing-masing. Tapi kalo aku tergesa-gesa juga sering nrobos lampu merah juga mbak... weheheheheh.... :dd:

    ReplyDelete
  23. waaahhh.....menyenangkan sekali masih ada orang2 yang disiplin dan patuh sama peraturan lalu lintas...SALUT bangetttt!!!

    setuju....mudah-mudahan makin banyak orang2 seperti itu bertebaran di negeri kita :)

    ReplyDelete
  24. yoiii mbak bong,
    emang pada banteng semua kok mbak kuwi...
    sampe merah pun dikira ijo

    ReplyDelete
  25. di jakarta lampu kuning khan anrtinya taancaaap! gitu mbak.

    ReplyDelete
  26. iya bong. di tempatku. bahkan aku. kalo pas ndak ada yang jaga, yaudah srobot wae.
    cuman alasanku selak PANAS.
    andaikan dilampu merah dikasih atap yaa.. :D
    jadi nyaman orang yang berhenti disitu.

    ReplyDelete
  27. Saya termasuk pelanggar itu mba... :gg:

    ReplyDelete
  28. lah..gmn ga masyarakat ikutan ky gt, wong polisinya yag ks contoh. polisi jg nerobos lampu merah.

    ReplyDelete
  29. hohohoh...sy belok kiri jalan terus mba

    ReplyDelete
  30. sy jalan kaki aja kemana2. kl ga kuat, br naek angkot. he he h e..
    tp sring jg sih liat polisi lalu lintas nerobos lampu merah. kan mereka "penguasa lalu lintas"

    ReplyDelete
  31. entah kenapa.. mungkin kalo nerobos lampu merah, bakalan dibilang jago gitu ? (jago ngelanggar peraturan?!)

    ReplyDelete
  32. @casual:iyah saya jg naek kendaraan umum
    @jadul:ndak belok ke bawah kah? heheeheh nyungsep
    @inforesep:sudah tau buruk kan? g harus diikuti juga kan?
    @slikers:semoga tetep selamat sampe tujuan
    @jauhdimata:nggae payung mas
    @ernut:udah di cet jadi ijo semua
    @cerita senja:ora nduk tapi wes klilipen dollar wekekekekek
    @retrira:yup...bener
    @frenavit:akeh sing ra sadar, po maneh durung wayahe mlaku wes mlaku, kan kendaraan soko siseh liyo dadine umpel2an, dudulz pancene
    @perempuan:idealnya si
    @cak dh1ka:aku kangen solo je, dalane ombo, ora rame, ra akeh wong sarap sisan koyo ning kene
    @erik:bener mas, saking buru buru nya mungkin makanya otaknya ketinggalan di rumah
    @nafis:untung saya bukan org indonesia, aku wong bojonegoro
    @tony:sebegitu pedalamannya kah mas xixiixix
    @ongki:remuk motor e mbok tumpaki
    @suwung:aku ora
    @masmoemet:ngertimu bubur bangjo
    @mantan kyai:ngelindur
    @dtxc:ora tau jeeeeeeeeeeeee
    @alam:wekekekke sami mawon
    @oeoes:hayah enek tapi ne
    @ipanks:diriku ndak suka e

    ReplyDelete
  33. @quinie:biar menyandang predikat buta warna, juara F1 jalanan, hihihiihihih

    ReplyDelete
  34. untung aku ga punya sepeda motor di sby....

    ReplyDelete
  35. lebih baek lampu merah taruh di bawah,hijau di tengah,dan kuning di atas halah...ngawur

    ReplyDelete
  36. saya sih kalau pualng malam apalagi jelang dinihari...sering nrobos lampu merah..., maklum jakarta rawan..bu. Untuk sekrang ini sih dah lumayan karena para preman sudah di razia ...

    thanks pak polisi

    ReplyDelete
  37. hah seburuk itu kah jakarta yang di bangga-banggakan itu. perasaan pandaan yang kecil-mungil-nan-imut ndak parah2 amat soal lalin.

    ReplyDelete
  38. baru tau sekarang cebong bisa naek motor, yang sayah tau selama ini cebong tu renang, di leleran sawah lagi.

    ReplyDelete
  39. Halah tak kiro ngomongke masalah sing gayeng e, masalah pas lagi "dapet merah" trus nekat di "terobos"...huahahahaha...kan istilahe yo ngono...

    Utekku cen wes njaluk di papsmer kayake iki... btw soal terobos menerobos lampu merah, Solo juara no...ra kalap tenan..koyo wong do ra mambu sekolahan wae...lampu isih abang wes mlaku...giliran meh kesaut trek malah misuhi sopire...wangun to...solo....

    ReplyDelete
  40. keren y..gag nerobos..gag jos..

    nek uwong suroboyo yo opo mba..gag kenek tilang..gag sip..:h:

    ReplyDelete
  41. aku juga gitu lho....

    disiplin

    kecuali pas pulang larut malem, 3 lampu merah aku terobos..lha emang jalanannya lagi sepi

    ReplyDelete
  42. waktu kmi tinggal di yogya kayak gitu juga mbak, padahal dah tengah malem, gerimis..orang masih patuh sm "bangjo"! coba di t4ku sekarang...gas teruss!

    ReplyDelete
  43. Kalo sekarang lampu kunig menyala artinya: siap-siap melaju kencang.

    Lampu merah menyala : tarik gas, tambah kecepatan

    Itulah pergeseran makna.
    Tapi kita harus tetap disiplin dengan tanda2 lampu yang ada, agar tidak terjadi kecelakaan.

    ReplyDelete
  44. mangnya kapan terakhir kesana bong ?!?
    weekek.... ternyata pengendara motor kita pada buta warna semua :kk:

    ReplyDelete
  45. suer dehhh
    :aa:
    aku ga ikutan kok
    :ii:

    ReplyDelete
  46. om sebenarnya juga suka nabrak bangjoe (intilah jawa abang ijo) ya kalo udah kepepet mau gimana ya :k

    ReplyDelete
  47. bukan buta warna pit :D tapi tuh warna lampu dah pudar :D belumut lagi, blon lagi batas warna putihnya dah gak keliatan banyak lobangnya sih :D , tros pengendara gak liat pak polisinya soalnya sembunyi sembunyi :D makanya main terobos :)) kalo liat pak polisinya wahh semua pengendara jadi pengendara yang baik sopan dan disiplin lalu lintas :P.

    Kayak gak pernah nerobos ajah fit. Meskipun jalan kaki hahha

    ReplyDelete
  48. jakarta memang udah ngga da rasa peduli sesama lagi...

    ReplyDelete
  49. weleh, padahal klo dipikir jakarta ntu kan ibu kota yak... tapi masyarakatnya kok pada buta warna yak...

    tanya kenapa?

    kenapa tanya?

    jawab kenapa?

    kenapa jawab?

    soalnya kenapa?

    kenapa soalnya?

    pi :aa: pis

    ReplyDelete
  50. Kalau di Perancis, jika lampu hijau terlihat dari jauh sudah menyala, maka kita harus menurunkan kecepatan masuk ke gigi 2, supaya jika sampai di lampu trafik itu lampu hijau berubah jadi kuning jadi kita bisa langsung berhenti.

    Wah, di sini kita tak bisa nerobos lampu merah. Mahal dendanya: 6 point dicabut dan denda paling tidak 300€.

    Kalau kita tidak punya point lagi (maksi 12 point bagi pemgemudi >3th dan 6 point bagi pemula), kita tidak bisa mengemudi lagi. Mengemudi tanpa SIM bisa langsung masuk penjara karena membahayakan sekali.

    ReplyDelete
  51. Saya juga pernah ngelanggar lampu merah ... :D
    tapi sejak ngeliat orang tabrakan di lampu merah saya ga' mau nerabas lagi...

    ReplyDelete
  52. nggaK takut pak polisi mba bong??

    ReplyDelete
  53. Walah...itu berarti..Laen Ladang Laen Belalang mbak
    Ups..Nyambung gak sih?
    hehehe.....

    ReplyDelete
  54. Kupacu sepeda motorku Jarum jam tak mau menunggu maklum rindu....
    Traffic light aku lewati Lampu merah tak peduli jalan terus (asik)...
    Didepan (dimuka) ada polantas Wajahnya begitu buas Tangkap aku ... :jj:

    Jadi ingat waktu di lampu merah pasar rebo-jaktim, aku di tilang disana mbak.. habis pulang kuliah.... sampe sekarang sim ku gak aku urus (gak aku ambil)...

    sekarang malahan naik motor keliling kota gak pake SIM... *gubrak.....

    mau bikin SIM C lagi?... berapa ya sekarang kira-kira.. heheheh :v:

    ReplyDelete
  55. gaya hidup org indo yg semaunya sendiri udh mendarah danging....sulit tuk di ubah...nasib-nasib

    ReplyDelete
  56. Welcome to the capital city of indonesia, the jakarta, non! :)

    ReplyDelete
  57. saia punya cerita ttg nerobos lampu merah.
    "Suatu ketika ada seorang bpk yg nerobos lampu merah, lalu temannya yang kebetulan jd polisi dan sedang jaga, menilangnya. Si penerobos minta damai saja dgn memberi sejumlah uang. Tpi polisinya tidak mau. Akhirnya si penerobos marah2 (orang dia yg salah kok marah2). Lalu, polisi mengalah, dan saat berlalu, dia memberikan sebuah catatan. Bagi saia, uang tidak ada apa2nya ketimbang kehilangan anak saia yang tewas saat menyeberang jalan karena tertabrak penerobos lampu merah"
    Mengharukan bukan teh Ipiet?

    ReplyDelete
  58. @namada:kalo sja semua masih menggunakan logika ya non, bukan menuruti ego nya, hikz
    @galihsatria:better stay at Wife of Indonesaia "Bojonegoro" hihihiih
    @anita mui:pertahankan yg masih punya akal waras
    @adam:gubrak, saya naek motor kalo di rumah saja,d sni bisa2 disenggol metromini
    @humorbendol:ga ada salahnya mengikuti ladang yg baik dan subur
    @ikhsan:hubungannya apa?
    @mas koko:syukur mas ud dpt pelajaran hihihihi
    @juliach:keamanan dan ketertiban emg butuh dukungan bny pihak
    @yoyo:oy ngapain nanya nanya
    @ifoell:hikz diriku disni
    @medanblogger:emang ga pernah nerobos kok, mikir 10kali kl mo nerobos, bukan perkara takut ama polisi tpi lebih ke keselamatan, ga mau lagi nambah yg mati sia sia di jalanan
    @oom:hayah dipepet apa tho om? kl di cepu masih sepi tho
    @manztea:goodboy
    @afwan:trakir kali lewat gresik, lebaran
    @zulfahri:wehehehhe pelajaran baru
    @nyante aja:iyah emg lingkungan bisa mempengaruhi
    @monyetgaul:iyah ya kl mlm g ada lgi org lewat masih gpp kan, tpi sekarang nyerobotnya di jam jam sibuk
    @duduuut:slogan anyar dut
    @gajah:opone jah
    @tukang nggunem:senenganmu kaaaaang
    @eros:wee ngece yo jelas iso nuh
    @bagus:waaaa kl mlm jg ndak berani saya berenti mas, yg disayangkan disini kan hampir di jam jam sibuk
    @ayub:gmn klo di cet pink smw
    @aping:numpak angkot ae, kl nyerobot yg salah kan tukang angkot e hihihiih

    ReplyDelete
  59. saya pengguna jalan yang baik
    he3x..
    udah kapok ngelanggar
    males ikut sidang yang berbelit - belit dan menyita waktu

    ReplyDelete
  60. saya uda pernah sekali duank ketilang,ya gitu deh alesannya kata pak polisinya sii nerobos lampu merah,padahal yg dibelakang saya aja masi ada mobiol,gitu itu yah gak ditilang.

    sial de..

    ReplyDelete
  61. @sandy:wehehehhe nasib dirimu
    @annos:saya juga, terutama karena bayangin kecelakaan, cukup dah sekali nyebur kali, sekali nabrak

    ReplyDelete
  62. bong, iso gak kowe membubuhkan nomer urut di setiap komen yang masuk??

    hahah... aku wis isoo, deloken dewe blogku... wingi gak kenek saiki kenek, metu urutan nomer komentare...

    mmm... nek aku marahi pengendara sepeda ontel bong, dadi melanggarpun yo gak diapak-apakne karo pak polisi...

    ReplyDelete
  63. @ndop:iso...wes enek wi tutoriale...cuman males masang, biyen enek poto authore, tak cepot e kabeh hehehehehe

    ReplyDelete
  64. itulah Indonesia. brhenti pas lampu merah hanya saat ada polisi, saat tengah malem tancap gas. eits, brgx klo memang jalanya sepi, seharusnya traffic lightna bisa disetting jam 11 malem ke atas lampu yg nyala cm kuning kelap-kelip, tanda perhatian+waspada.
    gak ada yg sulit, toh srkg pengaturan traffic light lewat kontrol elektronik, tinggal bagaimna settingya o/ petugas ybs. trims.

    ReplyDelete
  65. @ardiansatovic:great idea, dan terlebih lagi ini memang masalah mental, lah yg itu nyerobot knp saya engga,ini yg lbh susah :k:

    ReplyDelete
  66. Lah bong, kapan dirimu ke gresik....

    Aku juga di gresik...

    Emang dirimu gak merasakan auraku saat di gresik... :c:


    Wekzz... baidewei.. di surabaya ketemu ama............. ehem... :c:

    Duh senengnya...... :f: :f: :f:

    ReplyDelete
  67. ah,, trauma, kalo saya berenti di lampu merah langsung kena klakson..aneh

    ReplyDelete