Lebaran menyisakan pertanyaan...

Monday, October 06, 2008

Akhirnyah, ebong kembali ke belantara Yaharta, setelah sepuluh hari di rumah. Gimana Bong lebarannya? Rame dung biyarpun ndak serame jaman jaman ebong masih kecil dan juga pailit karena banyaknya anak kecil-tetangga ebong ternyata sudah beranak pinak-. Ya gitu degh, silaturahim ke rumah sodara sodara. Tapi ada pertanyaan nyang selalu ditujukan buwad ebong setiyap berkunjung ke sodara dan tetangga.

"KAPAN KAWIN? KAPAN NIKAH? MANA CALONNYA?"

Ibu-ibu-yang-dulu-seneng-ngerasani (IIYDSN) : waaaah sudah punya duit sendiri, kapan kawinnya niy?

Cebong-cantik-yang-mesam-mesem (CCYMM) : yaaah belum saatnya, nanti kalo saatnya tak undang kok Bu, tak tulis nama ibu dengan tinta platina

Pak-Dhe-yang-seneng-ngeledekin (PDYSN) : looh mana calonnya, kok ndak di ajak?

Cebong-ipiet-yang-masih-mesam-mesem (CIYMMM) : ituh masih di*imbu* dikarbit, biyar mateng

Yah memang begitu man teman di kampung ebong, umur 23 seperti ebong ini apalagi udah kerja, untuk ukuran di kampung sudah termasuk mateng, mapan, saatnya berkembang biak. Banyak loh tetangga sayah yang masih umbelen, ileren, sak percil percil itu sudah nggendong anak, sudah beranak pinak sampe tiga butir, dengan daster yang ndlewer. Umur 17 lulus SMA biasanya langsung dicarikan jodoh. Kata emak mereka"Lah buwat apa toh sekolah tinggi tinggi, wong ya ujung ujungnya masak di dapur" . Kata temennya emaknya, " Iya, ndang dicarikan jodoh, biyar disebut laku".

Set mode serius ON

Memang seperti itulah kenyataanya. Fakta di kampung saya menunjukkan:

  • Pandangan orang tua yang masih sempit, buwat apa sekolah tinggi tinggi, wong banyak sarjana yang nganggur. Ebong bilang, "Lah iyah betul ituh, sarjana banyak yang nganggur, apalagi yang ijazah SMA" . Nyang pernyataan tadi ebong menilai sebagai pernyataan pesimis, beda kalo bilang begini " Ndak papa ndak sekulah tinggi, ndak b'gelar sarjana, nyang penting usaha dan menggali kemampuan dan kreatipitas". Ituh nyang sayah sebut optimis. Padahal kan semua tergantung niyad ya man teman. 
  • Orang tua yang balap balapan nyariin jodoh buwad anaknya, biar di sebut laku. Siriuz ini beneran. Sumber: hasil nguping ibu ibu tetangga yang ngerumpi
  • Beban biaya sekolah dan kuliah yang naudubileh muwahalnya, membuat para orang tua nyerah duluan, mo kuliah bayar pake daon singkong?! Padahal masih banyak cara entah itu beasiswa, atao mungkin sambil kerja sambilan, tergantung niyat dan usaha kan.
  • Sedikitnya lapangan kerja di daerah pedesaan mengakibatkan banyaknya pengangguran, jadi mo apalagi kalo ndak berumah tangga dan beranak pinak?!

Set mode serius OFF

Kalo sayah pribadi berpandangan, kawinlah sebelom kamu di kawinkan, halah. Wekekeke ngawur. Menurut ebong, menikahlah di saat merasa siap, dan parameter siap adalah murni pribadi kita sendiri yang bisa mengukur dan merasakannya. Baik dari segi moril, materiil, dan onderdil. Tak iye? 

Jadi....kapan kawin Bong??

*plethak* sambit pake tugu monas nyang nanya kek gitu

You Might Also Like

65 comments

  1. pertamaaxx
    *jingkrak-jingkrak*
    *dank dutan*
    soalnya lebaran taon depan mau dikenalin sama keluarga besar ebong, iya kan bong hwahahaha.

    ReplyDelete
  2. He.. he.. kok kayak iklan tipi aja ya? jadi.. apa yang ada di benak ente saat dapet pertanyaan kayak gitu bong? apa emang ngebenerin nyang nanya? (kan ada benernya juga tuh) Wong emang kenyataannya kayak gitu. sekolah tinggi..... nggak taunya nganggur. Udah bisa cari duit ndiri.... e.. lum juga punya gacoan. Emang nungguin apa lagi?
    He..he.. Narchis dikit nggak papa kan?

    ReplyDelete
  3. mbak ebong...kapan kawin???
    *hhihihihihii, nunggu sambitan monasnya*

    biarkan saja mbak orang bilang apa, yang penting kawinlah kita kalau kita merasa siap. bukan karena disuruh2, yoi gak mbak ebongbong??

    ReplyDelete
  4. hahahahaha... kok podo ceritane...
    aku malah cuek ae.., rabi ki gampang, seng angel neruske (oleh rabi maneh ngaak..) kui pertanyaanku sakjane... :ii:

    ReplyDelete
  5. huerannnn saya bong..mau buat postingan komentar akhhhhh...wekekekekek...

    lah itu mah biasa..plng sekedar basa basi doang bongggggg..hehehehe..

    klo saya ditanya getuuuu..wahhhh..langsung ngaaacirrrrr...wekekekek...

    tp klo ada tmn bpk ato ibu yah saya balikin doang..heuheuehue.."anak ibu udah punya jodoh belum"..klo ga ya sama saya aja..mumpung nganggur..wekekekek..

    jangan ngung..bingung deh bongg..knp pendapat orang tua cuma itu doang dr dl yah..??byk sarjana nganggur..??abis itu kok sekolah tinggi-tinggi..??udah kerja belum..??udah punya jodoh ga??kapan nikah..??wakwakwakawkawak..

    klo saya diberondong pertanyaan kaya gitu bakalan tak berondong lemparin bomb atuhhhh..wekekekek..

    cuapeeee kalo ada yg tanya gitu..nah gini bong..klo misalnya kita dah berkeluarga..pasti yg bakalan ditanya "kapan punya momongan"..wakakakak..cuape dehhhh...

    pak de and bu de yg saya cuape dehhhh..hehehehe..

    cukup sekian komenk jadul nan amburadul buat ebong..moga langgeng ama yayanknya yah..suit..suit..wekekekek..:u:

    ReplyDelete
  6. makanya jangan keseringan ngeblog mbak!
    wekekekekekek!

    ReplyDelete
  7. rasanya tanya2 kya gitu bakal mampir ke kuping saia juga dech..
    kapan kawin!?!...may...maybe yes..
    wualah...tg penting kita ikhtiar, selebihnya do'a..khan dah da nyang ngatur. iya gak bang aji...
    :ff:
    Yup !

    ReplyDelete
  8. weit....kayaknya mungkin jawabannya mei yah....
    kok mateng aku pikir ada buah nyang mateng dicini....hehehehehehe

    ****kabur*****
    untukng bukan jebakan....jadi baca dulu...gag langsung koment...hihihihih

    ReplyDelete
  9. wahh,, mbak Bong seriouz..
    -ndak paham, sy masih kecil dan imud- :jj:

    ReplyDelete
  10. hm, wong statistik ngomonge parameter, variabel jg perlu. hayo?

    ReplyDelete
  11. waduh... dah lama nih gk kunjung... gimana kabarnya mbak..??? emoga baik2 saja..!!! klo nikah mah kurasa mbak ipiet udah waktunya nic... semangat ya mbak... tak doain kok.. he..he..he.. maap..

    ReplyDelete
  12. Nerusin pertanyaan Ibu-ibu-yang-dulu-seneng-ngerasani (IIYDSN)aja dech... Jadi Kapan? wakakakkkkkk

    ReplyDelete
  13. bonk..ba'dan oleh piro kowe menyang tonggo2..wkwkwk, yo pantes wae to..wong tuwo takon kapan kawin, selak pingin nggendong putu..yo ndang-ndang wae!

    ReplyDelete
  14. kapan kawin ??????? :d:

    semua yg mbak sebutin betul tuh :)

    ReplyDelete
  15. Nungguin saya yah mbak?
    Saya kuliahnya masi lama :digetok:
    Huehehehe

    ReplyDelete
  16. @eros: lah kok kelebihan PD weeeeeee *jitak, jejeg, jambak*:f:

    @tukang sapu radio: huehuehu ya mangsodnya bukan ucapan pesimis kek gitu kang, seperti yg sudah saya jelaskan ituh, semangad. Yaaa masih nunggu banyak dums, beberapa alesan pastinya xixixix:k:

    @cerita senja : *plethak* :h:tak sambit pke bakiak aja yah, eman tugu monase, setujuuuuuuu dg pendapat saudara

    @gajah_pesing: wekekwkeke untung ndak ditanya,:i:hayooo nikah e mbek sesama mamalia po spesies liyooo

    @blogger addicter: ampuuuuuun ooooom,:h: *tunggu saja pembalasanku posting komentar di blog si Om ntar ekekekekke* lah om jg blom ? yess yess ada temennya

    @trendy: waaaaah ini kan sarana mencari trend *celingukan berharap dia ndak baca xixixiix*

    @awan click3rz:iyah Pak, saya setuju, mohon doanya, anda yg berdoa saya yg berusaha:r:

    @harry: wekekekeke ndak kok, saya ndak ngerjain *sambil menyusun strategi pembalasan*

    @diorockout:besok dio. apanya? besok ituh hari rebo

    @ongki:woalaaah sebegitu imutnya sampe pengen tak pajang ndek lemari:m:

    @anang:lah :b:hipotesis e opo ki?

    @bagdemagus:ye ye ye jangan lupa, ndak dateng ndak papa, bisa ditransfer kok xixixiix

    @wendra::o:lah kamu kapan loh gedenya Nak?

    @kang papapam: walaaah justru saya yg pailit mas, poro tetonggo kok ya cepet bwanged berkembang biaknya, anaknya pating jrunthul

    @panda: kamu kapan?:aa:

    @tukang jualan kancut pink gambar bajak laut: kamu itu pke emotikon apa kok ada digetok? ndak tersedia di sini wekekkeke,:dd: kan itu sudah saya sediani. Iya nunggu kamu, buruan lulus biyar ada yg nyetiri mobilnya xixixix

    @rezki:kalo bang toyib uda pulang Khi:l:

    ReplyDelete
  17. untung saya ga mudik jadi ga ditanya2in, qeqeqe.. :x: , sebenarnya si.. mending ditanya2in.., :ee:

    ReplyDelete
  18. ck ck ck mbalesi komen brasa posteng huahuahua puwanjangnyaaaa :k:

    @spydeek: naaah yhooo pengen ditanya2in jugag, ywdah kamu kapan loh ke penghulu nya? mas kawin seperangkat alat masak

    ReplyDelete
  19. kalo menurut saya sih bukan sarjananya yang nganggur tapi cara berpikirnya yang nganggur:) hehehehehe

    ReplyDelete
  20. semoga bisa cepet dpt jodoh :h:

    kan seneng klo da yg merhatiin, menyayangi ...
    apalagi tipe seperti saya halah.............. :mm:

    ReplyDelete
  21. "KAPAN KAWIN? KAPAN NIKAH? MANA CALONNYA? :ff:

    ReplyDelete
  22. kalau emang udah oke, nunggu apa lhi bong ?? wkkwkw...

    btw, salam gua untuk orang sekampung da di sampein ga ??? :aa:

    ReplyDelete
  23. Wekekekekekekkkk...

    Saya bantu Ya Mbak Bong ...

    Klik Ini Deh : www.biro-jodoh.com

    :k:

    ReplyDelete
  24. idih..cepet2 de cari suami..sbelum d jodoin low..

    pilih mana..d jodoin ato kawin ntar nunggu tuwir..(lha sapa tau mapanX bru ntar klo ud tuwir)

    ReplyDelete
  25. jawab ajah mei, meybe yes, meybe no., hawahaha, kabur.

    ReplyDelete
  26. @duan: setuju, semuwa tergantung pemikiran
    @afwan:*celingukan* manaaa...siapaaaa....xixixix
    @kang agus: gmn mas berumah tangga itu?:c:
    @mymoen:he he iyah dapat salam dari nenek nenek moen
    @masdan:walaaaah sungguh teganya dirimu, ndak segitunyaaaaaaaa:l:
    @duduuuut:pilih ama kakek kakek tuwir, tajir, yg jantungan :q:

    ReplyDelete
  27. @hendra: kena pajak iklan ntar Ndra :h:

    ReplyDelete
  28. haloo ebongg.. lam kenal :h:
    untung lebaran kemarin cuma di tanya sekilas tok mengenai "KAPAN KAWIN?". ahahahaha...
    tak jawab ae: "ntar deh.. klo dah ada yg ngelamar (sambil siul2)".. ekekeke

    ReplyDelete
  29. Nikah tepatnya bong.....
    Saya aja di langkahi adik cewek ku..sampe di pengujung kepala dua lom nikah juga hik hik

    ReplyDelete
  30. hihihi ... pertanyaan yang sama, standard banget. emang ga kreatif ya mereka2 itu ...

    ReplyDelete
  31. @momon: halow momon salam kenal jugag, xixixix, lah saya ndak bisa siul2 e mbak, ya wes sempar sempar kerikil
    @thevemo:untungnya adek saya masih SMP bang, wekekekekek, Amaaaaan :k:

    ReplyDelete
  32. kalo udah dapet jodohnya kabarin ya...
    nanti ta' bawain roti buaya + sama keluarganya buaya...hhe...

    klo dtanya kayak gitu jawab aja...
    "maybe yes, maybe now" hhe...
    *korban iklan*

    ReplyDelete
  33. :o: :mm:
    -ebong---eros-

    *wah serasi iya pemirsa ?*

    "saia terima nikahnya kecebong bin kodok ngorek dengan mas kawin seperangkat alat renang dan alat juz kodok dibanyar kredit"

    penghulu: sah?
    anang:saaah
    gajah_pesing: saaah
    all blogger:saaah
    cebong: *joget'an*
    eros: *kabuur*

    ReplyDelete
  34. @meity:tapi pertanyaan abadi sepanjang masa
    @eros:Ya Allah ampuni dosa hambaMu yg itu, dia sedang khilaf
    @flyingopak:udah saya link dari pertama dulu Pak, weeeee pajek iklan loh ya

    ReplyDelete
  35. eros: ya uda *gag jadi kabur*
    cebong: *nyayang eros*
    eros: *pijit pake monas* :aa:

    ReplyDelete
  36. siaulllll..dibalikin..lom ada temennya..wakakakak..:jj:

    :n:

    ReplyDelete
  37. jadi mbak cebong abis kawin trus mo nikah gitu?? *oon mode: ON* :h:

    btw,
    smileynya keren euyy... :c:

    ReplyDelete
  38. ehmm...
    salam kenal ya, mbakk...

    noba smiley lagi ahhh... :k:

    ReplyDelete
  39. jadi, kapan bong... mampir nganjuk? hehehe... gak gak bong nek tak takoki kapan rabi? lawong aku ae rung opo2, jik umbelen ngene kok takon koncone kapan rabi...

    btw, photobucket ndik kene lemot, aploden ndik blogspot ae bong... hihih.. saran iki...

    ReplyDelete
  40. maap lahir batin kodok eh cebong...

    gimana udah habis beling berapa ember?

    eh pertanyaan keluarga mu juga sering ditanyakan ke aku, sampe2 tiap kumpul2 aku pasti bilang kalo nanyanya sama kayak kemaren2 dapat hadiah gelas cantik lho wahahahahahaha

    ReplyDelete
  41. @eros: *cincang*
    @cebong addicter: wekekekeke, yess yess ada temennya hohohoho kenaaaaa deh
    @caroline:enaknya gmn buk? kawin apa nikah dolo? xixixi *ikut2 OON ah* pgn bikin yg animasi tapi masi males
    @masedewe: salam hangat hangat kompor dari bojonegoro tonggone ngawi
    @ndop:ndek kene malah blogspot e/picassa ne wi lwemod pwol, xixix kuwalik. Lah iya nek sampe takon, malah tak takoni balik
    @mbah sangkil: we e e e e habis ember featuring beling, campur saos aspal. Hennah kalo siMbah ini mah sudah saatnya, tapi karo sopo y Mbah?

    ReplyDelete
  42. manut eros..
    saya njawab : SAH...!!! :ii:

    ReplyDelete
  43. Gimana mbak rencananya..??
    mampir donk ke blogku..??

    ReplyDelete
  44. Gema takbir berkumandang. Orang-orang beranjak pulang. Menjemput maaf yang telah datang. Dalam ikhlas yang bergema lantang. Atas usai sebuah perang. Menahan asa yang berjalan panjang. Lihatlah alam tersenyum lapang. Melihat ampunan luas membentang. Tak ada lagi hati yang berang. Tak ada lagi duka berdentang. Karena jiwa kini berdendang. Menuju fitrah berseru riang. Duhai manusia berpeluh sayang. Kuhaturkan salam tanpa usang. Juga tulus tanpa bimbang. Mari menempuh hidup yang terang.

    ReplyDelete
  45. Wahahahaha....

    memang mbak kalo udah waktunya... kenapa di tunda-tunda.... he..he.... tapi emang kayak gitu itu buat dikit gimana gitu....

    ReplyDelete
  46. sik mbak tak hitung pake 5 jari nikah, nggak, nikah, nggak, nikah
    wah mbak menurut perhitungan 5 jariku suruh cepat-cepat nikah tuh, hehehehehe

    ReplyDelete
  47. mbak Bong,,,,,,,, ngko lak sido merid (nikah, rabi, dll) aku diundang ya.. pastikan suguhan maemannya sing uakeh... hueheheeh :ii:

    ReplyDelete
  48. higs... nasip kita sama mbak.. lha saia baru menjelang 22 taun aja, uda dibilang perTu a.k.a perawan tua :l: di kampoeng abah di Sumedang *tau sumedang ndak mbak, kalo di peta ada di sebelahnya London*:k:

    padahal kita ini masi muda.. Perempuan juga, biar ujung-ujungnya di dapur harus bisa berkarya..!
    Ayoo mbak Ebong, saia doaken lancar keuangannya.. lancar jodohnya... hhehhe...

    cheers!

    ReplyDelete
  49. cebong kawin kan sering. itu cebong beneran (dalam arti sesungguhnya).
    tapi kalau cebong yang ini mungkin blom.ehhehee....


    *sotoy

    ReplyDelete
  50. @gajah:wooogh tak cincang
    @frenavit:durung siyap moril, materiil e je xixixi
    @gesang:minal aidin wal faizin y
    @rezki:test apah
    @bagdemagus:ndang posting lgi
    @oeoes:fyuh untuuuung mas ngitungnya pas xixixi
    @ongki:laaah awakmu dadi pager bagus e cah ganteng wekekekekek
    @gilang:wekekekekek paraaaah, sambit pke sapi yg bilang kek gtu, hikz, semangaaaad, situ buruan nyari, semuga cpt dpt yg sholeh dan beriman *tumben ngomong nya bener* kapan2 deh saya ke london
    @antown:lah kalo dirimu? xixixix

    ReplyDelete
  51. .jadi kapan kawinnya mbak ??
    .undang" semua penggila blogger di muka bumi aja..
    .hohoho...
    .blog nya tambah imut deh...
    .kayak sayah...hahaha :q:

    ReplyDelete
  52. @lattena: wekekekek kalo dirimuh mah AMIT non :h: amit amit bwandelnya

    ReplyDelete
  53. gyahahaaa.. ebong senasib sm aku
    ditanyain kapan nikah mulu :D

    ReplyDelete
  54. @dee:klo dee duluan undang2 ya xixixx

    ReplyDelete
  55. wah wah, masih ad yah orang tua yg pengen anaknya cepet2 nikah? bwat awa sih, hak kita dunk untuk nikah hehe
    Pengennya udah S2, tapi S1 pun masih kebingungan am tugas yang segede gaban
    Ga mirip SMA lagi...makin pusing makin cape...
    Nikah? may be yes may be no :c:

    ReplyDelete
  56. Bener bong, mo kawin??
    ga nyesel??/

    ReplyDelete
  57. @indung:*jitaaaaaaak* nikah yg kagak nyesel :k:

    ReplyDelete