Idola Cilik

Friday, November 28, 2008

Pernah nonton "Idola cilik" di RCTI, anak anak? Saya hanya sekelebatan liyat pas sepupu saya yang terkontaminasi tipi itu pengen nonton. Ya tak kirain kan acara lagu anak anak gitu ya. Pas habis nonton...


Woalah ternyata setipe juga ama acara acara Idol Idol ituh. Okelah di bahas besok besok aja kalo soal apa ini termasup menggali bakat anak atau justru eksploitasi anak. Yang ingin saya celetukkan hal sederhana saja kok.

Yang dinyanyiin anak anak kecil itu ternyata lagu lagu orang dewasa yang kadang tentang cintah cintah ituh. Anak anak sekarang sudah fasih cengkoknya melantunkan lagu Buaya Darat dengan mantab busyetnya, Makhluk Tuhan yang paling seksi dengan gaya ich ich nya *yuckz*, dan akhir akhir ini lagu dengan sisipan kata "mutiara" b*j*ngan yang katanya WALI Band yang nyanyi (tak sensor ya, ini saya belum tau lagunya cuman baca postingan dari tetangga sebelah dan info dari temen saya) . B*j*ngan bukannya lagunya Bang Rhoma " Katanya enak menjadi b*j*ngan, Ke mana-mana tak ada yang larang, Hidup terasa ringan tanpa beban"

Saya berpikir sejenak hmmm...*manggut manggut* kemana ya lagu anak anak sekarang ini?

You Might Also Like

77 comments

  1. yupsss...setuju....bener-bener eksplotasi...mestinya kan lagunya juga disesuaikan dengan usia mereka, btw, tapi emang lagu-lagu anak ga seramai dulu kala ya, apa takut gak laku ?

    ReplyDelete
  2. benar-benar eksploitasi sumber daya anak..... ^^

    sangat kasihan anak-anak masa kini, untung sekarang saya dah jadi bujangan, kemana-mana gak ada yang ngelarang..... ^^ bebas merdeka....

    ReplyDelete
  3. asal jangan ikutan idola licik aja dech :)

    ReplyDelete
  4. tujuan utama acara macam itu bukan untuk mencari bakat anak,, tapi meraup keuntungan dgn cara memanfaatkan bakat anak...

    ReplyDelete
  5. :aa:
    Idol anak, yaa lagunya juga harus anak-anak atuh, masa lagunya lirik cinta-cintaan. Buah aja mateng sebelum waktunya ga bagus, apalagi anak manusia ?
    :cc:

    ReplyDelete
  6. benar... sekali.... sekarang orang 'bisnis' banyak idenya.....

    Apalagi ibu-ibunya yang matre...

    Klo aku punya anak, mending ikut acara di TVRI klo ada. Lebih membudaya... dan berbudaya....

    Meski honor lebih dikit....

    ReplyDelete
  7. Entah kenapa saya kurang suka dengan acara-acara semacam ini, terkesan tidak mendidik dan memberi contoh kerja Instan, tidak membangun bangsa sama sekali, tidak mendidik dan hanya indah terlihat dari luar juga membangun mimpi yang muluk2 aneh lah pokoknya...

    ReplyDelete
  8. Saya juga mikir gitu, tapi terkadang lirik2nya ada yg diganti....
    Pada kemana para penyanyi cilik kita...acaranya pun sdh ga' ada lagi..

    ReplyDelete
  9. lo kenapa mesti di sensor bong, lawong bujangan ae kok, ada yang salah dengan bujangan kah? *belagak ndak paham

    ReplyDelete
  10. malem.. fiuhh.. lama tak kesini.. :D

    dohh.., saya jarang nonton tipi euy.., ga setuju aja dech klo anaq2 harus melakukan hal2 orang dewasa..klo anak2 ya nikmati aja dunia anak2nya.., supaya ntar klo besar ga kekanak-kanakan karena kurang bahagia masa kecilnya.., he2.. :aa:

    ReplyDelete
  11. lha yg dl nyanyi lagu anak2 udah pada dewasa

    *digebukin ebong cz komen nglantur*

    ReplyDelete
  12. @masmomoet:*bandem bakiak* huh
    @haris:wehehehe sibuk yho
    @eros:*belagak ndak mudeng
    @maskoko:udah kalah ama lagu lagu cinta cintaan itu tadi mas, sisi komersialitas lagu anak anak kek nya kalah pamor
    @daiichi:seperti ada pembenaran penyaluran bakat dibalik eksploitasi itu
    @syamsul:balik lgi ke masalah komersil, hihihi, ga ada iklan ga ada dana
    @manztea:iyah tpi lbh bnyk lagu gituan bang
    @ongki:weeee penerus kak seto ki
    @emfajar:hohoho bisa aja
    @adam:wehehehe malah nyanyi dangdut
    @arya:sepertinya iya, jaman sekarang mah idealisme kalah ama komersialisme

    ReplyDelete
  13. Maap ya teman-teman semua...
    tp saya dulu ndak prnh merasa dieksploitasi tuh, pas Ibu nyuruh saya daptar di Idola cilik.
    Saya suka bngt malah, bs masuk tipi oey...
    Tp sempet malu jg sih pas saya dpt giliran tampil sore itu, saya sempat terjatuh ke bwh panggung, teman-teman...

    Dan akhirnya, dng menyimpan rasa malu pd bayanganku sendiri di cermin, sayapun segera bangkit dan meletakkan kmbali guling yg td ikut terjatuh, di tempatnya smula.
    Sayapun sempat kesel dan ngomel-ngomel dlm ht, oalah...ternyata saya hanya mimpi to...
    wuedian tenan...

    ReplyDelete
  14. @semut:ini idola semut semut kecil hihihihi...ya itu kan bahasa org gede, anak kecil kan ngerasanya seneng aja, entah gmn efeknya, baik buruk, baru kerasa entarnya

    ReplyDelete
  15. bong skrg ga ada anak2 yg nyanyi lagu anak2 lg.. ga ada "si lumba-lumba" atau "semut-semut kecil". jadinya anak-anak sekarang "ketu" kecil tuwa.. ebong aja jd pengarang lagu anak2..

    ReplyDelete
  16. lha mbok ya wes ben. suka suka dia mau nyanyi bujangan, bajingan, bajingan bujangan, atau apapun lah wong ada orang tuanya nonton dan tahu. kalo ada apa2 ya setidaknya orang tuanya tahu kalo dia ikut andil dalam perkembangan psikologis anak. halah keren tenan komenku bong. kopdar kopdar kopdar !!!

    ReplyDelete
  17. sepakat sama mantan kyai. itu tanggung jawab ortu jugak

    ReplyDelete
  18. iyah seharusnya tuh idola cilik ya nyanyi lagu arek" cilik..

    ya to?

    ReplyDelete
  19. piet.....ini lagunya:
    dondong opo salak duku cilik cilik,
    gendong opo mbecak, mlaku dimik-dimik,
    ade nderek ibu, lungo menyang pasar,
    ora pareng nakal........., lupa terusannya;

    ReplyDelete
  20. bujangan atau baj*ng*n hohohoh ebong..ebong...

    ReplyDelete
  21. hekekeke mendem ta bong koe?

    ReplyDelete
  22. Paket di TV 90% lebih adalah komersial, walau dikemas seperti apapun, walau dijuduli dengan istilah apapun.
    Wah...
    Nyambi jadi Pengamat TV ya...

    ReplyDelete
  23. @pak marsudiyanto:wekekeke pengamat apapun dung Pak, nek g diamati ndak posting :k:
    @det:wekekeke sek 100% waras je
    @ipanks:hehehehe enaknya yg mana panks
    @munawar:tak plesetno kang, dondong opo salak duku cilik cilik, cebong opo galak tapi mlaku ne timik timik
    @sandy:hoOh, tau sih kl komersil, cuman mbok ya yg sesuai tumbuh kembang anak *brasa iklan*
    @antown:weee manut madzabe
    @mantan kyai:kulo ngertos mantan kyai, beruntung lah kl ada orang tua yg mau mengawasi anaknya, lebih beruntung lg masih punya orang tua. Namun akan tetapi , wekz bosoku, alangkah lebih bagusnya jika mereka yg mempunyai daya pengaruh itu menyebar yg bagus jg, kasarannya mending membungkam satu orang penyebar ketimbang beliin sumpel kuping jutaan anak.
    @dee:wekeke nyanyi aja masih fals, kalo nggambar wah pengen jg dee

    ReplyDelete
  24. Hehehe. Gimana lagi. Itu kan permainan bisnis.

    ReplyDelete
  25. wkwkwkwk..begitulah ank jaman skrng..mudah terkontaminasi..

    mang sbenernyah lagunyah wali band tu b*j*ngan ato bujangan sih..wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  26. bujangan lagunya wali enak jg lho

    ReplyDelete
  27. Setuju mbak sama sampeyan... aku juga berpikir kayaknya lagu yang dinyanyikan itu kurang cocok dan sesuai.... Mereka masih terlalu muda...

    Btw, komnas anak tau gak dengan masalah ini??? Kayaknya ini menyalahi kodarat anak... Kayak nikah dhini itu loh.....

    ReplyDelete
  28. Maaf mbak, bukan saya yang ngumpetin lagu anak-anak... beneran mbak...

    *kabuuuurrr.....!!!*

    ReplyDelete
  29. dulu masih nyanyi topi saya bundar umur segitu... :D

    ReplyDelete
  30. malas nonton yang kaya ginian lagi..bosan

    ReplyDelete
  31. Hoalah Bong...aq bru tau klo trnyata namamu itu sama dng asalmu.
    ???
    Alloh ciptakan km dr apa sih?
    Nah itu yg aq mksd.
    Nama km bagus lho, tp knp pake nama Cebong ya...
    Betewe, eniwe, baswe, gmn hasil kompetisi blognya, menang pa gak?
    Sayang ya, blog Sby g bkh ikut.
    Coba klo blh, pasti blog aq yg bakal menang.
    *mencoba sombong*

    ReplyDelete
  32. lagu anak kecil udah ilang entah kemana..:l:

    ReplyDelete
  33. anak kecil jaman skrg gayanya ky org dewasa. anak TK aja udah bs pacaran, beda ama kt2 dulu, lugu, culun,dodol.:j:

    ReplyDelete
  34. klo aq dl nyanyi ini" ada cebong teot teblung2x"
    piss bong

    ReplyDelete
  35. yah, kata2 umpatan sekarang seperti menjadi hal yang biasa di ucapkan.

    ReplyDelete
  36. Iya mbak, sangat disayangkan. Acaranya di isi dengan anak kecil. Namun lagunya kok lagu orang dewasa/ABG? Belum lagi cara berpakaian mereka... Sayangnya apa gak ada lembaga/institusi yang mengawasi materi penyiaran ya?

    ReplyDelete
  37. *celingak celinguk nyariin Papa T Bob*

    ReplyDelete
  38. Yah, kalo bunjangan mah gak perlu disendor...:dd:
    Itu semua karena tidak adanya lagu untuk anak-anak yang dijual/dipasarkan. Padahal waktu zaman saya kecil dulu, lagu anak-anak itu banyak banget lho termasuk lagunya Joshua. Eh, sejak Joshua beranjak remaja dan vakum kok saya susah menjumpai lagu anak-anak lagi ya?

    ReplyDelete
  39. huhuhuhhu rcti ga dapet pake parabola baru 2 hari ini bisa dapat

    ReplyDelete
  40. bingung.. antara bakat, eksploitasi, sama obsesi orang tua :l:

    ReplyDelete
  41. Pancen Kadang TV kita Payah gitu...
    Idola Cilik tapi konsumsi, orang orang besar.
    Masak cah Cilik nyanyinya " Aku Memang Pecinta Wanita " milik Irwansyah
    Kan Aneh to

    ReplyDelete
  42. untungnya saya tidak begitu suka nonton tipi ....
    kalau bener begitu kasian anak-anak. BTW ..contoh lagu bujangan emang tepat kok ...ga ada yang ngelarang sih .....

    ReplyDelete
  43. join gratis...bergabung segera, iklan anda menyebar bagaikan virus..gratis lho..bisa digunakan untuk mengiklankan blog anda..

    ReplyDelete
  44. MBak Bong tahu ga idola cilik yang pertama kontestannya namanya septian ???? Mirip aku lho katanya !!!

    ReplyDelete
  45. @don45:wehehehhehe wolooh onok2 ae, ayoh minta tanda tangan
    @yanuar:wooo *plethak* ngiklan mbayar
    @bagus pras:tepat buat siapa?
    @jahid klw:iyuh...aneh bgt wes ndak cocok, masih mending kl lagu lagu Bu Kasur gitu
    @gilang:sama jeng
    @tony:keciyan xixiix
    @orangndut:wehehehehehe dirimu
    @tukang nggunem:jajal tanya ke mama T Bob
    @erik:dalih bakat mas
    @seno:nah itu yg keterlaluan
    @else:hayah sampe sekarang masih tho
    @casual ama inforesep:iyoh mbak
    @riosemut:wekz dikau ngintip di mana? weekekekke biar unik aja, lah dirimu jg pke semut, Joshua ud bikin grup remaja
    @tehevemo:lah iya org acaranya anak2 moso sampean mo nonton
    @nike:sekarang ud g bundar lgi
    @juliach:iyah mbak
    @wendra:woooo dasaaar
    @frenavit:wekekekek bahasa mu abot, sipz sipz
    @anang:seperti layaknya dirimu
    @duduuut:bajangan be'e dut
    @fantasy:dan bny pendukungnya

    ReplyDelete
  46. iya,, idola cilik kok nyanyi lagu dewasa...

    ReplyDelete
  47. waktu jaman sayah masih kecil dulu (emang sekarang uda gede ta?) banyak artis2 kecil spt tasya, joshua, tina toon, trio kwek-kwek dsb. tapi sekarang kok ndak ada penerusnya sama sekali ya.

    ReplyDelete
  48. dunia seni di TV emang kebanyakan bakulnya bong...

    pokoke gole duit sing akih

    ReplyDelete
  49. @grubik:hiyuh kalo di yaharta sini masih nyaut ituh space toon
    @eros:lah dirimu ndak mau meneruskan
    @rezki:bintang tamunya juga

    ReplyDelete
  50. space toon ya?
    nek versi klatene dunia si atun...

    ReplyDelete
  51. nyang ini jg...upss, tar ebong bawa pentungan nih gr2 nyepam.wekekek. x ini komeng serius.

    lagu anak2 udah ga ad lg bong, mungkin ga jamannya x. lha wong idola cilik nyang dulu2 udah gede semua. maka sebelum punya anak, mending ebong beli tuh semua cd lagu anak2. sebelum ditiadakan. wkakakakaka

    ReplyDelete
  52. wah, acaea semacam itu agaknya sdh dirancang utk menjadi bagian dari mata rantai industri, mbak ipiet. mereka tak lagi mempertimbangkannya dari sisi edukatif dan dampak psikologisnya. banyak anak sekarang yang dipaksa utk menggunakan konsep berpikir orang dewasa. hanya raganya saja yang masih anak2. saya juga dah lama kangen lagu anak2 yang khas itu, mbak.

    ReplyDelete
  53. @pak sawali:waaaa pokoknya si lumba lumba pak hihihi, yuppp setuju, fyuh komoditi yah
    @herro:tetep pentuuuuung

    ReplyDelete
  54. bukan lagunya roma irama ? trus lagunya siapa mbak ? jd dia ngaku2 lagunya yah ? SUNGGUH TERLALU !

    ReplyDelete
  55. btw aku yo mengidolakan arek cilik cilik (eh nek iku fedofili ya ) hahahahaha

    ReplyDelete
  56. btw akeh seng ngomong aku mirip syeh puji *lho kok bangga*

    ReplyDelete
  57. apalagi pas lihat kids awards di global tipi....
    "arek saiki, cilik-cilik wis ngruwel jemb*te"
    hmmmm.... sekedar ungkapan keprihatinan atas dunia akan indonesia!
    lalu apakah kita masih menyalahkan syekh puji? lha anak-anak saja sudah teriak-teriak bak lagi orgasme ketika ngelihat afgan. so?

    ReplyDelete
  58. Iya,.. semalem ada acara award show dari nickelodeon indonesia.. acara anak2 tapi yg perform dan artis2 nominasinya ga ada yang anak2 hahaha.. aneh

    ReplyDelete
  59. wekzzzz...itu bujangan apa bejadang yakkk??

    wakakak, ngeborrrrrr...xixixi :aa:

    ReplyDelete
  60. udah byk diprotes juga sebenernya itu Teh, acaranya anak2 lagunya juga musti anak2..tapi yach, begitulah, commercial aims sie..

    ReplyDelete
  61. Pernyataan siakapku ada di sini: http://putradaerah.wordpress.com/2007/04/09/lagu-anak-anak-nasibmu-sekarang/
    Hehehe

    ReplyDelete
  62. :j: :y:

    kemana perginya papa t.bob n kak ria enez yah

    ReplyDelete
  63. Duh.. Untung masih kebagian tempat buat ngisi komeng.. Kekeke..
    Iya neh.. Saya juga ikut prihatin dengan anak2 zaman skr.. Saya dulunya suka lagu "si lumba-lumba" dan "gamewatch"-nya bondan prakoso. Akan tetapi dulu memang tidak banyak group band yang muncul di tv, ga seperti skr, hampir ga bs dihapal. Xixi

    ReplyDelete
  64. saya curiga,jangan-jangan "anaknya ke-dewasa2- an, atau orang tuanya ke-kanak2-an" diperlukan penelitian lebih lanjut.

    walaupun keduanya sama-sama merasa bahwa mereka berada dijalur yang benar - tampaknya tak satupun mereka bahagia sungguhan, mereka ber pura-pura senang - pura-pura bahagia, sebagaimana saya juga pura-pura nulis, pura -pura coment, pura-pura ke-kanak2-an , pura-pura see you in singapura

    ReplyDelete
  65. kowe po piye bong tak promotori nyanyi lagu anak-anak???

    dijamin kasete laku seantero blogosfer Indonesia... *sing uteke mlorot nang dengkul tok koyok aku karo kowe sing tuku*

    wekekkee...

    ReplyDelete
  66. ga usah su'udzon..anak2 itu cuma pengen nyalur bakat dan hobby mreka..
    orang tua cuma mendukung dan menyalurkan..
    gak eksploitasi juga lah..wong karantinanya cuma jumat sabtu minggu..

    munafik kalo bilang gak nyari keuntungan..karna acara apapun pasti bgitu niatnya..

    soal lagu banyak alasan untuk ini:
    1. lagu anak2 tingkat ksulitannya rendah, gmana mo tau kmampuan mreka dengan nyanyiin lagu plangi2 doang?
    2. uda jarang nonton yah skarang? skarang rcti lebih bisa pilih lagu yang pas kok..kalo lagu cinta2an didedikasiinnya untuk orang tua dan 1 lagi..cinta itu gak cuma di asosiasikan untuk pacar kan? jangan sempit lah pmikirannya..

    coba deh pikir..dibanding anak2 bapak ibu skalian ngefans sama inul, dmasiv, ato mulan jamila..kan lebih baik mreka ngefans sama kiki ato angel..

    lagipula saya lihat acara ini masih dalam batas wajar..dari konsep terutama..masih anak anak..

    terima kasih

    ReplyDelete
  67. pernah nonton sekilas..

    tapi ga masalah juga sih menurutku..

    ReplyDelete
  68. ada yang tau alamat rumah/kantor atau no,or telepon ria enez yang suka bawa boneka susan?

    ReplyDelete
  69. semua sumber daya dapat di olah dengan berbagai system, berpikir positif merupakan kunci dari keberhasilan.

    ReplyDelete