InterNet , Isolasi atau Komunikasi

Wednesday, November 12, 2008

Internet: absolute communication; absolute isolation (Paul Carvel)

Internet, sejak awal diyakini sebagai paduan inter + net. Jejaring antar jaringan. Jaringan atau net sendiri adalah gabungan beberapa titik atau node yang bisa saling berhubungan. Setiap titik dalam jaringan adalah sebuah komputer, atau alat apa saja yang bisa berhubungan dengan titik lainnya. Mengapa bisa berhubungan?


Karena setiap titik menggunakan bahasa atau protocol yang sama. Kita biasa menyebutnya Internet Protocol (IP). Karena banyaknya titik yang saling terhubung, maka kita -salah satu node dalam satu jaringan- bisa saling berhubungan dengan ratusan juta titik lain di dunia, eh, di semesta alam raya ini. Dan inilah salah satu keuntungan terbesar dengan adanya internet. Setiap orang dalam titik bagian dari jejaring kemungkinan besar bisa berhubungan dengan banyak orang. Tanpa sekat, batas dan tapal. Borderless.

Secara logika, yang muncul adalah absolute communication. Ruang berinteraksi dan berkomunikasi terbuka luas. Batas tak lagi menjadi masalah.

Jarak bukan halangan. Tapi, logika seringkali justru berbanding terbalik dengan realitas. Banyak kita temui, pengguna internet justru mempersempit dunianya. Dunia bagi pengguna internet hanya layar 14 inchi. Semua hal dianggap bisa diselesaikan melalui ketukan jari di keyboard. Dan hasilnya akan terpampang di monitor. Internet yang semestinya membebaskan, malah membelenggu. Memperkecil jarak pandang. Terutama paada realitas. Gejala-gejala asosial muncul. Dan, emosipun mendatar. Kontradiksi ini mirip dengan keberadaan jalur bebas hambatan. Atau biasa disebut jalan tol. Semestinya, keberadaan jalan tol menjadikan kelancaran berlalu lintas terjamin. Apa lacur, jalan tol malah menjadi sumber kemacetan?

Saya mau mematikan komputer. Mencoba melihat dunia luas di luar sana. Yang meskipun terbatas, namun menyimpan berjuta keindahan. Yang tidak ada di internet seluas semesta

NB: Titipan posting dari siMbah saya, yogioh, bangga menjadi cucu mu Mbah *dibandem sendal*

You Might Also Like

62 comments

  1. Wow.. nggak nyangka kalo si ebong nulis kayak ginian dach. Makin mantaf aja nich si embak.... Pertahankan kredibilitas bong, jangan berubah arah dulu.......

    ReplyDelete
  2. Wah pencerahan nih, makasih ya Bong :D

    ReplyDelete
  3. wooo.... tulisanmu saiki ngguaya bong...

    sik tak moco2 maneh, rodok perlu mikir rodok duwur iki...

    ehm..ehm... *mengernyitkan mata*

    ReplyDelete
  4. ngantuk kok masih mau liyat dunia luar....?hehehehe

    ReplyDelete
  5. makasih atas pencerahannya bong

    ReplyDelete
  6. Aku dulu tahunya Internet Indomie Telur Kornet...

    ReplyDelete
  7. Kiraiin apaan bong...

    Isolasi atau komunikasi..??

    Ya... tergantung orangnya aja kali ya... yang penting bisa berimbang mengunakan waktu antara dunia nyata dan dunia empang...eh salah... dunia maya maksudku...

    Salam buat mbahmu bong...:dd:

    ReplyDelete
  8. pernah terbersit pemikiran jika internet membuat hidup semakin sempit. bahkan mungkin pernah terjadi kita mengacuhkan orang disekitar kita karena internet padahal orang disekitar kita itu orang-orang yang benar2 bisa membantu kita.

    yah, semuanya harus seimbang, wong, artis aja yang cuman akting di 1 tempat aja bisa terkenal ke seluruh dunia karena internet *obsesi: artis*

    ReplyDelete
  9. waduh bong, yen nulis koyo ngene iki pikiranku ra nyandhak ... moemet aku bong

    ReplyDelete
  10. walau cuma bisa mengintip dunia lewat layar 14 inci, saya seneng, dari pada melihat membeli tiket untuk melihat dunia yang bisa saya lihat di internet .. he he he

    ReplyDelete
  11. Met pagi.. Trims dah mampir ke blog saya.. :)

    Menurut saya internet adalah media komunikasi yang sangat bagus di zaman ini. Gak kebayang kalau ga ada internet, jadi ga kenal sama mba cebong ini deh, huehue (lebay mode ON)..
    Terus posting artikel bagus seperti ini ya mba, saya akan sering mampir kesini nih.. :)


    salam

    - s L i K e R s -

    ReplyDelete
  12. huhuhuhu harga langgannannya itu lho mirip rentenir :(

    ReplyDelete
  13. hmm hmm (manggut mangut maning)

    ReplyDelete
  14. Manteb mbak Pencerahannya.... Tapi kalo nurud aku itu semua tergantung pribadi masing-masing.... Jika kita bisa membagi dengan seimbang antara Hidup di dunia Internet dengan Di dunia Nyata... Sungguh keindahann yang kita dapatkan begitu banyak dan mengagumkan.... Tul gak????

    ReplyDelete
  15. Makanya jangan 24 jam didepan moniter.. jadi kuper tar wkakwkawa..

    ReplyDelete
  16. iya ya.. kalo udah asik main inet, sampe makan pun depan kompi.. lupa mandi, lupa makan, lupa tidur... (eh, gak separah itu dheng..)

    ReplyDelete
  17. Bong.... postingan yang ini keren banget lho. *sambil acungkan 4 jempol neh* ;)

    ReplyDelete
  18. Yeah..emang bener sie teh Ipiet..
    lebih elok memandang dari balik jendela dan diatas gunung yang menjulang daripada dari layar monitor sekotak :)

    ReplyDelete
  19. tumben neh serius, tapi bukan serius band lhoch..wakakakak...nice posting.

    ReplyDelete
  20. alesan ajah si ebong mau cuti dari ngeblog... kejaaaarr!!!

    ReplyDelete
  21. @tukang sapu:wekekeke saya punya banyak kepribadian Pak, ati ati loh ya
    @taktiku:lah emgnya saya petromak bikin cerah
    @Pak RT:bagus
    @ndop:*macak nggaya* piye mudeng ra?
    @oeoes:ngantuk, keluar, ngopi, g jadi ngantuk
    @stupid:apakah saya lampu pilip?
    @Pak RT:iya iya pak titik
    @abdee:jadi laper euy
    @qittun:wee bijak kali kau Tun, salam balik dari mbah ku
    @gugelholic:iyo iyo
    @cengengesan:obsesi penghasilan kek artis
    @yoyo:g pake koma?
    @masmoemet:bwen e soyo mumet
    @adinata:hehehe saya suka melihat pohon yang sebenarnya
    @sliker:sama sama kers, makasi uda mampir lagi ya, semangad
    @tony:hohoho go riviyu go bang
    @suwung:ekting mudeng tho
    @frenavit:setuju Vit, dan lebih setuju lagi, saya emang cerah ndak gelap gelap bgt
    @eljaholic:wekekekke kan udah shopping shopping
    @tyas:sama mbak e
    @dhie:wedew pke jempol kaki juga dhie xixixix
    @namada:pohon itu hijau, langit itu biru
    @enhal:saya diracuni siMbah saya ituh, titipan dari mbah saya
    @dedi:tidaaaaaaak *jitakin dedi pake duit semilyar*
    @
    @

    ReplyDelete
  22. mbak ebong
    yen aku ekting mudeng ojo ditulis
    isin aku

    ReplyDelete
  23. wah jyan tulisane mantafh..
    tapi itu mbak, komputernya belum di matiin kok udah kluar jalan-jalan naek ojek, hmmm..

    ReplyDelete
  24. Saya juga Mau Mbambung Lihat Dunia Luar Dulu Mbak ... Suwun Sampun Ngilingaken ..

    ReplyDelete
  25. yang jelas..gara" internet saia isa kenal yang lain selain manusia, ada gajah, kucing keren, cebong, dll...

    ReplyDelete
  26. waduh themenya berubah terus nih ebong , BAGUS - BAGUS , jadi iri he..he..he :aa:

    ReplyDelete
  27. bikinin template dunk, xixixixi
    internet, kehidupan keduaku,
    walaupun tak seindah dunia nyata
    namun cukup membuatku bahagia, hehehehehe

    ReplyDelete
  28. aih aih aih si ipit biar dah kecemplung di kolam medan, masih encer juga otaknya nulis gini :D. Saluuuttt ... Hebat.. pertama mo komentari Jalan tol bebas hambatan selesai baca ternyata di obatin ipit juga dengan kata apa lacur jalan tol jadi sumber kemacetan :D

    ReplyDelete
  29. wah ... itu toh asal mula internet

    ReplyDelete
  30. saya juga ngerasa gitu...
    dunia kok malah sebesar layar monitor ya???
    hiks... sedih...

    ReplyDelete
  31. low..dah mo matiin komp..gag postingan lagi..

    gag percayah sayah..manah mungkin..gag bakalan mba' cebong betah tanpa inet..

    ReplyDelete
  32. tumben bahasanya teratur dan mengikuti EYD....

    ReplyDelete
  33. bong, komenge besok ae ya. sek sibuk nie, ndak sempet baca ertikel'e, ijek baca judule thok *nggaya sok sibuk*

    ReplyDelete
  34. mnurutku internet adalah suatu komnukasi yg praktis..saking praktisnya dunia ni hanya berada diujung jari kita..iya ngga..??

    ReplyDelete
  35. @suwung:bakat ekting je
    @kodok ijo:kekekeke PC sekarang ada di genggaman
    @masDan:saya pegang kecrekan e mas
    @gajah pesing:saya terharu
    @reza:hehehe seperti biasa..iseng
    @bias:wekekeke sama dung
    @medanblogger:tapi ttp komeng jalan tol
    @artha:ndak tau pak, mungkin dari bibit nya
    @satria:iyah..ndak pernah kemana mana
    @duduuut:wakakakak benul
    @mochal:titipan siMbah itu
    @eros:yoi ndak papa
    @andilumut:wedew..endak
    @ifoel:iyah bang, setuju, mak ceklik selese
    @zoel:it's a must

    ReplyDelete
  36. wah wah kali ini serius euy, emang bener neh bong, ak pernah sampe tahap itu, lupa ngapa2in, lupa ngelihat indahnya realitas
    nice post bong, someday posting nyang kaya gini lagu yah, ane demen neh

    ReplyDelete
  37. Ceboooooong...ngga keberatan kan kalo diriku memberikan award pada dirimu,hehehehe...liat dech di blog ku ya :)

    ReplyDelete
  38. jaman sekarang susah hidup tanpa internet..

    ReplyDelete
  39. jaman sekarang susah hidup tanpa internet..

    ReplyDelete
  40. Betul! Untuk membeli barang aja mestinya pergi ke toko. Sekarang hanya dengan duduk di depan komputer saja barang bisa datang.

    ReplyDelete
  41. @bang arielz:eeheheh setaon sekali bang bisa kek gitu
    @nenad:ukey yuhuu makasii ya
    @emfajar:hehehe addicted
    @edi psw:iyah betul tinggal tekan ENTER

    ReplyDelete
  42. wah..postingan yang bagus, irformatif dan edukatif. Selamat buat cebong ipit dah mulai intelek... (indomie telor......) :w:

    ReplyDelete
  43. @tuyi:wekekekekek ciyalan...bentar lagi kembali ke kedudulan sayah

    ReplyDelete
  44. luar biasa tulisannya mbak, titip salam buat mbahnya ya :D

    ReplyDelete
  45. Jaringan yang tanpa sekat / batas / borderless mungkin adalah ide awalnya ajah.. Kelak kemudian hari seperti yang sekarang terjadi, tiap2 sistem perlu membatasi-nya, membuat sekat - sekat, membuat komunitas sendiri, dengan berbagai macam latar belakang masalah dan alasan.. Ibaratnya, membatasi 'pergaulan bebas' di dalam dunia maya..
    Bagi saia sih, sebagai anak baru di dunia penggunaan internet, tidak terbatas pada layar 14" karena saia menggunakan layar 17" hehe..

    ReplyDelete
  46. duh...khi bisa bikin soal...bagaimana pendapat paul carvel mengenai pengertian internet..
    jawab..
    Internet: absolute communication; absolute isolation (Paul Carvel)

    ReplyDelete
  47. aku mbayar utang ya bong. wis kadung janji wingi kui kape komen saiki.

    wah tumben neng iyatul iki posting bhsnya srius kelas tinggi, gak nyampe aku sayah bong.

    melihat realita *hallah bhasae Ros ros* akankah ke depan orang-orang bakal menjadi malas dan enggan keluar rumah untuk sekedar menyapa tetangga, dsb. karena semua sudah dapat di akses dari kotak ajaib sebesar 14" tadi. menyapa tetangga cukup dg chat, mo beli ini-itu tinggal klak-klik. ah entahlah liat saja kelak....

    ReplyDelete
  48. tahan ga yah si ebong ini ndak ngegambar pake inkscapenya...wekekek :aa:

    ReplyDelete
  49. BENAR!!! SEHARUSNYA INTERNET AJANG CARI KAWAN DAN INFORMASI! Bukannya menjadi ajang mengurangi kawan dan memperbodh diri.....

    Makanya, hidup harus seimbang, okeh!

    (Pesan layanan masyarakat ini dipersembahkan oleh......)<----- gila mode ON.... maklum. kalo kebanyakan di internet emang kek gini...

    ReplyDelete
  50. Aku ada temen yg puuiinnteerr bgt berselancar di dunia internet or paham bgt dgn dunia komputer...tapi setelah dia keluar dari dunia komputer dan kembali ke dunia nyata dgn alam terbuka dia ibarat "rusa masuk kampung"

    gk ngerti arah dan mau pergi ke suatu tmpat jd kesulitan soalnya dia kurang bermasyarakat...

    jadi kita hrs bisa menyeimbangkan antara maya dan nyata..titik

    ReplyDelete
  51. emang semuanya itu kudu balance ya, bong...
    kalo ud berlebihan sesuatu yang tadinya enak dan bermanfaat pun jadi kehilangan manfaatnya. *sok serius mode: ON* :P

    ReplyDelete
  52. Ah, akyu gak punya sambungan internet da rumah tuh. Pengen pasang tapi ra nduwe duit, wekekeke

    ReplyDelete
  53. @panda:salam manis selalu
    @arief:wekwkekwke saya mo pke layar tancep
    @rezki:hayah
    @eros:kita tunggu masanya
    @blogger:wkewkkwekkw tahan dung, kan ganti sopwer laen
    @syamsul:wewkwkekwk cocok jadi tukang iklan
    @hendra:iyah iyah
    @anita:setujuuu mbake
    @caroline:iyah ibu yg tantik
    @dony:mosooook mas?

    ReplyDelete
  54. wah ini nih postingannya ebong agak bener nih soale lain dari biasanya hehehehe

    ReplyDelete