Pancasila Sila ke 6

Tuesday, November 18, 2008

Cerita ini sudah bertaon taon yang lalu, ya pas jaman saya masih muda, kinclong, bening, cerah cemerlang, ndak keriput seperti sekarang. Pas saya SMA, saya jadi kakak pembina Pramuka di SD saya yang dulu. Ehemm..ekting nggaya. Tapi itu hanya pas menjelang liburan gitu de, perkemahan Jum'at Sabtu Minggu yang disingkat Perjusami, yeah.


Jadi Perjusami itu pasti dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala apa ketua ya? Ketua keknya. Ketua Kwartir Ranting dan Cabang (ga pake daun kaya po'on aja). Dan disitu ada sesi pengucapan Pancasila dan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Ditunjuklah dua orang anak untuk mengemban tugas berat ini. Kan musti di hapal tuh Pembukaan Undang Undang Dasar nya.

Dan tibalah saatnya pengucapan Pancasila. Dengan lantang anak itu mengucapkan:

Satu, Pancasila
Dua, Ketuhanan Yang Maha Esa
Tiga, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Empat, Persatuan Indonesia
Lima, Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Hennah sampe di sini terlihat muka si anak didik saya itu yang ndrenges antara bingung, malu, kok bisa udah Lima. Dengan lirih diteruskan saja

Enam, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Yeah, baguuus. Siapa dulu dong kakak pembinanya (sambil berusaha menyetrika, melipat, dan menyembunyikan muka)

Ndak papa kok Dik, mo kamu tambahi jadi berapapun asal masih sila bukan asusila (jare ne Anang)

You Might Also Like

75 comments

  1. ehem ehem pertamax lagix :aa:

    ReplyDelete
  2. bhuwakkkakakakakakaka... aseli ngakak oy ntebongnya...

    sama persis kejadiannya waktu oy di menado, waktu itu ada upacara di salah satu dusun disana, gak tau waktu pembacaan pancasila bapak x (bukan nama sebenarnya), dengan nada yang lantang kemudian membacakan pancasila.

    tapi yg bikin binun plus lucu, kok pancasilana diitung juga, jadinya keseluruhannya pancasila ada 6 ayat bukannya 5.

    demi menjaga nama baik si bapak, peserta upacara hanya tertawa di dalam hati... xixixixi :aa:

    ReplyDelete
  3. Keduaxxx, gara2 inet lemot keduluan yoyo nih.

    ReplyDelete
  4. Jd inget pas ospek dulu. disuruh ngapalin pancasila tp ga apal2.ahahahha.
    Gimana mo apal, br ngucap 1 kata udah dibentak. wekekeke

    ReplyDelete
  5. Hhhhhmmm Siapa dulu donk pembimbingnya.....

    Kwkwwkwkkww..........:kk:

    "menyetrika, melipat, dan menyembunyikan muka"

    kok gak sekalian dimasukin lemari...:dd:

    ReplyDelete
  6. parah parah. bukan pancasila lg tapi saptasila. eh enam itu sapta ya?

    ReplyDelete
  7. wekekek..:aa:

    rajin link - linkan postingan...xixixi

    hrs ada sila keenam tuh...

    apa yahhh...??

    sory bong ga nyambung..lg mau edit templit...xixixi :aa:

    ReplyDelete
  8. Ga bisa ga ketawa baca postingan ini.... huehuehue.....

    sekarang juga belum keriput kok mbak..... tua sih IYA, tapi keriput belum..... :kk:

    ReplyDelete
  9. hebat. tak laporno eyang karno lho

    ReplyDelete
  10. Salam pramuka kak cebong..:o:

    boleh daftar jadi anak didiknya mbk cebong gk??..xixiii

    ReplyDelete
  11. hehehe.. sekarang si adek udah sebrapa ya bong? dia masih inget ga' peristiwa itu? :v:

    ReplyDelete
  12. lebih banyak lebih baik yah kaka ? :j:
    kalo bisa buat perkemahan selanjutnya pancasilanya diringkas ajah mbak, jadi satu atau dua sila sajah biar efektif & efisien :p:

    ReplyDelete
  13. he he he, berarti yang baca pancasila itu punya inisiatif ... dia gak berhenti karena belum selesai ... :u:

    ReplyDelete
  14. Bung Karno bisa terbangun tuh denger Pancasila jadi Enamsila

    ReplyDelete
  15. wooooogh ngegerogotin pancasila piye carane toh hihihihihi.... tapi bisa jadi alternatif buat menyikapi dasar-dasar negara itu selain cuma diplototin, diger0ogotin hehehe...

    ReplyDelete
  16. Wehehehehehe... Kox bisa sampai segitunya ya mbak.... Wes-wes paling pas itu ada aku pasti aku ngakak puol sampe ra iso mandeg.... wehehehehehehe

    ReplyDelete
  17. Wakakakakakakakakaa ..... Bukan Pancasila Lagi ituh .. Tapi dah Bertransformasi jadi Sadsila ... Padahal Dulu Mbah Karno aja malah Meres Meres Sila Sila Itu jadi Tiga dan satu, eh malah si Kecil Didikan Mbak Bong Nambah nambahin .. Wakakakakakakkaka .. Salut Sama Guru dan Murid ini ...

    ReplyDelete
  18. klo gitu saya pilih sila ke-6, keadilan sosial... :)

    ReplyDelete
  19. ahahahha...

    bingung arep komeng opo? lawong komeng wis lucu e..

    hahaha...

    *aku biyen yo tau ngono ketoke bong.. jangan-jangan, kamu adalah pembinaku waktu itu???*

    waaa... cebong ternyata lebih tuwa dari akuuuuh!!!

    *kabur ke pancasila lalu mampir ke uud*

    ReplyDelete
  20. wakakakkaka...
    jadi 6 sila..
    kerennnn

    ReplyDelete
  21. Huahahahahahhahahaha..
    bener-bener bikin ngakak ceritanya..

    *eh.. emoticon ngakak yang sebelah mana ya?*

    ReplyDelete
  22. sek sek tak ketawa dulu ya
    wakakakak
    gokil abis de, sapa dulu kakak pembinanya?

    ReplyDelete
  23. sapa dulu kakak pembinanyah..
    dalam keadaan kaya gituh masi bangga mba'..:k:

    untung gag mpe berpuluh puluh..ntar ngalah2in uud ajah tuh..

    ReplyDelete
  24. cerita yg sangat menarik sekaligus merupakan refleksi dr realita yg ada. Ternyata Nasionalisme kita dah sejak dulu mulai luntur ya...kwkwk, dq cb nambahin jg niy pada saat pembacaan pembukaan UUD 45...tkadang sang mc-nya mengucapkan : pembacaan UUD 45....tanpa ada kata "pembukaan". Suatu realita!

    ReplyDelete
  25. huahahaha....
    *guling-gulingan di lantai....

    ReplyDelete
  26. he..he.. Nah saya saya baru tahu Pancasila ada 6, bukannya 7? :D Salam hangat mbak Cebong..

    ReplyDelete
  27. Mbak Bong .. MaturSuwun Sing UUUaaakeh ... Templatemu Kanggo Kebo Tak Obrak abrik Tak Gawe Blog Kanggo Nyimpen Poto potoku ... Hehehehe ... Matursuwun Mbak Bong ....

    ReplyDelete
  28. Terimakasih Mbak Bong ....... Terimakasih .....

    Terimakasih untuk Templatenya, Maap Saya Obrak Abrik ....Jadi ini : galeripotone masDan .. Makasih Mbak Bong ...

    ReplyDelete
  29. diulang. emoticonnya gak nyala :f: :g: :ii:

    ReplyDelete
  30. kreatif banget tuh si anak!
    wkeekekke!

    ReplyDelete
  31. wahaaaa...haa....ha....mulanya sih q ga' nyadar kalo ada yg salah

    hbz dibaca enak-2 aja,setelah diteliti trnyata sila pertama adlh nama "Pancsila"

    ReplyDelete
  32. la wong siji ne nyanthol ndek nduwor

    ReplyDelete
  33. hukakakakaka....
    (ketawa ngakak, jd lupa mau ks komen apaan)
    :w:

    ReplyDelete
  34. kekekekek.... sempet terhenyak sebentar...oh iya ada salah di awal ternyata ya ;D

    ReplyDelete
  35. ada ada aja bong..masa sila 1 pancasila

    ReplyDelete
  36. waaaaa mbalesi komennya akan berasa posting, maap 4 hari ini g bisa ol siang hikz
    @yoyo:iyah ambil dah
    @yoyo lagi:weickz..beneran? xixixixixi
    @herro:emang dasarnya bandel
    @qittun:iyah masuk lemari dikunci rapet
    @anang:sapta iku pitu, sad iku nem
    @blogger addicter:mana g ada perubahan templatenya
    @masmut:hayoh ndak iso mingkem lagi loh
    @syamsul:ga cantik tapi menarik lebih lama
    @mantan kyai:gek ndang nyusul
    @anita mui:salam manis selalu
    @gatelgaruk:iyah aja ada tuh
    @inos:waaah skrg mukanya ud g ngenalin, lama ndak pulang
    @echi:iyah dalam hati saja biar aman
    @adinata:xixiix kesimpulan yang positif
    @suwung:semuga ndak ndatengi saya
    @panda:hikz kek rayap aja
    @frenavit:nurun pembina ne
    @masdan:cucian kale di peres
    @belly:saya mo bikin yang ke tuju
    @ndop:hayah iling uban mu
    @easy:banged
    @bob:lah itu tinggal milih
    @eros:saya dong
    @duduuut:wekekek al dowerun
    @nyante:saya dulu kebagian UUD nya, lancar
    @sumaimalas:jgn lupa di pel, jgn malas
    @kajiankomunikasi:loh ya nambah
    @trendy:saya yg ngajar *bangga*
    @ayub:makanya dibaca dg seksama
    @fanz:sila kan
    @masciput:nggih monggo silahkan mas
    @maskoko:hayah terhenyak mas nya xiixixix

    ReplyDelete
  37. Hahahaha....Guru itu khan digugu lan ditiru, anak didik bisa kayak gitu ya gara-gara niru gurunya tuh....:kk: peace...:aa:

    ReplyDelete
  38. ha..ha..ha..(ketawa sampe kepingkal2)

    ReplyDelete
  39. pancasila aja gak hapal...paraaaahhhh....
    wakakakak....

    ReplyDelete
  40. hwahaha., tuh anaknya tregolong kreatif, bisa langsung cepet mikirnya ?

    ReplyDelete
  41. hihihihihihi..
    ngga sadar ya..?? mpe
    Pancasilanya udah di ucapkan "SATU"..

    wwkwkwkwkwkwkwkk
    xixixixixixixixixii...
    ucul2 deh..

    ReplyDelete
  42. tambah siji meneh dadi sila on sepen kak pembina..?

    ReplyDelete
  43. @ikhsan:bonus
    @orangndut:bukan saya loh ya
    @seno:wew eling mas
    @junjung:kronis
    @hendra:ky siapa ya?
    @ifoell:xixiix belom kenyang makan pancasila
    @grubik:wekekekkekeke cerdas mas ini

    ReplyDelete
  44. bhuahahaha...
    lucu banged!!

    btw, mukanya ud rapi belom, bong?

    ReplyDelete
  45. wakakakakakakak kogil abisssssss

    ReplyDelete
  46. kalo gitu sila ketuju pasti anak-anaknya dah pada diem.


    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz........

    ReplyDelete
  47. ga jelas siapa yang salah kalau gitu ... hehehe

    ReplyDelete
  48. @dikma:bonus
    @caroline:sudah di semprot Trika
    @eros:yg ke 7 sila on 7
    @naruto:wew kebalik, logik
    @88th:merem dung
    @meity:yg jelas bukan saya

    ReplyDelete
  49. hehehe... entar kusebarin didunia nyata ah ceritanya

    ReplyDelete
  50. xixixixi...... ampe sakit neh peyut

    ReplyDelete
  51. makanya klo jadi pembina pramuka ikutan dulu kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar,hehehe. salam kenal.

    ReplyDelete
  52. sebagai warga negara yang baik, saya dengan senang hati mengamalkan pancasila terutama sila[ngkangan]

    ReplyDelete
  53. walah...telat neh ngakaknya...
    huehehe :hh:
    muntab j degh...

    ReplyDelete
  54. iya emang harus ada sila ke 6 biar kumplit :ii:

    ReplyDelete
  55. @albri:wehehheh kek virus aja
    @kyai slamet:ndrenges njaya
    @dhie:minum combantrin
    @ardian:ya beginilah, nasib gurem xixiix
    @firman:brp bulan?
    @tridabizz:biar afdhol

    ReplyDelete
  56. Kejadian lucu tapi juga berilmu.
    Yang begini2 yang bikin awet muda...
    Salam kenal & sukses selalu.

    ReplyDelete
  57. @marsudiyanto:hehehhe sipz, makanya saya awet muda brasa ABG 17 taun

    ReplyDelete
  58. Bong.... biar agak panjang silanya jadi 7 aja yack.

    ReplyDelete
  59. salah masa angka satu_nya di masukin ke pancasila,,,

    ReplyDelete