Sesuatu Di Balik Tawar Menawar

Monday, October 20, 2008

Setting tanggal : lupa mungkin 6 bulan yang lalu

Setting waktu : jam 12 siang teeett hari Jum'at

Setting cuaca : jelas panas menyengat

Setting tempat : sebelah kolam-na ebong tempat ebong mencari napkah

Helah...ini mo apa tho Bong? Kek mo syoting pilem. Bukan. Helah trus...mo nyusun cerita? Hemm...

" Pak, berapa Pak ke ITC situ?", tanya ebong ke abang tukang bakso. Lah...salah orang mo naek bajaj kok malah tanya ke abang tukang bakso. Ya ya kita reply lagi.

"Pak, berapa Pak ke ITC situ?" tanya ebong ke abang tukang bajaj.

"10 rebu aja Neng" jawab abang tukang bajaj nya, dan abang tukang bakso ndak buleh ikut nyaut.

"6 rebu aja deh Pak", tawar ebong. Sebenernya saya itu ndak bisa nawar, dan ndak tahan banting kalo nawar. Tapi kali ini diusahain bisa.

"Yaah Neng emang segitu, kan muter dulu", jawab abang tukang bajaj nya lagi.

Baru aja saya mo nawar lagi, temen saya nyautin " Iya Pak, udah yuk jalan". Whatz?!

"Orang ya cuman segitu aja kok ya di tawar, kan itu juga buat napkah anak istrinya", kata temen saya.

Mak deg, tuing, syalalala. Tertamparlah ego saya.

Ebong diem. Trus berasa ada yang ngomelin di dalam otak ebong.

Kamu ini ya Bong, ndableg. Kalo beli baju, sepatu, tas seuprit -nyang nota bene harga nya bisa buat makan abang tukang bajaj itu selama seminggu- kamu itu ndak pake mikir panjang, ndak pake nawar . Ebong protes, "Ya iya di dept. store masa mo di tawar" . Suara itu ngomel ngomel lagi. Bukan, bukan perkara ndak bisa di tawar. Cuman intinya, kalo buat kesenengan diri sendiri aja dengan entengnya buang duit. Ini buat diri sendiri dan juga kepentingan orang lain yang pastinya lebih ngebutuhin dan menjadi harapan hidupnya, kok ya tega teganya tho Bong kamu itu nawar. Besok mo apalagi, nawar tukang sayur beli bayem 500 perak? Trus nawar tukang asongan aqua jadi 300 perak?

Ebong diem, dan semenjak saat itu ebong kalo nawar juga kira kira, ga lagi nawar yang sekiranya ga perlu ditawar. Hehehe tapi tetep, kalo nawar barang nyang sama yang jual dipatok nggak kira kira dan nggak sesuai kualitas adalah harus. Posting laen kali kita bahas trik trik buat nawar dagangan.

Ato mungkin ngikutin saran dari Bang Kaka, "Udah Pak, kalo gitu 20 rebu ajah"

Bagaimana dengan kalian?

You Might Also Like

50 comments

  1. Kamu ketauan,...kalo hobby nawar....
    Wah,..kayaknya tuh naluri cewek bong,..
    sama mamanya anak2 juga gitu,......

    ReplyDelete
  2. @indung:wekekekek salah, ebong ndak bisa dan ndak tega nawar. Yah mangsodnya mbok ya kira kira gitu nawarnya, dan objek yg ditawar tdi

    ReplyDelete
  3. menawar harga kadangkala harus bong bong kecebong....jangan sampai kita membeli dengan harga yang sangat mahal sedangkan dit4 lain lebih murah

    ReplyDelete
  4. Kira2 separoh harganya kan,....????
    wakakakakakakkaka......

    ReplyDelete
  5. @thevemo:wekekeke kalok nawar barang nyang emg model model mahal y musti begitu Bang, cuman kalok nyang jual jasa, nyang harganya ndak seberapa ya ndak tega saya
    @googleholic:waaah biasa nganter nyonya ya, ati ati mah kalo udah di toko elektronik, musti pinter2 tuh

    ReplyDelete
  6. ebong : "pak,apelnya berapa sekilo??
    penjual : "25 ribu,mba,.mba nya mau ambil brapa?
    ebong : " 1 kilo aja,pak,..." 12 ribu yach pak!
    penjuala: "wah ndak bolehh,mba,...
    "kalo ambil 5 kilo saya kasih 17rb/kilonya...
    ebong : Ya udah 17 rbu pak,..aku ambil 1 kilo..
    penjual : "belum,boleh mba,..bener itu baru modal....
    ebong,...kabur,...ga jadi beli apel,....xixixixixiixix(ternyata ebong ga niat beli,....survey harga doang...)

    ReplyDelete
  7. TENGKIU...BU !!!

    BTW...harusnya nawarnya gini..."udah pak 20 rebu aja..."

    ReplyDelete
  8. coba deh bli baju di bukittinggi
    kalo ga nawar harganya selangit
    nawar itu emank seni dalam bergadang eh berdagang :lol:

    ReplyDelete
  9. kadang - kadang kan hrs nawar juga bong apalagi klo lagi kepepet..heuheuheu..

    masa maksa beli pas doku ga cukup..hihihi..

    sama seh ky saya jarang nawar..paling abis tanya langsung bayar..tp bener tuh masa di Dept. Store nawar yah..hihihi..

    mending di pasar kek..ato ama tokek jg bisa..wekekek..

    @Qittun:...tergantung...harga kambing...hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalo Mau Ndak Nawar, Kalo Mau Ego Ndak Ketampar, Ya Mending Naek taksi Aja Mbak Bong.. Kemaren saya Naek taksi dari istiqlal Ke Percetakan Negara Cuma 9 Ribu ..... Mahalan Naek Bajaj ........... Wekekekekekek

    ReplyDelete
  11. pertamaxxx
    baca dulu baru komen
    *clingak-clinguk, kecelik bukan pertamax*

    ReplyDelete
  12. @gugelholic:ya maklom kan survey harga, ebong kan buka toko buah salak di sebelah
    @liongben:weh..ternyata kita sama sama kelebian duit xixixix
    @kaka:wekekekeke laen kali gini aja deh Pak, 100rebu
    @fanz:*jitak* ndak dibaca tuh nyang cetak tebal, kan liat liat jugaga yg model ditawar, kalo ama penjual yg g kira2 ngasi harga ya harus dibanting juga
    @qittun:apaan yg digantung?
    @blogger addicter:wuhuy...salah satu alasan saya blanja di dept karna ndak bisa nawar, ndak tega nawar, ndak tau harga barang, jdi nyari yg pas pas aja, cuman nyang saya bold kan tentang org yg kadang g kira kira nawarnya Om, xixixi ibu ibu tuh sampe kadang nawar banting banting harga, nunggu smpe dipanggil ama yg jual.
    @masdan:iyo km naek taksi, aku nunut ya xixixx

    ReplyDelete
  13. bong, kamu tak tawar sewumangatus oleh??

    ...soale rego lele sing notabene luwih gedi ae cuma sewu rongatus seked...

    ReplyDelete
  14. @eros: *antem kursi*
    @ndop:wekekekekekek sak plastik sewu ae wes

    ReplyDelete
  15. naluri wanita cenderung bisa diandalin buat menekan widget... ehhh budget belanja, makanya sy lebih suka ngajak temen wanita klo mo belanja hemat, alias lg bokek pret.. hehe.. suruh dia nawar sampe bedarah2 xixixi...

    ReplyDelete
  16. @belly:wekekekek ternyata eh ternyatah, brati jgn ngajak saya, saya ndak bisa dan ndak tega nawar, kalo lgi ndak pny duit, ndak berani jalan jalan, takut tergoda hehehe

    ReplyDelete
  17. kadang memang kita nggak bisa memandang hal spt itu....

    harusnya ukang bajajnya juga elit yak.... lha wong di luar negeri aja naek2 begituan harganya lebih tinggi,gak bisa di tawar ....

    ReplyDelete
  18. kalao nuruti sarannya bang kaka kayae gak bisa juga bong. la trus kalo bapaknya malah nawar lagi "buat neng 30rebu gapapa wes" malah tawar2an thok gak brangkat2.

    btw dept store tu t4 apa sih bong, t4 gym ya? ato t4 bilyard wkakakaka

    ReplyDelete
  19. mbuh lah bong... soale nurut ane... dagang bukan sodaqoh. Apapun bentuknya. Jadi kalo mo sodaqoh ya nggak usah mikir pamrih. Kalo mo dapet jasa si tukang bajay (ini termasuk perdagangan) ya jangan mikirin sodaqohnya. Lain halnya waktu ente turun... ente ngasih 5 rebu lagi sama tuh tukang bajay... bisa dipasti-in... rasa sukur si tukang bajay 2 kali lipat, dibangding ente nggak nawar sama sekali.
    Nek kleru jo di guyu yo? Soale cuman pendapat seorang tukang sapu radio aja.

    ReplyDelete
  20. wah aku menunggu posting tentang tips menawar yang baek bong.. bermanfaat sekali ini buat masyarakat kita....

    ReplyDelete
  21. kalo gt, Panda nawarin tukar link yuk mbak, biar Panda gampang main kesini :ff:

    wis, ga pake 20 rb :D Panda pasang duluan yah

    ReplyDelete
  22. heheh, bong, blog ini saya tawar 1000 perak..mauu??? :jj:

    ReplyDelete
  23. kalok sayah komeng disinih mbayar gak yaks? isa nawar gak? :h:

    ReplyDelete
  24. coba smile nya aaah :a: :d: salam kenal

    ReplyDelete
  25. @afwan:wekekeke malah ndak laku laku ntar wan
    @eros:yay...iku dipilemno mesti laris Ros, dept sotre artine toko bangunan
    @tukang sapur radio:yess yess bisa bikin kang sawa komeng banyak heuheuehu biasanya no komeng terus tho. saya setuju dg pengdapat kang sawa ini, perdagangan bukan sodaqoh. Nyang beong garis bawahi *padal ndak ada yg digaris bawahi loh* xixiix kebiasaan nyang kalok beli barang barang *terutama ibu ibu kek saya* nyang kdg cuman krn pengen aja padal g butuh itu enteng bgt, tp kalo beli barang2 kecil nyang notabene nyang jual pedagang kecil, masi kdg ngeyel di tawar. Bung Sawa *ciyeh Bung* , ndak diliyat kok kerjaannya apa, nyang penting kan pemikirannya. Makasih ya atas pencerahannya, habis buram terbitlah cerah
    @anang:yuuuuk..ntar tips arisan juga
    @panda:wekekekeke gratisa ituh mah...yyuuuk ebong pasang jg
    @rezki:ndak numpang mandi sekalian Khi?
    @mohammad:mbayar biaya ngetik, kalo sampean di warnet xixixiix, klok di rumah mbayar biaya langganan internyet na

    ReplyDelete
  26. hehe..ada cebong bisa nawar juga ya... :kk
    piss.......

    ReplyDelete
  27. wah...wah....masih ada yah.....yang suka tawar menawar....aku pikir dah gag jamannya lagi bong...

    ReplyDelete
  28. weh, itu cebong naik bajai ? emang bajainya sebesar apa yah ?

    ReplyDelete
  29. @firman:wekekeke...nawar harga kodok
    @harry:iyeh sekarang trend nya gini, berapa bang? 10rebu. Gimana kalo 30rebu aja, Bang?
    @hendra:xixixi segede upil

    ReplyDelete
  30. Ebong : ebong ndak bisa dan ndak tega nawar.
    Ebong lagi : Posting laen kali kita bahas trik trik buat nawar dagangan.

    Kyknya ada yang aneh, tapi apa yah????

    ReplyDelete
  31. @herro:yg pertama kalo ebong liyat siapa nyang ngejual, mereka nyang miris bgt, aduh gmn yak ngomong nya...pokoknya nyang mengenaskan lah.
    nyang kedua, kalo ebong sebel ama penjual penjual nyang masang harga seenaknya

    ReplyDelete
  32. waduh... saia mah doyan banget kalo tawar-menawar, bakalan keukeuh dan ngotot hahaha... Tapi bener juja siy mbak kata temennya...hihihiy saia mikir2 lagi deh kalo mao nawar (mkir gimana cara menawar yang lebih menyenangkan dan menguntungkan mangsutna) :q:
    *kabuuur.. tatut digebukin para pedagang&penawar jasa*

    baidewei,, ada award di rumah saia.. diambil iaah mbak :h:

    ReplyDelete
  33. mbak ebong, aku mau nawar salaknya lima kilo dua rebu

    *eh, salah komenk po akyu?*

    ReplyDelete
  34. dari sisi penjual ( sy ).. kadang suka keki juga sama pembeli yg suka nawar...kikikik.. apalagi pas lagi rame pembeli..

    ReplyDelete
  35. @gilang:*jitaaaaaaaaaaaaaaaaaak* ini mah penawar sejati wekekekeke, udah di comot non
    @cerita senja:kyaaaaaaaaaaaa *jitakin lagi* masi inget aja ama salak hikz
    @kang jaloe:wekekekek apalgi kalo emak emak pake nyindir nyang jual xixixix

    ReplyDelete
  36. cebong : loh kok brenti disini pak, kan masih jauh?
    tukang bajay : neng tadi nawar, masa saya ga boleh??

    *kabuurrrr* :kk:

    ReplyDelete
  37. @bang arielz:wekekekekkeke ebong getokin beneran tuh tukang bajaj

    ReplyDelete
  38. wah Alhamdulillah saya bukan tukang bajaj

    ReplyDelete
  39. @tepe69ngalam:alhamdulillah bsyukur

    ReplyDelete
  40. Ku paling bodo soal menawar, Mbak Bong.... beli topi koboi di malang, harga 8 ribu doang, aku kena 25 rebu! ga gila tuh?! Wis... aku iki ancen bodo tenan yen masalah tawar menawar.... ga tegaan kaya Mbak ebong kali, yah..... postnya sing mengenai tips menawar, aku tunggu deh mbak Bong...... Lucu tenan postingan iki.... hiehiehie.......

    ReplyDelete
  41. @syamsul alam:wekekekek aku luwih bodo...goro2 nguwasi wajah melas e sing dodol padal barang e elek ttp tak tuku

    ReplyDelete
  42. numpak becak sak semaput'e piro bu....

    ReplyDelete
  43. Kacian dech..gagal dlm proses tawar menawar...!! aku juga dulu waktu masih diindo klo lg kepasar sering tawar menawar...tapi mulai di hongkong tak ada lg aksi tawar menawar..hheee semua harga pas..hheee

    ReplyDelete
  44. @gajah:larang...mbyar rumah sakite
    @mbk anita:lah di hongkong ngapain mbk?maen pilem kungfu pasti

    ReplyDelete
  45. aku juga ga pinter nawar, palagi klo nawar becak, ga tega aja sama tukang becaknya. ato mending saya gantian nggenjot becaknya ya? biar si pak becak ga kecapean? hihihi

    ReplyDelete
  46. untung ga dikasih yg km nawar 6 rb, kalo dikasih trs si abangnya ngebut smp angka speedo mentok 200 km/h gimana coba?

    ReplyDelete
  47. The brand is named after the famous American tattoo artist Ed Hardy. He was Abercrombie Hats a very famous tattoo artist and has published many ed hardy Hats books on tattooing techniques. But the ed hardy Caps tattoo has become a trademark through the efforts of a company called Christian Audiger. This company has ed hardy Hats been very famous and very powerful in the garment sector. In his opinion, desirable to create a brand called Ed Hardy and use art as a major selling point for the brand. This company buy ed hardy has been a great success and Ed Hardy clothing is a clothing brand most famous.

    ReplyDelete