Masa Kecil

Tuesday, November 25, 2008

Ada rasa kangen suasana desa saya yang dulu. Setiap malam anak anak kecil teman sepermainan saya selalu berkumpul, main bareng. Permainan permainan tradisional semacem gobak sodor, bentengan, petak umpet, yang memang dimaenkan secara berkelompok.


Saya masih inget serunya berlarian main bentengan dan nyari tempat ngumpet sampe manjat pohon. Bergulat dengan lumpur di sawah, nyari ikan di kali. Masih suka maen cublek cublek suwung (eh suweng kalo suwung kan Cover Boy majalah sobek). Dengan permainan sederhana itu tapi anak anak diajarkan sosialisasi, kerja sama, sportivitas. Soalnya yang curang kita omelin bareng bareng.

Suasana berbeda sudah lama saya rasakan. Setiap pulang kampung, tidak ada lagi anak kecil yang bermain rame rame seperti dulu. Entah karena tidak ada tempat lagi, lah wong sawah, kebon udah jadi rumah semua, tetangga beranak pinak dengan giatnya. Atau mungkin karena anak anak jaman sekarang lebih suka nonton televisi dan main permainan yang "modern" seperti PS.

Itu baru di desa sodara sodara. Gimana dengan kota?

Waaaah anak anak pasti lebih akrab dengan TimeZone kali ya. Kesan saya kalo lewat TimeZone kok cuman bising ya, apa karena kuping ndeso saya. Permainan yang okelah alibi bisa memacu semangat kompetisi. Tapi bagi saya, alangkah baiknya kalo sedari dini anak diajarkan mengenal alam. Bukan terkungkung di ruangan persegi itu.

You Might Also Like

103 comments

  1. SEPAMMMMMIIIINGGGGGG RUSUHHHHIIINNNN SOTBOK komenknya ebonggggggggggggggg

    ReplyDelete
  2. KETIAAXXXXXXXXXXX....xixixixxi

    ReplyDelete
  3. wah mas cebong kok, tomboy yah maen benteng..wekekek

    perasaan cuma cewe yang maenan begituan...hihihi

    kebalik yakkkkk...kaborrrr...

    puas aku bong...puasssssssss ngledeekkkkkiinnnnn...kikiki

    :aa:

    ReplyDelete
  4. balik lagi, anak kota udah gaulnya maen PS aja bonggggg ama game onglen...wekekek

    klo ky kita ya sama aja...ngeblog cari duittt...xixixixi :aa:

    ReplyDelete
  5. @om nara:jitak, jothos, hajar, cincang, mutilasi, iris tipis tipis, goreng garing, kasi makan kucing...calaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan :l:

    ReplyDelete
  6. wah..flash back nih bong ya..?? xixixixixi

    ReplyDelete
  7. masa kecilna cebong tahun berapa tuh? perasaan dari mulai ngeblog ampe sekarang cebongna lom berubah jadi kebonceng... ekekeke :aa:

    ReplyDelete
  8. makane rodok suwe ae ng jkt. ben kuping ndesomu iso waras bong ... wkekekeke...
    btw ym ku kok gak ng di add seh bong :hh:

    ReplyDelete
  9. thankS bosatas comment nya....
    masa kecil ku katanya aku tuch galak....
    kunjungan di pagi hari.
    goodluck bos....

    ReplyDelete
  10. comment pagi ach....
    comment back formy blog ok....
    ditunggu....

    ReplyDelete
  11. Sama bong, kadang aku juga kangen. Timezone? Itu kan bagi mereka yg punya uang atau sedang punya uang saja. Banyak kok yg masih maen di alam sempit perkotaan ^_^

    Ketika burung berkicau riang,
    pohon jambu melambai menunggu dipanjati,
    sepeda BMX bertumpukan di sisi lapangan,
    anak-anak bermain bentengan...

    dengan riang

    wajah-wajah tanpa beban

    bahagia

    ReplyDelete
  12. iyo mbak Bong..

    masa kecil ku juga indah bgtt,, hiks22,, sering keluruyan ke sawah tiap hari ampe kepleset di kubangan endut..

    yg bikin aneh, padahal orang2 sekrng lagi giat-giatnya beranak, tapi kog gak serame mbiyen, pling kakean dicekoki karo PS de-es-be...

    Oya, mbiyen pas jek SD, pas musim penghujan, aku karo bapakku sering bgt, tiap esuk, berburu cebong & bakal cebong (telor katak) neng kolam depan omah... Mengganggu ikan2ku,, makae harus di berantas.. Hohohoho

    :jj:

    ReplyDelete
  13. betul mas...aku dah lama nigh gak maen petak umpet..gundu..kasti..dan permainan tradisional lainnya. kalu dipikir2 lebih bagus malah dari permainan modern. karena, dapat meningkatkan persahabatan sekaligus olahraga..entah kenapa pas aku kecil kalo abis maen2 gitu pasti luka karena jatoh :kk: heheheh

    ReplyDelete
  14. walah bong, iyo, aku perihatin <--peri model anyar, ndelok keadaan bocah jaman saiki, awake nganggur!! gak koyok jaman awake dewe biyen sing pencilakan nandi-nandi... lah, nek bocah saiki pencilakan, malah didukani wong tuwone, "HEh, ngko tibo lo, ngko luka lo, ngko masuk rumah sakit, disuntik. Kene, ndelok tipi wae... "

    DIENG!!!!

    ReplyDelete
  15. waktu kecil di dusun aku sering main di sungai(kalen;istilah jawanya)aku paling suka main-main cebong(anak katak) soalnya kecil2 imut2...

    ReplyDelete
  16. saya malah lebih menyukai bentengan, gobak sodor, patelele, dll tapi sekarang permainan kayak giti da jarang dimainkan bahkan punah...

    ReplyDelete
  17. Pietcebong.... *manggil dari luar rumah...*
    Main benteng yuukk... :D

    ReplyDelete
  18. namaku disangkut sangkutin nih......!!!!

    ReplyDelete
  19. daerahmu ada permainan gobak sodor nggak bong?
    ternyata itu bahasa inggris
    go back shoot dor (ini sih pake kamus suwung)

    ReplyDelete
  20. satu lagi...
    kalo dirimu tulis masa kecil... wong sekarang aja kamu masih cebong...
    dulu apa coba telur kodok?

    ReplyDelete
  21. podo bong, cilikanku mbiyen dolanane yo koyo ngono, bentengan, tong muk sampe kena batu kepalaku, petak umpet sampe mumpet di WC, ojek2n pake sepeda, pokok'e uakih macem'e dan semua itu bersifat sosial trus ngluarin kringet. makane smp skrg aku ga bs maen PS, tem zon, gem onglen, dan sebagenya. ga kenal malah

    haduh bong, diakhir cerita kok sampeyan ngomongke anak, umur piro anakmu bong ?

    kaborrrrrrrrr ...

    ReplyDelete
  22. betul ken cebong, di tempat saya juga sekarang sudah tidak ada lagi permainan seperti itu. padahal, dulu waktu kecil itu permainan favorit lho.

    selain mengasah kemampuan softskill, juga mengasah kemampuan hardskill anak2. jadi pingin main petak umpet.

    Mba bonoog, main petak umpet yuk (bacanya pake gaya bicara anak2) he..h.e.

    ReplyDelete
  23. klo inget2 masa anak2 koq kyak baru kemaren ya? Lha sy liat anak sy sendiri... beda ruang dan waktu aja, tp sifat dan kebiasaannya mirip sy dulu...

    *nyambung gak sih komennya?! :)

    ReplyDelete
  24. gag jugag ko mba..di rumah sayah msi lumayan banyak ank2 yg maen2 d jalan rame2 gitu..

    tapi..nyang bikin gag nguati..karena skarang pradaban makin gag genah..ank2 kcil klo dah ngumpul2..brantem dikit..truz ngomong kotor de..

    ReplyDelete
  25. Tulisan ini bikin aku ingat kampung, waktu kecil aku selalu main disawah mengembala sapi, memotong rumput untuk sapi, kadang aku mencari kayu bakar ke bukit-bukit di belakang rumah dengan teman2 kecilku. setelah puas kami berenang disungai. asyiii... rasa nya petualangan masa kecil mengalahkan petulanagan sibolang di TV saat ini. :aa:
    Malamnya mengaji di surau (nama untuk langgar/masjid kecil) di Sumatera Barat,
    penuh dengan suasana menyenangkan.

    ReplyDelete
  26. @apri:iyah menyenangkan Pri, pas dl air masih bening, sawah masih ijo, sekarang mah ud pada kotor, ud ajdi bangunan

    @duduuut:iyah dut ngumpul y masi cuman ituh loh saya malah sering nemu anak kecil udah ngomong jorok menjurus porno

    @mas belly:waaaaaaa yg udah punya anak, pengeeen. saya kalo liat ponakan juga cuman mungkin beda setting mas, desa dan kota, dan entah saya lebih nyaman suasana alami desa

    @ken seno:iyoh mas, seruuuuuu pokoknya, malem malem jg maen petak umpet, kalo ngaji pke baju gelap biar pas petak umpet g kliatan

    @masmoemet:enak yo ndek ndeso, jadi kangen hikz,wekzzz...tandanya uda pengen pny anak

    @suwung:wekekekeke acem, dilikyu kan macih imyuuuut, gobak sodor ki go abck to door, artine kembali ke pintu di mana awal kita masuk itu tadi

    @maskoko:saya yg jaga aja maskoko yang lari lari

    @anas:iyah udah g ada tempat mas, ada juga musti mbayar ke tempat wisata alam, hehehe semakin komersil aja

    @nirmana:iyo sama, kalen, jumblang hehehehe

    @ndop:padahal kan itu bagian dari pengalaman y ndop, aku pernah jatuh dari poon, pernah kintir ning kali, pernah terjun soko bendungan, thats great experience

    @septian:weickz mas lagi hehehehe, sama tapi seru kan maen bareng bareng gitu

    @ongki:wekekekke ujung ujunge komen mu g ngenaki, ini yg bikin punah kecebong

    @dedi:waaa jadi inget suka manjat poon jambu setinggi genteng

    @indra:makasih ya
    @barid:makasih juga barid
    @mantan kyai:wes tak accept je....mbuh kok ndak muncul
    @yoyo:alibinya tetep sama, fase imut
    @ifoell:hehehe iyah

    ReplyDelete
  27. emang ebong pengen kembali ke masa kanak-kanak ya?

    ReplyDelete
  28. @dhie:cuman kangen, dan bersyukur pernah mengalami masa tanpa beban itu :c:

    ReplyDelete
  29. aku dulu ada permainan pate lele, gobak sodor, petak umpet, ngintip rok konco wedok (nganti timbilen), misuh-misuh dewe tapok-tapok dewe, hitung-hitungan "suidak ewu ewu ewu eket" (prasaan paling guedhe iku), gambaran (wayangan), mandi bersama di kolam gak peduli cowok atau cewek (kalo sekarang jelas gak mungkin coz sesuk mesti meteng, hahahaha..), akeh pokoknya...

    jadi rindu itu semua, kalo sekarang malah jadi autis (aku yo) dolanan PS, dll...

    kapan yo iso dolanan ngunu kui (apalagi mandi bersama..)

    ReplyDelete
  30. lali gambar'e...

    :p: <-- mbak iki nglirik aku.. aw..aw..aw...

    ReplyDelete
  31. baca tulisan mas cebong jd inget masa kecil juga...kok permainannya sama toh mas...klu zie dulu selain main umpet2an, kasti, cublak2 sueng, lompat tali, renang gaya bebas dikali, juga perang2an ... jaman skrg dikota anak2 dah disibukan dgn maenan yg tdk mengasah jiwa sosial mereka tp cenderung mengkondisikan anak utk individual ya

    ReplyDelete
  32. hehehe saya juga suka terkungkung tapi di rental PS

    ReplyDelete
  33. Permainan masa kecil yang dilakoni anak-anak zaman dahulu sudah jarang ditemui sekarang.
    Untuk melestarikan permainan anak-anak zaman dahulu sebaiknya dalam setiap kegiatan hari-hari besar nasional kita adakan aja perlombaan anak-anak masa silam yang lucu dan unik.

    ReplyDelete
  34. memang beda masa kecil di kota dan desa, di kota semua sudah terkontaminasi, di desa masih murni ? :D

    ReplyDelete
  35. loh emank mba ipiet pernah lecil yak. Kirain hadir dibumi ini langsung gedhe....hahaha

    ReplyDelete
  36. saya dulu Suka Main Perang Perangan, Kalo Sekarang Suka Tawuran ....

    ReplyDelete
  37. Eh, Aku dulu paling suka Main Pasaran ....

    ReplyDelete
  38. ga pernah maen di timezone -_-"

    ReplyDelete
  39. Permisi...numpang lewat...hehehe

    ReplyDelete
  40. tempat ngumpet sampe manjat pohon segala???ckckck *ga bisa manjat*

    ReplyDelete
  41. Meski aku anak kota, entah kenapa aku setuju........ menurutku yang ditulis mbak cebong benar sekali..... hihihihi.......

    Aku jadi pingin ke Pacitan.......

    ReplyDelete
  42. ini nih, masa kanak - kanak terlalu bahagia ya gini, tetep cebong wkkwkwkwk

    ReplyDelete
  43. Kalo aku mainan apa ya...

    Semasa kecil, pernah sih mainan...

    Tapi mainan apa ya...:u:

    duh... ak ingat2 lagi deh...

    mainan apa ya..

    *$%#!)^%&?..............:z:

    ReplyDelete
  44. Hidup di kota....kangen sama desa....hidup di desa..kangen sama kota....bukan begitu saudara...?

    ReplyDelete
  45. Salam Blogger!! From lampung with love.
    Klo saya dulu waktu masih kecil dikampung sana main seluncuran pake pelepah pohon pisang. Habis itu mandi sambil berbugil ria ama temen2 di sungai. hehe.Seruu banget. Sampai skr klo ingat senyam-senyum sendiri.

    ReplyDelete
  46. coba aja kita bisa kembali ke jaman dahulu...
    ngayal nih... :)
    salam... :)

    ReplyDelete
  47. sama non. aku juga kangen suasana dikampung. biasanya kalo mahgrib dah berlarian kemasjid...berlari saling dahulu mendahului. makanya sendalku sering putus ditengah jalan. pulange nyakar malah kena samplekan kain sarung ebes...hi..hi...

    ReplyDelete
  48. iya,, ya,,,
    sekarang tempat2 seperti itu d pedesaan udah banyak yang dibangun rumah...
    tragis banget...
    tempat para cebong berkembang biak juga makin dikit... :y:

    ReplyDelete
  49. Semoga ebong bisa menggali hasrat kembali kembali ke masa kanak-kanak dulu. Indah emang, tapi hidup mesti terus berjalan Bong... hehehe...

    ReplyDelete
  50. ihiihiii... ebong inget masa2 ketika masih jd telur kodok yah. wekeekk

    ReplyDelete
  51. masa kecilku gak ada yang indah.... yang paling indah waktu ketemu kakek yang sekarang udah meninggal doang

    ReplyDelete
  52. sama, gw juga kangen masa2 dulu ketika masih kecil... masih di kampung sering main ama anak tetangga. ngga memandang warna kulit, semuanya bermain dengan gembira. kini setelah berlalu banyak tahun ,kampung berkembang jadi kota. kita jadi saling asing dan nyaris ngga pernah saling menyapa lagi. aneh sekali rasanya :e

    ReplyDelete
  53. Wahhh di desa anak2nya jago juga kok maen ps nya

    ReplyDelete
  54. wah, kon kampir saja nada postingannya dg postinganku, mbak ipiet, hehehe ... romantisme desa di masa lalu agaknya sdh mulai berubah. sekarang saja tempat utk bermain sdh tersulap menjadi rumah dan permukiman. makin cuma =cucah main, haks.

    ReplyDelete
  55. wahhh masa kecil kita gak jauh beda. sekarang di desa udah gak ada yg maen gobak sodor ato bentengan lagi. contohnya adikku betah banget ngendon depan PS fyiuhhhhhhh

    ReplyDelete
  56. Ada rasa kangen suasana desa saya yang dulu"
    hayuk mule bong!

    ReplyDelete
  57. lo yang jumpritan sama aku di sawah ndak diceritain bong? *dilempar ke kedhok'an sawah*

    ReplyDelete
  58. yeee.. jgn sama kan masa kecil kita dengan anak2 sekarang.. mugkin anak skrng kalau udah sebesar mba cebong bilangnya akan samaxx

    ReplyDelete
  59. sekarang sudah jarang sekali ada permainan tradisional....

    ReplyDelete
  60. paling rindu sama petak umpet jeng, apalagi klau maen, ntar ngmpetnya dikamar rumah sendiri, trus ditinggal tidur deh, biar yg jaga binggung nyarinya., hwehehehe.

    ReplyDelete
  61. @hendra:wehehhehe ndableg nya sama, lah pas maen malah tak tinggal pulang
    @diko:biasa kan jaman "modern"
    @jaloee:loh siapa yg nyamain kang, kan saya malah ngebedain wekekekek
    @eros:siapa ya?
    @pinkina:hehehe sudah modern
    @sawali:hampir semuanya pak, bahkan lebaran sekalipun
    @gelandangan:rajin berlatih
    @onikchan:hehehe sama ternyata
    @reza:ooooo bersyukur msh mengalami
    @herro:masih di program
    @kumiz:wekekekeke iyeh pindah di galon aqua
    @kristina:seru mbak kalo inget
    @dhie:wow siapa yg bilang pgn kembali? kan g pernah membuat pernyataan ky gitu. Cuman lagi mengenang, itulah gunanya memori
    @nono:walaaah kalo tua ntar jd anak kecil lg
    @sabri:salam kenal, samaaaa meluncur di kali
    @esha:lah iyah bener, masak di desa kangen desa, di kota kangen kota, jadi aneh dums
    @qittun:dasar....
    @cumie:wekekekke for a long day
    @syamsul:enak ituh pantainya
    @rezki:cebong aja bisa manjat
    @coi:yoi
    @masDan:rumah rumahan, masak masakan jg?
    @gus:weleeh ini masih imut mas
    @hawee:kontaminasi
    @zulfahri:pengen nyari ikan
    @nick tanpa link:seneng bgt kalo bisa keluar ke alam
    @zie:wow saya di panggil mas lg heuehuehu
    @gajah:wolooooh panceneeee

    ReplyDelete
  62. wah dulu ga kenal atuh sama taimzon itu taunya main renang2 sama main yang tradisional itu :D

    ReplyDelete
  63. jadi ingat lagunya iwan fals "ujung aspal pondok gede" :hh:

    kalo disini gak ada yang tersisa mbak, satu-persatu sahabat pergi....

    ReplyDelete
  64. lama gag maen kecini wah keyen abiez tempatnya mba cebong, mau koment apa yah...hhhmmmmmmm lupa

    pulang sambil nendang batu...hiks

    ReplyDelete
  65. kunjungan pertama...
    ngga nyangka, blog di blogspot ada yang bagus kayak gini...
    kereeennn... :v:

    ReplyDelete
  66. hayuk bong maen kelereng seperti dulu lagi
    *lempar kelereng onde-onde ke cebong*

    ReplyDelete
  67. @eros:hayah cemilanmu
    @nasruni:makasi ud mampir, weleh heheh biasa aja, blogspot kan bebas diutak atik
    @harry:calan...awas ya
    @adam:sama mas
    @tony:hahaha enakan renang di kali bang

    ReplyDelete
  68. bong masa kecilmu tahun berapa, nek gak salah di biodatamu ebong lahir tahun 1800, gubrak gluduk tang tung pyar

    ReplyDelete
  69. @else:*plethak* pitnam, 1500 Sebelom Masehi

    ReplyDelete
  70. @fikar:lah iyah kalo dulu "jadul" kalo sekarang "jarang", "jaman dulu" ama "jaman sekarang" kekekkeke

    ReplyDelete
  71. hayuk bong mule, maen jenthik'an. sik iso maen jenthik'an ra?

    ReplyDelete
  72. Meh komen opo meneh, kabeh wes ono...jadi ya urun tulisan gak jelas iki waelah....sori ya jeng nunut nyampah nang kene...hehehe

    ReplyDelete
  73. Lha gimana... serangan tv juga tak kalah heboh untuk membuat anak-anak lebih bermain yang instan-instan.

    ReplyDelete
  74. Cilikanku mbiyen yo dolanan neng sawah karo kali, hehehe. Nek dolanan elektronik paling yo gemwot tetris

    ReplyDelete
  75. Wah mbak podo karo aku... Omah ku neng Mojokerto yo ndueso... Jadi dolanan eyo koyok seng mbak sebut ken... Tapi aku luweh seneng dolanan Kasti, srontol karo bentengan... Ngerti khan mbak??? Wekekekeke.... Tapi sak iki wes gedhe terus dulinan koyo ngunu iku wes gak ono... Hehhhh.... :hh:

    ReplyDelete
  76. aduhh kok sama pit suasananya anak anak kecil berkumpul uhh jadi kangeennnnn:t: kok ngingati sih :s:

    ReplyDelete
  77. wahh anak kecil jaman sekarang udah kenal internet, game dari mulai PS sampe game HP segala macam, yasudah betah didepan monitor dan autis sendiri :gg:

    salam kenal mbak, bu, atau pak? hehehe

    ReplyDelete
  78. bong, itu kompetisi bukan untuk blogger Jakarta kan?? kok sampean melu?

    ReplyDelete
  79. anak-anak sekarang mah permainannya kebanyakan individualis...

    kunjungan balik dari saya....makasih udah mampir ke tempat saya... :jj:

    ReplyDelete
  80. yah sekarang fenomena obesitas mungkin akibat kurang main di luar, harusnya ada hari tanpa tv nasional

    ReplyDelete
  81. anak kecil sekarang lebih mengenal maen PS daripada bermain dengan alam

    ReplyDelete
  82. wes-wes...bingung sampekan arep komeng opo...sungguh senang bisa bertemu dengan anda mbak....whoreeeeeee

    ReplyDelete
  83. aku suka main bekelan sampe kuku pada gripis, juga suka gayuk lari...ngerti ndak?

    ReplyDelete
  84. dolanan engkleng g enek yuuw mba :q:

    ReplyDelete
  85. kota? ....Hedonis, individualis, masterialistis...is..is..

    ReplyDelete
  86. Sulit memang melawan perubahan jaman.. tapi harus diakui aktivitas anak diluar rumah kini sudah sangat jarang.. jangan sampe anak saya besok kaya gt huhuhu..

    ReplyDelete
  87. @elja:huhuhuhu ya smg kalo liburan pling nggak di ajak ke suasana pedesaan gtu biar ngga manja
    @nyante:wow rima berakhiran is
    @dinda:wew ning kono yo kenal engkleng jg
    @ernut:podho mbak, istilahe cecek siji loro telu, soyo angel
    @cist:nice to meet a cute one like you
    @emfajar:krn g dikenalin
    @mencobahidup:yuuk mari mencoba, ya pura2 dimatiin listriknya
    @gerilyawan:makasih y
    @antown:dari daerah asal, g begitu jelas peraturane, lagian g ngarep menang, lumayan bisa nampang new post di sana hohohohooho
    @preme:weheheh salam kenal juga dari saya
    @medanblogger:kangen nyemplung di kali
    @frenavit:loh iyoh lebih seruuuuu
    @dony:podho mas don, gulek iwak nganti awak ireng jelitheng
    @daniel:dibanting tipinya hehehhe
    @tukang nggunem:sak mencelate driji pgn ngetik opo, monggo
    @eros:opo wi?

    ReplyDelete
  88. anak2 sekarang mah taunya olahraga jari doang.. main PS ampe jempolnya yg gede.. dl aku sih msh main rame2, main benteng, galasin, atw main karet..

    ReplyDelete
  89. @dee:syukurlah...masa keicl yg seru hehehhe

    ReplyDelete
  90. saya masi kecil jadi ya ini masa kecil saya ... ehhheehhehehehe...

    ReplyDelete
  91. hayuk mas cebong mule, kangen antem-antem'an ledhok koyo biyen hehehehe

    ReplyDelete
  92. Uuhhhhmmm... gitu ya Bong? Wah dhie jd salah presepsi ttg postingan ini dech.

    ReplyDelete
  93. situasi dan kondisi yang ga memungkinkan buat anak2 jaman sekarang main yang begituan, lha wong kadang antar tetangga aja ga saling kenal kok.
    aku juga rindu masa2 kecilkyu...hiks...

    ReplyDelete
  94. lha kan skr dah diganti sama maenan PS bong.trs klo mau ngobrol2 tinggal sms ajah hohoho.

    ReplyDelete
  95. @dhie:iyoh...begitu
    @caroline:dan banyak yg nyerah dg keadaan *halah bosoku*
    @abdee:weeeeeeee podhooooo
    @ipanks:iyoh je, mengenaskan

    ReplyDelete
  96. j You will find that there are uk louboutin shoes many gemstones and settings to christian louboutin cheap uk choice from. Almost as many as the engagement bible verses there are. You will want to consider doing christian louboutin shoes uk sale all you can to make a unique piece of jewelry by trying to come up with your own ideas. You will be able to make a lot of great christian louboutin shoes sale options for yourself when you look at the various gemstones and settings.You will find that most jewelers will not just have rings and necklaces already for you to purchase, but they have the loose gemstones ready for you so that they can place the gemstone louboutin shoes sale in any setting that you would like. Keep in mind that this type of custom design will make you feel more control in your choice to purchase, but it will also allow you to show some creativity in the design. When it comes to getting a custom design, you will find that your options are not limited, but you could end up being overwhelmed with choices. You will want to make sure christian louboutin sale shoes that you think about the design that you are looking for and possibly look outside of the box. You will want to look deeper into what exactly you are looking for.A lot of people like to show off the jewelry, but you will want to keep in mind that there is that cut out image of jewelry, but you will want to call some of the local chains and ask them if they are willing to work with you to make some uk christian louboutin custom made jewelry. This is something that you will want to consider as a creative outlet. You will want to consider doing everything that you have dreamed about with the gemstones to create a magical piece of jewelry.

    ReplyDelete